Efektivitas LKPD Terintegrasi STEAM- PjBL pada Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA/MA
Abstract
Telah tersedianya bahan ajar LKPD terintegrasi STEAM-PjBL pada materi asam basa yang telah diuji validasi dan praktikalitas namun belum di lakukan uji efektivitas terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan efektivitas dari penggunaan bahan ajar LKPD terintegrasi STEAM-PjBL terhadap hasil belajar peserta didik dan mengetahui resposn siswa dalam penerapan LKPD terintegrasi STEAM-PjBL pada materi asam basa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang.penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang dikembangkan oleh Shella Dewanti Putri. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test post-test. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal, Populasi penelitian adalah kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yang ditentukan oleh guru. Sebagai sampel penelitian terpilih kelas XI MIPA 3 sebanyak 35 orang.: Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diajar menggunakan LKPD terintegrasi STEAM-PjBL yaitu 42,82 sebelum belelajar menggunakan LKPD terintegrasi STEAM-PjBL, setelah menggunakan LKPD terintegrasi STEAM-PjBL adalah 77,43. Tingkat efektivitas LKPD dapat dilihat dari hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh t hitung =1,99 dan t tabel=1,66 . Hal ini menunjukkan penggunaan LKPD terintegrasi STEAM-PjBL pada materi asam dan basa efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA.
Downloads
References
Banchiss, H., & Bell, R. (2008). The Many Levels Of Inquiry. Journal of Sience and Children, 15(4), 516–529.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Firmansyah, K. K. ., & Effendi, E. (2021). Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Ranah Research, 3(3), 1–9.
Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2017). Developing 21st century skills in chemistry classrooms: Opportunities and challenges of STEAM integration. AIP Conference Proceedings, 1868. https://doi.org/10.1063/1.4995107
Hake. (2014). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana.
Hasmyati, S., Andi, & Arafah, A. (2018). Effective Learning Models in Physical Education Teaching. Budi Utama.
Henriksen, D. (2014). Full STEAM Ahead: Creativity in Excellent STEM Teaching Practices. Steam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.5642/steam.20140102.15
Hlukaniuk, V., Solevej, V., Tsvilyk, S., & Shymkova, I. (2020). STEAM Education As a Benchmark for Innovate Training of Future Teacher. Procedings of the International Scientific Conference, 1, 211–221.
Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan konstekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia.
Lianti1, Harun, L., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11619
Maryani, L., Sunyono, S., & Abdurrahman, A. (2017). Efektivitas lkpd berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 116816.
Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik. Nizamia Learning center.
Nasir, M., Fakhrunnisa, R., & Nastiti, L. R. (2019). The Implementation of Project-based Learning and Guided Inquiry to Improve Science Process Skills and Student Cognitive Learning Outcomes. International Journal of Environmental & Science Education, 14(5), 229–238. http://www.ijese.com
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Quigley, C. F., Herro, D., Shekell, C., Cian, H., & Jacques, L. (2020). Connected Learning in STEAM Classrooms: Opportunities for Engaging Youth in Science and Math Classrooms. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(8). https://doi.org/10.1007/s10763-019-10034-z
Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT. Bumi Aksara.
Shella Dewanti Putri, E. E. (2023). pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Journal of Educational Sciences, 7, 148–159.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.