Validitas Modul Ajar Kemampuan Berfikir Kritis melalui Case Based Learning untuk Mahasiswa
Abstract
Kemampuan berfikir kritis mahasiswa menjadi salah satu indikator kualitas lulusan. Pembiasaan kemampuan berfikir kritis bisa dilakukan pada pembelajaran dalam perkuliahan. Untuk menunjang hal tersebut maka dikembangkan modul ajar yang dapat digunakan dengan menerapkan metode Case Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul ajar yang dapat diterapkan denganaa metode Case Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis mahasiswa yang valid. Modul ajar dikembangkan dengan metode 4D dan dibatasi hanya sampai tahap pengembangan (development). Dari hasil pengembangan modul ajar tersebut kemudian divalidasi untuk mendapatkan modul ajar yang valid. Validitas modul dilakukan oleh validator dan kemudian diujicobakan pada mahasiswa dengan skala terbatas. Setelah itu modul ajar direvisi sehingga menghasilkan modul yang siap digunakan untuk tahap penyebaran (desiminate) serta digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Alia, N. (2022). Belajar untuk pembelajaran. Polinema press.
Ennis, R.H. (2013). The nature of critical thinking: outlines of general critical thinking dispositions and abilities (Online). http://www.criticalthinking.net/longd efinition.html.
Fisher, A. (2008). Berpikir kritis: sebuah pengantar. Erlangga.
Indonesia.(2004). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
Ismail, Sukrin., Frida Maryati Yusuf., & Jusna Ahmad. (2020). Validitas bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jambura Edu Biosfer Journal Vol.2,No.1 (pp 22-29). https://doi.org/10.34312/jebj.
Istikhomah, N. (2015). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis pada materi lithosfer mata pelajaran geografi siswa kelas x ips sma negeri 1 malang. Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang.
Junaidi, Aris, dkk. (2020). Panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi di era industri 4.0 untuk mendukung merdeka belajar-kampus merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kaddoura , M A. (2011). Critical thinking skills of nursing students in lecture-based teaching and case-based learning. International Journal for the scholarship of teaching and learning.
Kusuma, A.C dkk.(2019) Efektifitas problem based learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berfikir kritis mahasiswa. Politeknik Harapan Bersama.
Mardiyanti, E (2022). Desain pembelajaran student creative case methode (sccm) dan based project pada mata kuliah statistik dan data sains. Educatif : Journal of Education Research.
Rahman, A dkk. (2022). Implementasi model pembelajaran case metodh dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal EduTech.
Sari, L. P. N., Fajarianingtyas, D. A., & Hidayat, J. N. (2020). Validitas instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis melalui model problem based learning menuju pembelajaran ipa abad ke 21. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 125–136. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.121.
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan (Research And Development). Alfabeta.
Susilawati, Endang., Agustinasari, Achmad Samsudin, Parsaoran Siahaan. (2020). Analisis tingkat keterampilan berfikir kritis siswa sma. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453.
Tanujaya, B. (2014). Pengukuran keterampilan berpikir kritis siswa sma dalam pembelajaran matematika. Seminar Nasional Psikometri.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S. and Semmel, M. I. (1974) Instructional development for training teachers of exceptional children a sourcebook, ERIC. Indiana: ERIC. hhtps://files.eric.ed.gov/fulltext/EDO90725.pdf.
Zubaidah, Siti. (2010). Berfikir kritis: kemampuan berfikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. https://www.researchgate.net/publication/318040409.
Zubaidah, Siti., AD. Corebima, Mistianah. (2015). Asesmen berfikir kritis terintegrasi tes essay. https://www.researchgate.net/publication/322315188.
Zubaidah, Siti. (2017). Pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis. https://www.researchgate.net/publication/318013668.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.