Analisis Bibliometrik Tentang Tren Penelitian Peta Konsep dalam Pembelajaran Sains menggunakan Vosviewer
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tren dan peluang penelitian berkaitan peta konsep di pembelajaran sains, didapatkan pengumpulan sumber-sumber yang relevan yang berkaitan dengan menggunakan bibliometrik dan analisis pemetaan menggunaan perangkat lunak VOSviewer. Data yang diperoleh merupakan hasil pencarian berdasarkan kata kunci “concept map” dan “education science”. Pemetaan analisis bibliometric terdapat 4 tatahapan: pencarian data, pengolahan data, pemetaan data, dan data analisis. Dari hasil pencarian didapatkan 881 artikel yang relevan ditemukan pada rentang 2018- bulan Agustus 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian mengenai peta konsep pada pembelajaran Sains mengalami grafik yang tidak stabil ataupun fluktuatif dari setiap tahunnya. Penelitian peta konsep pada pembelajaran sains tidak berpengaruh dengan kondisi di setiap tahunnya. Penelitian ini menunjukkan pentingnya analisis bibliometrik dalam memberikan data analisis tentang fenomena apa terjadi. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dan menjadi referensi bagi peneliti dalam melakukan dan menentukan tema penelitian yang akan diambil yang berkaitan dengan bidang peta konsep pada pembelajaran sains. Beberapa kata kunci yang bisa digunakan untuk penelitian mendatang saat melakukan penelitian yang berkaitan dengan peta konsep, antara lain: “observasi”, “assessment”, “perception”, “experience”, “web”, “keyword”, “students achievement”, “science learning”, “chemistry”, “energy”.
Downloads
References
Alviolita, M. K., Malaikosa, Y. M. L., & Zahrotin, A. (2023). Pengaruh model pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan materi IPA di SD Luqman Al Hakim Ngawi. Jurnal Pendidikan DasarFlobamorata, 4(2), 604–610.
Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 4(1), 90–101. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868
Andriani, ndi A., Saad, R., & Sultan, A. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(4).
Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512
Arruda, H., Silva, E. R., Lessa, M., Domício Proença, J., & Bartholo, R. (2022). VOSviewer and Bibliometrix. Journal of the Medical Library Association, 110(3), 392–395. https://doi.org/10.5195/jmla.2022.1434
Cruz, M. de la P. S., Cruz, J. S., Garcia-Hernández, A. B., Calderón-Dominguez, G., Gómez-Viquez, H., Oliver-Espinoza, R., Fernández-Martínez, M. C., & Yáñez-Fernández, J. (2021). Chitosan as a Coating for Biocontrol in Postharvest Products: A Bibliometric Review. Membranes, 11(6), 421. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/membranes11060421
Eck, N. J. van, & Waltman, L. (2017). Citation-based clustering of publications using CitNetExplorer and VOSviewer. Scientometrics, 111, 1053–1070. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11192-017-2300-7
Ferry, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Mata Kuliah Evolusi. Journal on Education, 5(1), 39–46. https://doi.org/doi.org/10.31004/joe.v5i1.555
Fitrianingsih, F., Widoretno, S., Probosari, R., Dwiastuti, S., & Sajidin. (2020). Concept map and problem-based learning. Journal of Physics: Conference Series, 1567. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022062
Husaeni, D. F. Al, & Nandiyanto, A. B. D. (2022). Bibliometric Using Vosviewer with Publish or Perish (using Google Scholar data): From Step-by-step Processing for Users to the Practical Examples in the Analysis of Digital Learning Articles in Pre and Post Covid-19 Pandemic. ASEAN Journal of Science and Engineering, 2(1), 19–46.
Istianah, Yolida, B., & Jalmo, T. (2019). Hubungan Self-Efficacy Berdasarkan Gender dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Bioterdidik, 7(4), 117–125.
Lenski, S., Elsner, S., & Großschedl, J. (2022). Comparing Construction and Study of Concept Maps – An Intervention Study on Learning Outcome, Self-Evaluation and Enjoyment Through Training and Learning. Frontiers Education, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/feduc.2022.892312
Lestari, F., Saryantono, B., Syazali, M., Saregar, A., Madiyo, Jauhariyah, D., & Umam, R. (2019). Cooperative Learning Application with the Method of Network Tree Concept Map: Based on Japanese Learning System Approach. Journal for the Education of Gifted Young Scientist, 7(1), 15–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17478/jegys.471466
Lu, T., Long, T., & Shao, W. (2021). The Effect of Studying with Concept Maps Online on Scientific Argumentation in Higher Education. Proceedings of the 12th International Conference on Education Technology and Computers, 82–87. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/3436756.3437025
Paryunisa, F., & Marzuki, A. D. (2023). Analisis Kesulitan Guru IPA dalam Pembelajaran IPA di SMP dan SD. Nusra: Jurnal Penelitain Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 268–275. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v4i2.894
Priyatma, B., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. T. (2019). Analisis Kendala Pendidik IPA terhadap Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Swasta. Jurnal Bioterdidik, 7(5), 44–56.
Rohmah, A. N., & Mufidah, I. (2022). Penerapan model circuit learning dalam pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 14(2), 282–289. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/cendekia
Sousa, L. O. de, Hay, E. A., & Liebenberg, D. (2019). Teachers’ understanding of the interconnectedness of soil and climate change when developing a systems thinking concept map for teaching and learning. International Research in Geographical and Environmental Education, 28(4), 24-342,. https://doi.org/10.1080/10382046.2019.1657684
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.
Yu, H. ping, Chen, H., Wu, Y., & Su, W. (2022). The Process of Constructing the Concept Map of Autonomous Learning Mapping in the Permanent Exhibition Area of the National Taiwan Science Education Center in Taiwan. Proceedings of the 2022 6th International Conference on E-Education, E-Business and E-Technology, 39–45. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/3549843.3549849
Zarman, W. (2020). Pendidikan IPA berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep dan Model Penerapannya. Deepublish.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.