Pengaruh Penggunaan Game Edukasi terhadap Kemampuan Kognitif Fisika Dilihat dari Gender Siswa
Abstract
Kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika merupakan dampak dari tidak difasilitasinya siswa untuk belajar dengan cara yang semestinya. Siswa seharusnya memperoleh pengalaman belajar yang bermakna sehingga setiap yang mereka pelajari mampu dipahami dengan baik dan tidak mudah untuk dilupakan. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan game edukasi sebagai salah media pembelajaran yang memiliki peran penting dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tujuan penelitian eksperimen semu ini yaitu untuk menguji pengaruh penggunaan game edukasi dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan kognitif siswa dilihat dari gender. Desain penelitian ini menggunakan post-test only design. Responden penelitian berjumlah 69 orang siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling karena disesuaikan dengan analisis kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki. Hasil uji homogenitas dan normalitas menunjukkan bahwa data penelitian homogen dan terdistribusi normal. Berdasarkan uji anova diperoleh bahwa penggunaan game edukasi dalam pembelajaran fisika berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan kognitif fisika siswa.
Downloads
References
Annisa, Nur A., Rusdiyani, I., dan Nulhakim, L., 2022. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Aplikasi Game Edukasi Berbasis Android. AKADEMIKA: Jurnal Teknologi Pendidikan. 11 (01): 201-213. DOI: https://doi.org/10.34005/Akademika.v11i01.1939
Dewi, D. A. K., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Literasi Digital, Locus of Control, dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Perilaku Berwirausaha Mahasiswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 422–432. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.672
Esti Annisa Nurjannah, 180212020, FTK, PTI, 085831151365_unlocked. (n.d.).
Harso, A., & Merdja, J. (2019). Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 3(1), 11–20. https://doi.org/10.31539/spej.v3i1.991
Irwanto I 2021 Perancangan Media Game Edukasi Untuk Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Waterfall Di Smk Negeri 2 Kota Serang J. Inov. Penelit. 1(11) 2311–2322
Kadir, F., & Lamasigi, Z. Y. (2020). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Boalemo Berbasis Android. Jurnal Nasional CosPhi, 4(2), 2597–9329. https://tpmuda.wordpress.com/2017/12/17/ma
Khodijah, N., Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Marsely, M., Suminto, M., & -, S. (2018). Efek Kecanduan Game Online Dalam Fotografi Ekspresi. Spectā: Journal of Photography, Arts, and Media, 1(1). https://doi.org/10.24821/specta.v1i1.1899
Mokoagow, F. M., Hadjaratie, L., & Dai, R. H. (2021). Penerapan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Inverted: Journal of Information Technology Education, 1(1). https://doi.org/10.37905/inverted.v1i1.9691
Najib, K., Siswanto, J., Saefan, J., 2020. Pengaruh Pendekatan Multirepresentasi Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Banua Science Education. 1 (01): 29-34.
Noemí, P.-M., & Máximo, S. H. (2014). Educational Games for Learning. Universal Journal of Educational Research, 2(3), 230–238. https://doi.org/10.13189/ujer.2014.020305
Permendikbud. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1).
Putra, I., & Paramita, M. V. A. (2023). The Use of Digital Educational Games as Learning Media: A Study on Elementary School Teachers. … of Elementary Education, 7(2), 212–219.
Rahmawati, Y., Febriana, M. M., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., dan Suendarti, M., 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Game Edukasi: Analisis Bibliometrik Menggunakan Software VOSViewer (2017-2022). Jurnal Peneltian Pembelajaran Fisika (JP2F). 13 (02): 257-266. DOI: 10.26877/jp2f.v13i2.13170.
Rozi F dan Kristari A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas XI di SMAN 1 Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform. 5 35–44
Simaremare, A., Promono, N. A., Putri, D. S., Mallisa, F. P. P., Nabila, S., & Zahra, F. (2022a). Pengembangan Game Edukasi Fisika Berbasis Augmented Reality pada Materi Kinematika untuk Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 203. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4893
Stat Counter. (2018). Desktop vs Mobile vs Tablet Market Share in Indonesia. Retrieved November 20, 2018, from http://gs.statcounter.com/platform-market-share/desktopmobile-tablet/Indonesia.
Suyidno, Nur, M., Yuanita, L., Prahani, B.K., & Jatmiko, B. (2018). Effectiveness of Creative Responsibility Based Teaching (CRBT) Model on Basic Physics Learning to Increase Student’s Scientific Creativity and Responsibility. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 136-151.
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Yuniati, D., Sriyono, dan Ngazizah, N., 2020. Efektivitas Metode Eksperimen dan Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Observasi Objek Fisika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika. 13 (1): 1-6.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.