Model Project Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa
Abstract
Permasalahan yang diperoleh peneliti dalam penelitiannya ialah terdapat aktivitas belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (pjbl) berbantuan media mind mapping. Model project based learning merupakan model yang berbasis proyek. Model project based learning tersebut dapat mengontrol pikiran siswa agar berfikir lebih jauh dengan adanya ingin tahu dan kreativitas yang dimiliki siswa. Metode yang digunakan peneliti ialah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan melalui dua siklus, dan setiap satu siklus tediri dari dua pertemuan. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas IV di SD Negeri Prawoto 02. Instrumen yang digunakan peneliti dalam aktivitas belajar siswa yaitu observasi, wawancara, angket dengan skala likert, dan dokumentasi. Penggunaan model project based learnig berbantuan media mind mapping mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh dari pengisian angket aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 66,9% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan hasil 84,4%. Hasil analisis dari angket aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dalam kategori aktif. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menambah wawasan pembaca mengenai indikator aktivitas belajar siswa, selain itu dalam penggunaan model dan media yang digunakan berguna untuk menumbuhkan rasa ingin tahu pembaca dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Downloads
References
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edutika, 7(2), 145–150.
Astuti, I. D., Toto, & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93–98. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915.Received
Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 137. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630
Elisabet, Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ). Journal of Education Action Research, 3(3), 285–291.
Febrianto, K., Yustitia, V., & Irianto, A. (2020). Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flashcard Di Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 92–98. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2273
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11.
Harwanti, M. S., Pratiwi, I. A., & Setiawan, D. (2021). Penerapan Model Mind Mapping Menggunakan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 5 Pada Siswa Kelas IV SD 02 Megawon. Jurnal Pendidikan Dasar, V(1), 7–12.
Jayusman, I. (2020). Study Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahsiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13–20.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). model pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028–1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497
Pratiwi, C. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Mind Mapp Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Guru Kita, 2(3), 116–125.
Rachayu, I., Jauhariansyah, S., & Juwita, E. (2020). Pemanfaatan Metode Drill And Practice Pada Sub Pokok Class Diagram Dalam Meningkatkan Aaktivitas Belajar Siswa. Journal of Dehasen Education Review, 1(2), 98–103.
Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara.
Sariayu, M. R., Miaz, Y., Padang, U. N., & Barat, S. (2020). Peningkatan AKtivitas Belajar Siswa melalui Model Think Pair Share di Sekolah Dasar. 4(2), 295–305.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhartatik, Kholida, H. S., & Suprianto. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Mind Map Perpindahan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(1), 68–74.
Sumianto. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1145–1459.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Wardhani, D. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Deskripsi Melalui Pembelajaran dengan Media Mind Map pada Siswa Kelas VII SMPN 05 Lebong TA 2021/2022. CV. Tatakata Grafika.
Wilujeng, B. S., Mahendra, Y. S., & Ulumiyah, F. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengajar. Jurnal Abdikarya, 03(1), 57–59.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.