Analisis Struktur dan Konten Kurikulum Merdeka Fase F untuk Bidang Studi Kimia pada Materi Laju Reaksi
Abstract
dan konten materi pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian struktur dan konten kurikulum merdeka pada materi laju reaksi berdasarkan taksonomi Bloom revisi, taksonomi Dave dan Dyers, serta buku ajar kimia. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis struktur isi yang diturunkan dari Model of Educational Reconstruktion (MER). Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data Miller dan Huberman. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tabel analisis standard konten dan tabel analisis standar isi. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis struktur yaitu (1) Unsur pemahaman kimia mengikuti taksonomi Bloom refisi, (2) unsur keterampilan proses hanya mendominasi keterampilan abstrak, (3) unsur profil pancasila terdapat unsur abstrak dan ranah sikap. Sedangkan pada analisis konten yaitu: (1) Keleluasan materi hasil belajar laju reaksi sesuai dengan buku SMA dari kemendikbud. (2) Kedalaman materi terdapat materi yang tidak cocok berdasarkan buku teks kimia yang di tulis oleh Raymond Chang dan buku teks karangan Nel D. Jespersen dan Jamen E. Brady.
Downloads
References
AS, M. (2010). Penulisan Buku Teks yang Berkualitas. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1–21.
Chang, R. (2008). Problem-solving workbook to accompany General chemistry, the essential concepts, fifth edition, Raymond Chang.
Duit, R., Gropengießer, H., & Kattmann, U. (2012). THE MODEL OF EDUCATIONAL RECONSTRUCTION – A FRAMEWORK FOR IMPROVING TEACHING AND LEARNING SCIENCE 1. 13–14.
Dyer, J., Gregersen, H., & Christensen, C. (2019). DNA Sang Inovator, Diperbarui, dengan Kata Pengantar Baru: Menguasai Lima Keterampilan Inovator Disruptive.
Elvanisi, A., Hidayat, S., Nurmala Fadillah, E., Jendral Yani, J. A., Palembang, K., Selatan, S., & Author, C. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi
Fantiani, C., Afgani, M. W., & Astuti, T. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pembelajaran Laju dan Orde Reaksi. 17(1).
Febriani, M. (2018). Kesesuaian Materi Apresiasi Sastra Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Smp Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 123. https://doi.org/10.30659/j.6.2.123-137
Fitriani, C. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice Berbasis Android Based Test Untuk Mengukur Miskonsepsi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA. 1(2), 95–104.
Jaspersen, Brady, & Hyslop. (2004). Chemistry the Molecular Nature of Matter (Issue 1).
Nurani, D.,Anggraini, L., M. (2022). Serba Serbi Kurikulum Merdeka.
Pencelup, J. (2011). DNA Inovator: Menguasai Lima Keterampilan Inovator Distrutive.
Rahmawati, G. (2016). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan Sekolah Di Sman 3 Bandung. Edulib, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307
Setiawan, A., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2018). Analisis Kesesuaian Materi Ruang Lingkup Biologi Pada Buku Teks SMA Kelas X. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, VI(3), 1–10.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif fan R&D.
Yoki Ariyana dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yusuf, A. . (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan (Pertama).
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.