Keterampilan Proses Sains Mahasiswa dalam Pembelajaran Eksploratif Fenomena Lokal-Global Mengenai Perubahan Gelombang Air dan Kecepatan Angin di Danau Tondano
Abstract
Kegiatan wawancara awal memberikan informasi bahwa model pembelajaran eksploratif belum pernah diterapkan pada mata kuliah ilmu lingkungan, dan dosen belum pernah melakukan penilaian psikomotorik khususnya keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses sains mahasiswa dalam pembelajaran eksploratif fenomena lokal dan global mengenai perubahan gelombang air dan kecepatan angin di Danau Tondano. Metode penelitian campuran (mixed method) dengan explanatory sequential design digunakan dalam penelitian ini. Lembar observasi dan pedoman wawancara digunakan sebagai instrumen penelitian. Subyek penelitian adalah 12 orang calon guru IPA yang mengontrak mata kuliah ilmu lingkungan di Universitas Negeri Manado pada tahun ajaran 2022/2023. Kami menggunakan teknik observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa calon guru IPA dalam pembelajaran eksploratif fenomena lokal dan global mengenai perubahan gelombang air dan kecepatan angin di Danau Tondano memperoleh persenase rata-rata 85% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian ini memberikan informasi baru bahwa kemampuan keterampilan proses sains menunjukkan hasil yang sangat baik melalui setting pembelajaran eksploratif.
Downloads
References
Beichumila, F., Bahati, B., & Kafanabo, E. (2022). Students’ acquisition of science process skills in chemistry through computer simulations and animations in secondary schools in Tanzania. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(3), 166–195. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.3.10
Bobihu, F., & Rondonuwu, A. T. (2022). Penerapan pendekatan keterampilan proses sains (KPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano. SCIENING: Science Learning Journal, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.28
Choiri, M. M. (2017). Upaya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar anak. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Irdianti, I. (2019). Physics education students’ science process skills. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(2), 293. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16401
Erwin, H. (2019). Pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran serta pengembangan media. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 6(2), 61–66. https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1064
Fauziah, F. M. (2022). Systematic literature review: bagaimanakah pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains yang efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis? JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 455–463. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.627
Gani, M. A., Tumewu, W. A., & Wola, B. R. (2022). Motivasi belajar siswa kelas VII SMP Anugerah Tondano pada pembelajaran IPA di era pandemi covid-19. SCIENING : Science Learning Journal, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1845
Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The effect of blended learning on student’s learning achievement and science process skills in plant tissue culture course. International Journal of Instruction, 12(1), 521–538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a
Harling, V. N. Van, & Tobi, M. D. (2019). Hubungan antara pemanfaatan fasilitas laboratorium kimia dan kedisiplinan belajar kimia dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XII IPA Sma Negeri 1 Sorong. SOSCIED, 2(2), 64–75. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v2i2.175
Idris, N., Talib, O., & Razali, F. (2022). Strategies in mastering science process skills in science experiments: A systematic literature review. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 155–170. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.32969
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Mahmudah, I. R., Maulidah, R., & Sulistyaningsih, D. (2021). Profil keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika: Analisis proyek pengamatan sunspot dalam pembelajaran IPBA. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), 49–55. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4476
Malahayati, E. N., & Sofiyana, M. S. (2019). Project based learning berbasis outdoor study untuk menganalisis kualitas air tanah warga sekitar TPA Sampah Ngegong Kota Blitar pada mata kuliah pengetahuan lingkungan. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 12–19. https://doi.org/10.35457/konstruk.v11i1.662
Mandang, T., & Medellu, C. S. (2019). Design and implementation of thematic assignment in integrating the local context - concepts - global context. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies, 14(2), 26–36. https://dx.doi.org/10.21013/jems.v14.n2.p2
Markawi, N. (2013). Pengaruh keterampilan proses sains, penalaran, dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 11–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.109
Muna, I., Rahayu, S., & Marfu’ah, S. (2017). Pemahaman hakikat sains dan inkuiri ilmiah calon guru kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2), 15–22. https://doi.org/10.17977/um026v2i22017p015
Pangkey, G., Tulandi, D. A., & Lolowang, J. (2022). Interaksi demokratis dalam pembelajaran eksploratif fenomena perubahan suhu udara dan suhu tanah. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 96–106. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i2.199
