Pengaruh Kesiapan Belajar dan Keterampilan Komunikasi Lisan terhadap Kemampuan Bernalar Kritis pada Pembelajaran IPA
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka mengusung paradigma pendidikan baru dengan nilai-nilai karakter yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila. Salah satu dimensi yang termasuk didalamnya adalah bernalar kritis. Kemampuan bernalar kritis peserta didik ditunjang oleh aspek-aspek yang terlibat dalam proses pembelajaran misalnya kesiapan belajar dan keterampilan komunikasi lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar (X1) dan keterampilan komunikasi lisan (X2) terhadap kemampuan bernalar kritis pada pembelajaran IPA (Y) di SMP Negeri Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 87 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert untuk variabel X1 dan X2 serta tes objektif dengan pilihan ganda untuk variabel Y. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar dan keterampilan komunikasi lisan secara bersama-sama terhadap kemampuan bernalar kritis pada pembelajaran IPA di SMP Negeri Kota Bekasi yang dibuktikan dengan Sig=0,000<0,005 dan Fhitung = 31,732; 2) terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap kemampuan bernalar kritis pada pembelajaran IPA di SMP Negeri Kota Bekasi yang dibuktikan dengan Sig=0,000<0,005 dan thitung = 4,972; 3) terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan komunikasi lisan terhadap kemampuan bernalar kritis pada pembelajaran IPA di SMP Negeri Kota Bekasi yang dibuktikan dengan Sig=0,000<0,005 dan thitung = 3,983.
Downloads
References
Alfajri, A., Sulistyarini, S., & Ulfah, M. (n.d.). PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PELAJARAN EKONOMI SMAN 2 SUNGAI RAYA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3).
Amalia, N. F., Aini, L. N., & Makmun, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Kemamampuan Matematika. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 97–107.
Ansel, M. F., & Pawe, N. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 301–312.
Aprila, R., & Marna, J. E. (2023). Analisis Faktor Kesiapan Belajar Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Ekonomi di SMKN 1 Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17130–17139.
Butler, A. C. (2018). Multiple-choice testing in education: Are the best practices for assessment also good for learning? Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 7(3), 323–331.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran tipe group investigation (gi) dan cooperative integrated reading and composition (circ) dalam meningkatkan kreativitas berpikir kritis dan hasil belajar ips siswa kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217–230.
Demiral, U. (2018). Examination of Critical Thinking Skills of Preservice Science Teachers: A Perspective of Social Constructivist Theory. Journal of Education and Learning, 7(4), 179–190.
Fridayani, J. A., Riastuti, A., & Jehamu, M. A. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa. Journal of Business Management Education, 7(3), 1–8.
Gusmaweti, G., & Mei, O. Z. (2021). kesiapan belajar peserta didik terhadap pemahaman sains di era revolusi industri 4.0. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 298–306.
Hamia, H. (2021). Keterampilan komunikasi peserta didik: studi kasus pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Sidrap. Universitas Negeri Makassar.
Hidayatullah, R. S., Ariyanto, S. R., Rasyid, A. H. A., & Azizah, M. (2023). ANALISIS SOAL HOTS PILIHAN GANDA: ALAT PENILAIAN KOMPETENSI PADA TEKNIK MESIN. JMEL: Journal of Mechanical Engineering Learning, 12(1), 9–19.
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMA di kawasan pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66–73.
Lalang, A. C. (2021). Pentingnya Pemberdayaan Metakognisi terhadap Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Beta Kimia, 1(2), 15–24.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Muliana, M., Yusiran, Y., Agustinasari, A., Asriyadin, A., Susilawati, E., Sarnita, F., Siswanto, S., Gumilar, S., Gustina, G., Erwinsyah, A., Utami, L., Amiruddin, A., & Syahrir, S. (2019). Using inductive approach (IA) to enhance students’ critical thinking (CT) skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 052035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052035
Munawar, A., Normansyah, A. D., & Cahyono, C. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 41–50.
Permana, A. D. I. (2016). Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).
Putri, A. N. L., Sutarto, S., & Wahyuni, D. (2024). Meta Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 43–48.
Qodarsih, F. Y., Sunarso, A., & Utanto, Y. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Poster. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 413–425.
RADA APRILIYANI, R. A. (2019). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Komunikasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA Negeri 9 Kota Jambi. Universitas Batanghari.
Saputra, A. I., Asriyadin, A., Susilawati, E., & Agustinasari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 103–111.
Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 122.
Sari, I. J., Ratnasari, D., & El Islami, R. A. Z. (2019). Analisis Komunikasi Lisan Calon Guru Biologi Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Konsep Metabolisme Sel. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 211–217.
Setyoningsih, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Aktivitas Window Shopping Pada Peserta Didik Xi Mipa 2 Di Sma Negeri 10 Malang. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(2), 116–125.
Siagian, H. S., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Daring Siswa Kelas Vii Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Simpang Tiga Laebingke Kecamatan Sirandorung. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 194–201.
Sihombing, J. E., Lubis, R., & Harahap, S. D. (2022). ANALISIS KETERKAITAN KESIAPAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 41–47.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Penggunaan e-modul berbasis etnosains materi zat dan perubahannya dalam usaha meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. Proceeding Seminar Nasional IPA.
Zawawi, I., & Huda, S. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Kesiapan Belajar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 233–240.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.