Peningkatan Kecerdasan Ekologis Anak-Anak Menggunakan Strategi Komunikatif Interaktif dan Pendekatan Kearifan Lokal di Sumbawa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kecerdasan Ekologi Anak-anak dengan menggunakan Strategi Komunikatif Interaktif dan pendekatan Kearifan Lokal di Sumbawa. Pendekatan ini didasarkan pada pemahaman dan praktik budaya lokal yang terkait dengan lingkungan, serta pengetahuan tradisional yang dimiliki oleh Anak-anak di daerah setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian mixed method. Data dikumpulkan melalui angket. Partisipan penelitian meliputi Anak-anak yang tinggal di wilayah pariwisata pesisir pantai Goa Desa Karang Dima, Kecamatan Labuan Sumbawa kabupaten Sumbawa Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Interaktif Komunikatif dan pendekatan kearifan lokal, dapat meningkatkan kecerdasan ekologi Anak-anak. Melalui strategi ini, Anak-anak dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap terkait lingkungan. Anak-anak menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan sikap kecerdasan ekologis. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar strategi-strategi yang melibatkan pendekatan kearifan lokal lebih diperluas dan diterapkan secara luas di wilayah pariwisata pesisir Kabupaten Sumbawa NTB.
Downloads
References
Ahmad, N., Youjin, L., Žiković, S., & Belyaeva, Z. (2023). The effects of technological innovation on sustainable development and environmental degradation: Evidence from China. Technology in Society, 72, 102184. doi.org/10.1016/j.techsoc.2022.102184
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31–37. DOI: 10.15408/sd.v2i1.1661
Duhn, I. (2012). Making ‘place’for ecological sustainability in early childhood education. Environmental Education Research, 18(1), 19–29. doi.org/10.1080/13504622.2011.572162
Gafari, M. O. F., Adisaputera, A., Astuti, W. W., & Assalam, M. H. (2019). Revolusi Bahan Ajar: Mutualisasi Antara Digitalisasi Dan Kecerdasan Ekologis. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 6(1). DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v1i1.18351
Goleman, D. (2010a). Ecological Intelligence: How Knowing The Hidden Impacts Of What We Buy CCn Change Everything (Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2010b). Ecological Intelligence: Mengungkap Rahasia di Balik Produk-Produk yang Kita Beli. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hariyanto, S., Irawan, B., & Soedarti, T. (2008). Teori dan Praktek Ekologi. Airlangga University Press.
Karmeli, E., Fitryani, V., Yamin, M., Firmansyah, F., & Hikmayanti, D. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Lahan Pesisir untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 4(1), 233–238. DOI: https://doi.org/10.58406/jpml.v4i1.814
Kos, M., Jerman, J., Anzlovar, U., & Torkar, G. (2016). Preschool Children’s Understanding of Pro-Environmental Behaviours: Is It Too Hard for Them?. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5554–5571.
Mulyatiningsih, E. (2011). Analisis Model-Model Pendidikan Karakter Untuk Usia Anak-Anak, Remaja Dan Dewasa. Yogyakarta: UNY, Dari Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dra-Endang-Mulyatiningsih,-M. Pd./13B_Analisis-Model-Pendidikan-Karakter. Pdf, Diakses Pada, 8.
Nabila, D. A. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini, Remaja dan Dewasa. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 10(01), 14–26. DOI: doi.org/10.21009/JKKP.101.02
Niman, E. M. (2019). Kearifan lokal dan upaya pelestarian lingkungan alam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 91–106. DOI: https://doi.org/10.36928/jpkm.v11i1.139
Permatasari, D., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6), 230236.
Utomo, S. W., & Rizal, R. (2014). Ekologi (Vol. 2, Issue 577). Universitas Terbuka.
Wirda, F. (2020). Upaya Pemerintah Kabupaten Sumbawa Dalam Mengembangkan Objek Wisata Pantai Guna Menunjang Pendapatan Asli Daerah (Pad)(Studi Kasus Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa dan Pantai Saliper Ate). Universitas_Muhammadiyah_Mataram.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.