Pengembangan Modul Pembelajaran IPAS Berbasis Kearifan Lokal Tanaman Penyehatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal tumbuhan penyehatan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research & Defelopment) yang mengacu pada model Borg & Gall yang disederhanakan menjadi enam langkah yaitu: a) Research and Information collecting (Analisis Kebutuhan), b) Planning (Perencanaan), c) Development Preliminary Form Of Product (Pengembangan Produk Awal), d) Preliminary Field Testing (Pengujian Terbatas), e) Main Product Revision (Revisi Produk), f) Main Field Testing (Uji Produk Utama). Modul pembelajaran yang dihasilkan telah dinilai layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil validasi oleh ahli . Ahli tampilan memberikan skor 76 berada pada rentan X > 67,3 dengan kategori “sangat baik” dan ahli materi memberikan skor 80 berada pada rentan X > 67.3 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil observasi modul pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan dalam proses pembelajaran didapatkan skor 1449 berada pada rentan X > 1255,7 dengan kategori “sangat baik” dan angket respon siswa memperoleh 96% dengan kategori “sangat baik”. Maka dapat disimpilkan bahwa telah dihasilkan modul pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal tanaman penyehatan dengan kategori ¨sangat baik¨.
Downloads
References
Adiansha, A. A., Mulyadin, M., & Nurgufriani, A. (2023). Correlation Study: Self-Concept and Mathematical Disposition on Learning Outcomes of Elementary School Students. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 11–17.
Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, Ed. VI.
Asriyadin, A., Yulianci, S., Kaniawati, I., & Liliawati, W. (2021a). Improving student character and learning outcomes through a neuroscience approach based on local wisdom. AIP Conference Proceedings, 2330(1).
Asriyadin, A., Yulianci, S., Kaniawati, I., & Liliawati, W. (2021b). The formation of students’ scientific attitudes through the neuroscience-based inquiry model in physics learning. AIP Conference Proceedings, 2330(1).
Daniah, D. (2020). PENTINGNYA PERANAN IPA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1).
Fuadi, M., Arsyad, M., Arafah, K., & Asriyadin, A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 116–121.
Kemendikbudristek. (2022). Penjelasan SURAT EDARAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 18 TAHUN 2022 TENTANG PENGGUNAAN PRODUK DALAM NEGERI DALAM PENGADAAN BARANG/JASA DI KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI.
Khaerani, S. H., Utami, S. D., & Mursali, S. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Journal of Banua Science Education, 1(1), 35–42.
Mustawan, M. D. (2021). PENGUATAN KEARIFAN LOKAL BERBASIS BUDAYA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DI DESA JEDONG KABUPATEN MALANG. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 26(2), 179–189.
Ni’mah, S. N., & Noor, F. M. (2023). Development of Ethnoscience-Based Science Learning Module Oriented Science Process Skills of Students. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 1–10.
Ningsyih, S., Yulianci, S., Adiansha, A. A., Nurjumiati, N., & Asriyadin, A. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 12–15.
Sukarsa, S., & Herawati, H. (2021). PENGENALAN DAN PELESTARIAN TANAMAN OBAT BAGI SISWA SD. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 10(1).
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 238.
Yulianci, S., Kaniawati, I., & Liliawati, W. (2021). Preliminary analysis of module development by setting arguments through the application of scientific inquiry models to improve students’ scientific attitudes. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 12021.
Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Di Kelas. Cerdas Pustaka Publisher.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.