Persepsi Siswa terhadap E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Ekologi
Abstract
Persepsi siswa merupakan proses menafsirkan pengalaman yang dipengaruhi oleh stimulus atau informasi yang diterima melalui panca indra, disadari dan dimengerti oleh siswa. Penting untuk memahami bagaimana siswa memandang dan berinteraksi dengan e-modul sebagai bahan ajar untuk melihat kualitas e-modul karena persepsi siswa terhadap sumber belajar dapat sangat mempengaruhi keterlibatan, motivasi dan pada akhirnya adalah hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap e-modul berbasis inkuiri terbimbing yang digunakan selama pembelajaran materi ekologi. Penelitian dilakukan dengan partisipan sebanyak 32 siswa di kelas VII-F SMPN 9 Gresik. Data yang dianalisis dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa angket dan wawancara persepsi terhadap e-modul berbasis inkuiri terbimbing serta penilaian hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66% siswa memiliki persepsi sangat baik terhadap e-modul berbasis inkuiri terbimbing dan 34% siswa memiliki persepsi pada kategori baik pada e-modul berbasis inkuiri terbimbing. Sebagian besar siswa memiliki persepsi positif pada e-modul yang digunakan dalam pembelajaran ekologi berdasarkan skor tiap aspek penilaian pada angket dan diikuti dengan pendapat positif siswa dalam wawancara mengenai penggunaan e-modul.
Downloads
References
Andriani, S. A., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2021). Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas Vii Smp/Mts. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(Special Issue), 281–287. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.1234
Asriyadin, A., Yulianci, S., Kaniawati, I., & Liliawati, W. (2021). The formation of students’ scientific attitudes through the neuroscience-based inquiry model in physics learning. AIP Conference Proceedings, 2330(1).
Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Chen, D. (2021). Students’ Perceptions of Mathematical Physics E-Module on Multiple Integral Material. Journal of Education Technology, 5(4), 531. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.33600
Baldock, K., & Murphrey, T. P. (2020). Secondary Students’ Perceptions of Inquiry-based Learning in the Agriculture Classroom. Journal of Agricultural Education, 61(1), 235–246. https://doi.org/10.5032/jae.2020.01235
Firdaus, E., A Purba, R., Kato, I., Purba, S., Aswan, N., Karwanto, & Chamidah, D. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan. Medan: Kita Menulis Press.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2023). How to Design and Evaluate Research in Education. Library of Congress Cataloging-in.
Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyarakat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1060
Hariani, N. R., Nuswowati, M., & Winarno. (2020). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Modul Terhadap Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1).
Kozma, R. B. (1994). Will media influence learning? Reframing the debate. Educational Technology Research and Development, 42(2), 7–19. https://doi.org/10.1007/BF02299087
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.
Maharcika, Ni Ketut Suarni, & I Made Gunamantha. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas Iv Sd/Mi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240
Maolani, R. A. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan /Rukaesih a. Maolani, Ucu Cahaya 1;2. Jakarta: Rajawali Pers.
Mardhiyah, R. H. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Mellyzar, M. (2021). Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Reaksi Redoks Dan Tatanama Senyawa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 81–89. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31677
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publication.
Nurlatifah, S. C., Hodijah, S. R. N., & Nestiadi, A. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Flip PDF Professional Pada Tema Udara Yang Sehat. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 226–232. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.226-232
Ormancı, Ü., & Çepni, S. (2020). Investigating the effects of web-based science material for guided inquiry approach on information and communication skills of students. Participatory Educational Research, 7(1), 201–219. https://doi.org/10.17275/per.20.12.7.1
Park, J., & Lee, J. (2021). Effects of E-Books and Printed Books on EFL Learners’ Reading Comprehension and Grammatical Knowledge. English Teaching (South Korea), 76(3), 35–61. https://doi.org/10.15858/engtea.76.3.202109.35
Rosmiaty, R., & Nurhijrah, N. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Kuliah Kerajinan Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional LP2M UNM, 2513–2520.
Sage, K., Augustine, H., Shand, H., Bakner, K., & Rayne, S. (2019). Reading from print, computer, and tablet: Equivalent learning in the digital age. Education and Information Technologies, 24(4), 247.
Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology: Theory And Application To Fitness And Performance. University of Texas at Dallas. New York : McGraw-Hill Education.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Subari, A., Chatri, M., Fadilah, M., & Vauzia. (2022). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungan di MAN 2 Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2815–2826. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2350
Tanti, K., D. A., S. W., Erika, & Hoyi, R. (2021). Description of Students Response Toward the Implementation of Problem-Based Learning Model in Physics Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 6(1), 30–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1787
Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 126–132. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32255
Yahiaoui, F., Aichouche, R., Chergui, K., Brika, S. K. M., Almezher, M., Musa, A. A., & Lamari, I. A. (2022). The Impact of e-Learning Systems on Motivating Students and Enhancing Their Outcomes During COVID-19: A Mixed-Method Approach. Frontiers in Psychology, 13(July). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.874181
Yulianci, S., Kaniawati, I., & Liliawati, W. (2021). Preliminary analysis of module development by setting arguments through the application of scientific inquiry models to improve students’ scientific attitudes. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 12021.
Yuliansih, E., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). The influence of learning media and learning interests on student learning outcomes. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(2), 411. https://doi.org/10.29210/021064jpgi0005
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.