Pengaruh Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Habits of Minds Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kendari
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan skill yang dibutuhkan oleh setiap individu dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama pada era digital ketika informasi tak terbatas dan nyaris tak terbendung. Kemampuan berpikir kritis dapat dilatih dengan menerapkan model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk berpikir dan bertindak sistematis, logis dan ilmiah. Model SSCS merupakan model yang dapat mengakomodir hal tersebut melalui sintaks pembelajaran yang meliputi kegiatan investigasi, perencanaan penyelesaian masalah, pelaksanaan dan komunikasi (sharing). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan habits of mind mahasiswa pendidikan biologi semester IV, (2) mengetahui pengaruh model SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi semester IV (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi semester IV jika ditinjau dari habits of mind. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen dengan desain factorial 1 x 3. Teknik pengumpulan data menggunakan angket habits of mind dan tes kemampuan berpikir kritis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat tiga kategori kemampuan habits of mind yang dimiliki oleh mahasiswa yang terdiri dari 32.14% mahasiswa berada pada kategori tinggi, 42.86% mahasiswa berada pada kategori sedang, dan 25% mahasiswa berada pada kategori rendah, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa (3) Terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran SSCS pada tiga kategori kemampuan habits of mind mahasiswa, model pembelajaran SSCS memberikan pengaruh yang lebih positif dan signifikan pada kategori tinggi dan sedang dibandingkan pada ketegori rendah.
Downloads
References
Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., & Fitri, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (Sscs) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 42–53.
Al-Assaf, J. A. A.-F. (2017). The Teaching Habits of Mind, Their Relationship To Positive Behavior of Social Studies Teachers in Lower Basic Stage In University District - The Capital (Amman). Journal of Curriculum and Teaching, 6(2), 30. https://doi.org/10.5430/jct.v6n2p30
Alhamlan, S., Aljasser, H., Almajed, A., Almansour, H., & Alahmad, N. (2017). A Systematic Review: Using Habits of Mind to Improve Student’s thinking in Class. Higher Education Studies, 8(1), 25. https://doi.org/10.5539/hes.v8n1p25
Arisa, S. N., Khaldun, I., & Safrida, S. (2021). The Effect of Search, Solve, Create and Share Learning Models to Improve Students ’Critical Thinking Skills on Acid and Basic Titration Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 191. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.625
Costa, A. L., & Kellick, B. (2000). Describing the 10 habits of mind. Association for Supervision and Curriculum Development.
Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3757
Erlistiani, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161–168. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.161-168
Falah, C. M. N., Windyariani, S., & Suhendar. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) berbasis etnosains. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 25–32. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio
Hestiningsih, N., & Sugiharsono, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pembelajaran Ips Melalui Metode Problem Solving Berbantuan Media Informasi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 71–86. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4619
Jacobson, L. (2014). From habits of mind to critical thinking: A study of student learning behaviors in a university great books general education course. ProQuest Dissertations and Theses, 265. https://www.proquest.com/dissertations-theses/habits-mind-critical-thinking-study-student/docview/1548716548/se-2?accountid=14695%0Ahttps://eureka.upo.es/discovery/search?vid=34CBUA_UPO:VU1&lang=es
Jusman, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (Sscs) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 401–409. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8259
Marlina, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pengalaman Belajar Di Organisasi Kemahasiswaan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(2), 103–108. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i2.12688
Milama, B., Bahriah, E. S., & Mahmudah, A. (2017). The Effect of Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Learning Model towards Student’s Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 3(2), 112. https://doi.org/10.30870/jppi.v3i2.2574
Mulyana, Y., Priyatno, S., & Dewi, N. R. (2018). Penerapan Model SSCS untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Model Matematis dan Kerja Sama Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 225–232. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19519/9513
Putri, I. A., Widiyanto, R., & Mahmud, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Berkemampuan Rendah (Single Subject Research). Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 141–160. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.20546
Qadarsih, N. D., Maimunah, M., & Andrari, F. R. (2022). Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Pikiran) terhadap Ketahanmalangan Mahasiswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 316. https://doi.org/10.30998/sap.v7i2.13815
Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Penerapan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 22–46. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1078
Saregar, A., Diani, R., & Sagala, R. (2018). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding : Impact on Students ’ Critical Thinking Ability To cite this article : Saregar , A ., Irwandani , I ., Abdurrahman , A ., Parmin , P ., Septiana , S ., Diani , R ., & Sagala , R . ( 2018 ). Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6(September), 39–53.
Werdiningsih, C. E., & Khoerunisa, L. (2021). Pengaruh Habits of Mind dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 85. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.9942
Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The effect of SSCS learning model on reflective thinking skills and problem solving ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.