Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa pada Muatan Pembelajaran IPA Kelas V SD
Abstract
Keterampilan.berpikir.tingkat.tinggi (HOTS) sangat diperlukan bagi siswa karena siswa harus mampu membuat keputusan serta dapat memecahkan masalah secara kritis dan kreatif dalam menghadapi tantangan globalisasi abad-21. Oleh karena itu, dilakukannya.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SDN 018 Bukit Sembilan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 018 Bukit Sembilan dengan sampel kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menujukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Learning Cycle 7E yaitu sebesar 82,97 lebih tinggi jika dibandingkan dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional yaitu sebesar 76,54. Hal ini juga terlihat dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig. (2-tailed) (0,004) < a (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model Learning Cycle 7E berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa (HOTS).
Downloads
References
Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA di Sekolah Dasar. 12, 170–175. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831.Received
Adilah, D. N., & Budiharti, R. (2015). Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6, 6, 212–217.
Andriana, P., Kurniawan, D., & Rahayu, U. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Learnıng Cycle 7E untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Analisis. 4(2), 171–178. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3104
Anisah, F., Sulastri, & Syukri, M. (2020). The effectiveness of 7E learning cycle model to improve student motivation in work and energy topic The effectiveness of 7E learning cycle model to improve student motivation in work and energy topic. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012136
Asmedy. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang diajar Menggunakan Model Pembelajaran Soal Terbuka dengan Model Pembelajaran Konvensional. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2, 79–88.
Damai, A., Krissandi, S., A, B. E. T., & M, B. I. (2018). Jurnal Edukasi Sumba ( JES ) Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Tematik Kelas III ( Studi Kasus di Salah Satu SD Swasta di Yogyakarta.
Firdaus, F., Priatna, N., & Suhendra, S. (2017). An implementation of 7E Learning Cycle Model to Improve Student Self-esteem. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 3–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012084
Holilah, A., Nurfadhillah, S., & Odah, S. ’. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Sangiang Jaya. Nusantara, 2(3).
Maulani, N., & Subali, B. (2019). Analisis Kemampuan Rekonstruksi Problem Solving Siswa Melalui Asesmen Higher Order Thinking (HOT) Siswa SMA. (UPEJ) Unnes Physics Education Journal, 8(3), 319–332.
Permatasari, S., Suhartono, S., & Linguistika, Y. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 yang Menggunakan Model PjBL dengan Model Konvensional pada Materi Volume Kubus dan Balok di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 996–1012. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p996-1012
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653
Qodra, L. M., Asnimar, A., & Laihat, L. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Evaluasi Pembelajaran Tematik yang digunakan Guru Kelas IV di SD Negeri 81 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8(1), 56–65. https://doi.org/10.36706/jisd.v8i1.14367
Septianingrum, I. (2022). Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Kritis. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 273. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65506
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (R. KR (ed.); Cetakan I). Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widiawati, L., Joyoatmojo, S., & Sudiyanto. (2018). Higher Order Thinking Skills as Effect of Problem Based Learning in The 21st Century Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 96–105. http://ijmmu.com
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.