Patras, M. U., Silangen, P. M., & Tumangkeng, J. V. (2022). Eksplorasi konteks-konsep fisika di pesisir pantai pulau lembeh untuk pembelajaran di SMP. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 182–186. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i3.223
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530
Puspitasari, E., Kartono, K., & Junaedi, I. (2021). Mathematical spatial ability reviewed from students’ self-confidence in the PBL model with teacher and peer feedbacks assisted by Geogebra. Unnes Journal of Mathematics Education Research Elsa Puspitasari, 10(A), 62–69. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/38708
Putra, I. A. (2022). Keterampilan proses sains terintegrasi mahasiswa pada kegiatan praktikum elektronika dasar I. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 7(2), 81–96. https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2407
Rahayu, A. (2020). Analisis keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum dasar-dasar kimia analitik. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31602/dl.v3i1.3102
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2022). Efektifitas online project based learning berbasis ethnosains pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan proses sains mahasiswa selama pandemi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1065–1071. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.738
Rohmat, I. (2017). Kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMP. In A. Juhanda, A. Imswatama, & F. Arvianto (Eds.), Seminar Nasional Pendidikan 2017 “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal untuk Menghadapi Isu-Isu Strategis Terkini di Era Digital” (pp. 53–60). Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi. https://eprints.ummi.ac.id/158/
Ruitan, A. J. A., Suriani, N. W., Rondonuwu, A. T., Komansilan, A., Wola, B. R., Rogahang, M. K., & Mirontoneng, G. I. Z. (2023). Keterampilan kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran eksploratif fenomena lokal dan global mengenai radiasi cahaya matahari dan suhu di Danau Tondano. Journal on Teacher Education, 4(4), 419–430. https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15247
Rusmini, R., Suyono, S., & Agustini, R. (2021). Analysis of science process skills of chemical education students through self project based learning (SjBL) in the pandemic COVID 19 era. Journal of Technology and Science Education, 11(2), 371–387. https://doi.org/10.3926/jotse.1288
Sari, P. M., & Zulfadewina, Z. (2020). Pengembangan panduan praktikum berbasis keterampilan proses sains pada mata kuliah praktikum IPA SD. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 94–98. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.17334
Setiawan, A. M., & Sugiyanto. (2020). Science process skills analysis of science teacher on professional teacher program in Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 241–247. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23817
Silay, I., & Çelik, P. (2013). Evaluation of scientific process skills of teacher candidates. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106, 1122–1130. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.126
Suriani, N. W., Wola, B. R., & Komansilan, A. (2022). Development of biological macromolecules three-tier test (BM-3T) to identify misconceptions of prospective science teachers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2093–2100. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1297
Susanti, R., Anwar, Y., & Ermayanti, E. (2018). Profile of science process skills of preservice biology teacher in general biology course. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1), 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012003
Susilawati, S. (2021). Dampak perubahan iklim terhadap kesehatan. Electronic Journal Scientific of Environmental Health And Disease, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.22437/esehad.v2i1.13749
Tendean, M. N. M., Medellu, C., & Tumangkeng, J. (2021). Proses HOTL dalam mengeksplorasi konsep dan proses tentang pembuatan keramik. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i1.74
Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 110–116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253
Verawati, N. N. S. V., Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2014). Reviu literatur tentang keterampilan proses sains. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 2(1), 194–198. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v2i1.310
Virginia, S. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris IPA pada Matakuliah Biologi Umum di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu [Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10187/
Wola, B. R., Ibrahim, M., & Purnomo, T. (2020). Development of a four-tier multiple-choice test on the concept of transport across membranes. SEJ (Science Education Journal), 4(2), 77–97. https://doi.org/10.21070/sej.v4i2.878
Wola, B. R., Rungkat, J. A., & Harindah, G. M. D. (2023). Science process skills of prospective science teachers’ in practicum activity at the laboratory. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9(1), 50–61. https://doi.org/10.21831/jipi.v9i1.52974
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.