Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ludo Berbasis Chemo-Edutaiment Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI SMA/MA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tersedianya media permainan ludo berbasis chemo-edutaiment materi sistem koloid dalam bentuk latihan yang telah diuji validitas, praktikalitas dan efektivitas, namun belum diuji pengaruhnya terhadap hasil belajar kimia peserta didik pada ranah kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan media permainan ludo kimia berbasis chemo-edutaimen pada materi sistem koloid terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Pretets-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Intrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda yang telah di uji cobakan terdiri dari 25 soal. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji-t. Berdasarkan pengolahan data diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 83 dan 73 serta didukung oleh uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t yaitu thitung (4,79) > ttabel (1,669) pada taraf nyata ???? = 0,05. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunan media permainan ludo kimia berbasis CET materi sistem koloid terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Ulakan Tapakis.
Downloads
References
Fadillah, A. R., & Iswendi, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Ludo Kimia Berbasis Chemo-Edutainment (CET) pada Materi Struktur Atom terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 3 Padang. Edukimia, 1(3), 102–106. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i3.a76
Febriyani, R., & Iswendi. (2019). Pengembangan Ludo Kimia Berbasis Chemo-Edutaiment (CET) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA. Journal of Residu, 14(3), 122–131.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hasibuan, N. Y., & Iswendi, I. (2019). Entalpi Pendidikan Kimia Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Kimia Materi Koloid terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Padang Lawas The Effect of Using Chemistry Snakes and Ladders Game Media on Colloidal Material on Student Lear. 32–38.
Hidayah, J., & Iswendi. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Permainan Ludo pada Materi Reaksi Redoks. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(4), 257–263. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i4.344
Hika, A. N, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Modifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 05(03).
Indriliza, L., & Iswendi. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Ludo Kimia Berbasis Chemo-Edutainment (CET) pada Materi Struktur Atom terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 3 Padang. Edukimia, 1(3), 102–106. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i3.a76
Kemendikbud. (2017). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2017 tentang Silabus Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Kemendikbud.
Marwah, S. M. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PALU The Effect of Using Atomic Structure Card Media and Periodic Table toward Learning Outcome of the Eleventh Grade Students of SMA Nege. 3(February), 258–263.
Munandi, Y. (2013). Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru. Referensi.
Sadiman, A. . (2012). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Pemanfaatan KTSP. PT. Raja Grafindo Persada.
Smaldino, S. . (2012). Instructional Technology & Media for Learning. Kencana.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
UNESCO. (1988). Games Toys In The Teaching Of Science and Technology. Division of Science Tecjical and Enviromental Educations.
Yanida, F., & Iswendi. (2018). Efektivitas Media Permainan Ludo Berbasis Chemo- Edutaiment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMAN 5 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Menara Ilmu, 4(2), 43–56.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.