Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Setting Kolaboratif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran tutor sebaya setting kolaboratif. Domain hasil belajar yang diteliti merupakan level kognitif peserta didik yang mengacu taksonomi Bloom yaitu mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C di SMP Negeri 18 Surabaya yang berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya setting kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar kognitif kelas VII C dengan nilai N-Gain sebesar 0,6 kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya setting kolaboratif berpengaruh secara signifikan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP.
Downloads
References
Abrianto, O. R., & Prihatnani, E. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Ambarawa. Satya Widya, 35(1), 62–74.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (Abridged Edition). Addison Wesley Longman, Inc. http://www.ablongman.com
Arends, R. I. (2014). Learning to Teach (Tenth Edition). McGraw-Hill.
Bengi, I. S., Pandiangan, A., Pandia, L. H. B., & Safriana, S. (2022). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(2), 138–142. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i2.1990
Berghmans, I., Neckebroeck, F., Dochy, F., & Struyven, K. (2013). A typology of approaches to peer tutoring. Unraveling peer tutors’ behavioural strategies. European Journal of Psychology of Education, 28(3), 703–723. https://doi.org/10.1007/s10212-012-0136-3
Falchikov, N. (2002). Learning Together: Peer Tutoring in Higher Education. RoutledgeFalmer.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2023). How To Design and Evaluate Research in Education (Eleventh Edition). McGraw Hill LLC.
Ginting, N. F., Prastowo, P., & Yusuf, M. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Binjai. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 3(2), 145–153. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1432
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin, A SAGE Company.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 64(66). doi:10.1119/1.18809
Ilmiyatni, F., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 35–45.
Kusumah, M. I., Sutisna, & Septian, D. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. JPFS: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(1), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.62
Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673
Mashfufah, A., Dasna, I., & Utama, C. (2023). Model Pembelajaran Proyek Berbasis Komunitas Pada Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.
Masyithah, D. (2018). Penerapan Metode Tutor Teman Sebaya dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas MVIII SMPN 8 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Misnoraliawati. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA II MAN I PALEMBANG. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 31–42. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.5750
Prayitno, M. A. (2022). Implementasi Metode Tutor Sebaya Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X (PTK di MA YPIP Panjeng Ponorogo). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar: Domain dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 146–164. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541
Rahayu, R., & Fatmawati, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Terhadap Siswa Kesulitan Belajar Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya. Ranah Research : Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 18–28. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/223
Rosanti, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773
Santrock, J. W. (2018). Educational psychology (Sixth Edition). McGraw-Hill Education.
Seel, N. M. (2012). Encyclopedia of the Sciences of Learning. In N. M. Seel (Ed.), Encyclopedia of the Sciences of Learning. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6
Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology : theory and practice (Twelfth Edition). Pearson.
Suleman, N., Naiyo, M. H., Duengo, S., & Kilo, A. K. (2022). Pengaruh Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(1), 44–50. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13634
Sumarli, S., & Murdani, E. (2014). Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Tutor Sebaya pada Pokok Bahasan Rangkaian Seri-Paralel Hambatan Listrik. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 1(2), 42–46. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v1i2.10845
Tetiwar, J., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Perkalian Bersusun Pada Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 302–308.
Ulia, N. (2018). EFEKTIVITAS COLABORATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA SHORT CARD BERBASIS IT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.3.2.1-11
Wali, G., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164–173.
Wilujeng, I. (2018). IPA Terintegrasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: UNY Press.
Zulfira, T., Ngadimin, & Melvina. (2017). Pengaruh Metode Collaborative Learning Dipadu Dengan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 175–179.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.