Penerapan Discovery Learning Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Getaran dan Gelombang
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 menekankan pada pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan peserta didik dan pengalaman belajar yang bersumber dari lingkungan sekitar. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajarn abad ke-21 adalah discovery learning dengan berbasis etnosains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik, keterlaksanaan proses pembelajaran, dan respons peserta didik terhadap penerapan discovery learning berbasis etnosains pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen, dengan dilakukan pada satu kelas eksperimen tanpa kelas pembanding. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII C SMP Negeri 3 Trenggalek semester genap Tahun Akademik 2022-2023. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan N-Gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Keterlaksanaan pembelajaran telah dilakukan dengan perolehan modus 4 dengan kriteria sangat baik. Penerapan discovery learning berbasis etnosains untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang mendapatkan respons yang positif dari peserta didik dengan rata-rata persentase sebesar 98% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan discovery learning berbasis etnosains pada materi getaran dan gelombang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Arfianawati, S., Sudarmin, & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa. 46–51. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.36256
Arisetyawan, Andika, Suryadi, D., Herman, T., & Rahmat, C. (2014). Study of Ethnomathematics: A Lesson From The Baduy Culture. 2(10):681–88. Journal of Education and Research. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i3.29735
Arrozaqu, A. J., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Aditif. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 674–681. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.674-681
Asriyadin, A., & Fikri, H. N. (2016). Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 63–67.
Brockett, R. G., & Hiemstra, R. (2018). Self-Direction in Adult Learning. In Self-Direction in Adult Learning. https://doi.org/10.4324/9780429457319
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116–128.
Erlangga, Y. S. D. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Materi Gelombang dan Bunyi berbasis Local Wisdom Alat Musik Gamelan pada Mata kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 90–98.
Firdausy, Y., & Fauziah, A. N. M. (2021). Penerapan pembelajaran daring melalui platform belajar smartify terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(3), 370–377.
Fuadi, M., Arsyad, M., Arafah, K., & Asriyadin, A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 116–121.
Hadi, W. P., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Wardani, W. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berpendekatan Etnosains untuk Mengetahui Profil Literasi Sains Siswa SMP. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 178–192. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.15771
Hairida, H., & Setyaningrum, V. (2020). The Development of Students Worksheets Based on Local Wisdom in Substances and Their Characteristics. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 106–116. https://doi.org/10.26858/est.v6i2.12358
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1). https://doi.org/10.1119/1.18809
Harefa, A. R. (2017). Pembelajaran Fisika Di Sekolah Melalui Pengembangan Etnosains. Jurnal Warta Edisi, 53(1998), 1–18.
Haristy, D. R., Enawaty, E., & Lestari, I. (2013). Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(12), 1–13.
Hidayati, T., Handayani, I., & Ikasari. (2019). Statistika Dasar. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Idrus Hariri, A., & Mulyani, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngaseup Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sman 1 Maja. Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains Scientiae Educatia, 5(1), 1–14.
Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1236
Julmida. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi. Jurnal Pendidikan Biologi, 01(01), 25–30.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Knowles, M. S. (1975). Self-Directed Learning: A Guide for Learners and Teachers. Prentice Hall.
Mayasari, T. (2017). Integrasi budaya Indonesia dengan pendidikan sains | Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika). FKIP Universitas PGRI Madiun, 2010, 12–17.
Palupi, Dyah, M., Sudirman, & Wardani, S. (2018). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Bermuatan Etnosains. Chemistry in Education, 7(1), 77–83.
Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Parmin. (2017). Ethnosains. Semarang: Swadaya Manunggal.
Prasetyo, H., & Handayani, E. (2019). ANALISA SLOMPRET DALAM MUSIK TARI JARANAN TURONGGO YAKSO. APRON Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan, 1, 4. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/27092
Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426
Rahmi, D. A., & Rosdiana, L. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Science. Ejournal-Pensa, 06, 108–113.
Riduwan. (2016). Pengantar Statiska Sosial. Bandung: Alfa Beta.
Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh penerapan praktikum berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 122–129. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1342
Shufa, F., Khusna, N., & Artikel, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53.
Sudarmin. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains, dan Kearifan Lokal (Konsep dan Penerapannya dalam Penelitian dan Pembelajaran Sains). Semarang: CV. Swadaya Manunggal.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Sukesti, R., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2019). Potensi Etnosains Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Ria. Seminar Nasional Pendidikan Fisika V 2019, 1–7.
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75. https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i2.2535
Syamsudin. (2018). Model Pembelajaran Pemaknaan Untuk Meningkatkan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2), 50–57. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p50-57
Ulya, H., & Rahayu, R. (2018). Efektivitas Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Teknodika, 16(2), 53. https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i2.34779
Wahyuni, S., & Habibah, S. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Smp Negeri 13 Makassar. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 2(1), 25. https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i1.10078
Wilujeng, I., K.P., Z., & Suryadarma, I. (2019). Integrating Local Wisdom in Natural Science Learning. 178(ICoIE 2018), 182–186. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.42
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.