Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka

  • Diah Ayu Saraswati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Diva Novi Sandrian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Indah Nazulfah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurmanita Tanzil Abida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurul Azmina Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Riza Indriyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Septionita Suryaningsih Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Usman Usman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Iing Dwi Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanan kegiatan P5 sebagai projek penguatan Profil Pelajar Pancasila di suatu sekolah dan dampak dari penerapannya terhadap siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan 2 narasumber yaitu 1 guru biologi yang mengajar kelas X dengan menerapkan kurikulum merdeka dan siswa kelas X sebagai peserta kegiatan P5. Dalam penerapan kurikulum merdeka, siswa dituntut untuk membuat atau melaksanakan suatu projek. Kegiatan projek pada kurikulum merdeka ini yaitu salah satunya dengan melaksanakan kegiatan P5. Kegiatan P5 merupakan suatu kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Kegiatan P5 yang dilakukan disesuaikan dengan 7 tema yang diatur oleh Kemendikbud Dikti. Hasil projek yang akan ditampilkan pada kegiatan P5 ini yaitu (1) Poster (2) Tarian (3) Musikalisasi puisi (4) Teater (5) Vlog (6) Berjualan. SMAN 4 Kota Tangerang termasuk sekolah penggerak dengan guru penggerak, yang menjadikan pembelajaran terdiferensiasi sebagai salah satu strategi pada modul program guru penggerak. Dalam pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka ini, hanya terdiri dari 2 pokok bahasan yaitu virus dan keanekaragaman hayati. Dalam proses pembelajarannya, guru biologi kelas X menggunakan model pembelajaran yaitu Blended Learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran terdiferensiasi, Kegiatan P5

References

Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono. (2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 13(02), 91–108.

Driscoll, M. (2002). Blended learning: Let’s get beyond the hype. E-Learning, October, 54. http://www-07.ibm.com/services/pdf/blended_learning.pdf

Faiz, Aiman., A. P. & I. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 06(02), 2846–2853.

H Hamruni. (2015). Konsep Dasar dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XII(No. 2), 177–187.

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasi Krisis Pembelajaran. https://kemendikbud.go.id [Diakses pada 25 Mei 2022, pk. 21.12 WIB].

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.

Nurani, D., L. Anggraini., M. & K. R. M. (2022). Edisi Serba Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar.

Rachmawati, N., A. Marini., M. N. & I. N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedubasicedu, 06(03), 3613–3625.

RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rusnaini., Raharjo., A. S. & W. N. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(02), 230–249.

Simangunsong, I. T., D. P. D. & J. P. (2020). PENINGKATAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Darma Agung, 28(01), 100–105.

Subandrio, W. & D. C. K. (2021). SURVEI KETERLAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI 1 PURWOASRI. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(02), 177–182.

Sufyadi, S., T. Y. Harjatanaya., P. Adiprima., M. R. Satria., A. Andiarti., & I. H. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek.

Sulistyati, D. M. (2021). Proyek Profil Pelajar Pancasila.

Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & ... (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. Abdimas …, 43–49. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1715%0Ahttp://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/download/1715/705

Published
2022-06-14
How to Cite
Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, Septionita Suryaningsih, Usman, U., & Iing Dwi Lestari. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 185-191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Abstract viewed = 14600 times
PDF downloaded = 10609 times