Implementasi Cybergogy Berbantuan Live Worksheets untuk Membelajarkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa SMP
Abstract
Cybergogy merupakan pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas pemberdayaan teknologi. saat ini Indonesia berada di era revolusi industri 4.0. Dalam konteks revolusi industri 4.0 implementasi cybergogy dalam pembelajaran IPA diharapkan dapat mengingkatkan kolaborasi, keterampilan proses sains, dan komunikasi, melalui fasilitas teknologi seperti E-LKPD interaktif, dan laboratorium online. Namun kenyataannya berdasarkan hasil studi yang dilakukan di lapangan diperoleh bahwasannya peserta didik masih kurang dalam hal menumbuhkan KPS, strategi pembelajaran terkadang masih terpusat pada guru dan kurang melibatkan teknologi, hal ini membuat peserta didik bosan, kurang aktif, karena pembelajarannya monoton sehingga KPS di sekolah tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains setelah diimplementasikan cybergogy berbantuan live worksheets. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP menggunakan satu kelas yang diberikan perlakuan. Data KPS peserta didik diperoleh dari tes sebelum (pretest) dan setelah (posttest) diberikan perlakuan dengan mengimplementasikan cybergogy berbantuan live worksheets. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan di setiap indikator KPS. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi cybergogy berbantuan live worksheets efektif untuk membelajarkan keterampilan proses sains pada peserta didik. Implikasi dari penelitian yang dilakukan adalah Penelitian ini berkontribusi pada pembelajaran yang inovatif dan relevan dalam pembelajaran IPA di tingkat SMP.
Downloads
References
Azizah, A. Al, & Fauziah, A. N. M. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 525–529. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1090
Darmaji, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Indrianti. (2018). Description of Science Process Skills’ Physics Education Students at Jambi University in Temperature and Heat Materials. The Educational Review, USA, 2(9), 485–498. https://doi.org/10.26855/er.2018.09.004
Daud, W. A. A. W., Teck, W. K., Ghani, M. T. A., & Ramli, S. (2019). The Needs Analysis of Developing Mobile Learning Application for Cybergogical Teaching and Learning of Arabic Language Proficiency. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(8), 33–46. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v9-i8/6206
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1). https://doi.org/10.1119/1.18809
Hidayat, M. I. M., & Subekti, H. (2022). Promoting science process skills and learning outcomes through cybergogy approaches with PhET media for Junior High School Students. Jurnal Pijar Mipa, 17(4), 499–506. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i4.3623
Humayra, F., Sulastri, S., & Gani, A. (2022). Persepsi Pendidik terhadap Pembelajaran IPA secara Terpadu di SMP/MTs Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 717–739. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26013
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Masruhah, G. D., Rusdianto, & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 169–177. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12935
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 101–109. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.83
Murtalib, Gunawan, & Syarifuddin. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (E-LKM) Interaktif Berbantuan Live Worksheet pada Perkuliahan Daring. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 6(2), 130–145. https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.918
Nurjumiati, N., Yulianci, S., & Asriyadin, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemodelan Matematis dan Bahasa Simbolik Fisika Melalui Pembelajaran Model Inquiry Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 945–948.
Paivio, A. (2014). Intelligence, dual coding theory, and the brain. Intelligence, 47(1), 141–158. https://doi.org/10.1016/j.intell.2014.09.002
Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2018). SETS-based guided experiment book: Empowering science process skills of elementary school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(3), 257–262. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6684
Prathamie, R. R., Lustyantie, N., & Setiadi, S. (2022). Media Pembelajaran sebagai Sarana Self Determination Learning pada Konteks Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495–2504. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2755
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
Rachmawati, G. A., & Subekti, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pengembangan Sikap Toleransi Dengan Menggunakan Strategi Cybergogy. 10(3), 409–417.
Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 24–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151
Septianisha, N. I., Anggraeni, K. D., Hilda, N. R., Azhar, M. S., & H, U. V. (2021). Cybergogy: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran Matematika. ProSANDIKA UNIKAL, 2(1), 153–164.
Sunbanu, H. F., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Twostray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260
Tri, R., Putra, A., Yani, A. R., & Romadhona, M. (2023). Buku Visual Mengenai Adab Terhadap Guru. Jurnal Desain, 10(3), 563–576. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i3.14833
Utami, A. D., & Yuliyanto, E. (2020). Concept Map: Does It Increase Learning Motivation of Student? Journal of Science Education Research, 4(2), 49–54. https://doi.org/10.21831/jser.v4i2.35714
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.