Profil Keterampilan Non-Kognitif Essential Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbantukan Media Virtual Laboratorium
Abstract
Pembelajaran daring selama pandemic covid-19 kurang efektif, motivasi belajar siswa menurun karena keterbatasan guru dan peserta didik dalam menguasai media pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan non-kognitif essential siswa SMP yang berupa motivasi intrinsic dan self-efficacy pada pembelajaran daring berbantukan media virtual laboratorium berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan instrument angket pernyataan skala likert pada 5 skala jawaban. Pernyataan berjumlah 10 pernyataan untuk motivasi intrinsic dan 15 pernyataan untuk self-efficacy. Kuesioner diberikan kepada siswa setelah melaksanakan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah menggunakan media virtual laboratorium. Subject penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kadudampit yang diambil 30 siswa sebagai sample. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor siswa untuk motivasi intrinsic dalam pembelajaran IPA adalah 74,80 % dengan kriteria baik, serta persentase skor self-efficaccy dalam pembelajaran IPA adalah 75,18 % dengan kriteria baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan keterampilan non-kognitif essential siswa dalam pembelajaran daring IPA pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan media virtual laboratorium termasuk dalam kriteria baik.
Downloads
References
Adyan, F. B., Purwanto, A., & Nirwana, N. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Discovery Learning Berbantuan Virtual Laboratory. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 153–160. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.153-160
Agustiani, H., Cahyad, S., & Musa, M. (2016). Self-efficacy and Self-Regulated Learning as Predictors of Students Academic Performance. The Open Psychology Journal, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.2174/1874350101609010001
Ambusaidi, A., Al Musawi, A., Al-Balushi, S., & Al-Balushi, K. (2018). The impact of virtual lab learning experiences on 9th grade students’ achievement and their attitudes towards science and learning by virtual lab. Journal of Turkish Science Education, 15(2), 13–29. https://doi.org/10.12973/tused.10227a
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Deci, E. L., Eghrari, H., Patrick, B. C., & Leone, D. R. (1994). Facilitating internalization: the self-determination theory perspec- tive. J Pers. 1994; 62, 119–142.
Gafar, A. arif, & Sugandi, M. kurnia. (2019). Pengembangan Perangkat Media Pembelajaran Partikum Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 1 Sindangwangi Kab. Majalengka. Jurnal Biotek Volume 7 No 2 Desember 2019, 7(1), 48–57. website: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/index
Hafida, Lilil, Wilanika, Ludi, & Sapta. (2020). Penurunan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3316112010_6_Desa _20200918_132701.pdf
Handarini, D. M. (2019). Kontribusi faktor-faktor non-kognitif pada prestasi belajar siswa sekolah menengah pertama. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2), 62. https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.22
Kim, M.-O. (2016). Study on Self-efficacy, Communication competency, Critical thinking disposition and Clinical performance ability of nursing students. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 17(6), 609–617. https://doi.org/10.5762/kais.2016.17.6.609
Legault, L. (2020). Intrinsic and Extrinsic Motivation. Encyclopedia of Personality and Individual Differences, November 2016. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8
Makransky, G., Thisgaard, M. W., & Gadegaard, H. (2016). Virtual simulations as preparation for lab exercises: Assessing learning of key laboratory skills in microbiology and improvement of essential non-cognitive skills. PLoS ONE, 11(6), 1–11. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0155895
Misnawati, Y. R. (2019). Laboratorium Virtual Pada Praktikum Sistem Sirkulasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas XI SMA: Kajian Dari Aspek Validitas. Artikel Ilmiah Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji, 8(2), 2019. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178
Nadira, H., & Ramdhan, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantukan Facebook Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Bioeducation, 5(2), 67–74. https://doi.org/10.29406/bio.v5i2.1074
Nisa, A. K. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Laboratorium Virtual Online ( Mcgraw-Hill Education ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Animalia. Skripsi.
Pintrich, P. R. . A. O., & A. (2015). Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1), 156–164. http://link.springer.com/10.1007/s10869-013-9342-5%5Cnhttp://link.springer.com/10.1007/s10551-015-2625-1%5Cnhttp://mcser.org/journal/index.php/mjss/article/view/5449%5Cnhttp://doi.wiley.com/10.1111/apps.12041%5Cnhttp://www.scs.ryerson.ca/aferworn/courses/
Ratamun, M. M., & Osman, K. (2018). The Effectiveness Comparison of Virtual Laboratory and Physical Laboratory in Nurturing Students’ Attitude towards Chemistry. Creative Education, 09(09), 1411–1425. https://doi.org/10.4236/ce.2018.99105
Safitri, H. (2011). Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Topik Gerak Lurus (Survey Terhadap Siswa Kelas X Sman 87 Jakarta Selatan). Jurnal Pendidikan, Volume 12, Nomor 2, September 2011, 97-101 Keyboard, 12(2), 97–101.
Setiono, S., Nuranti, G., & Agustini, M. M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Aktivitas Saintifik Dan Visualisasi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(1), 27. https://doi.org/10.26714/jps.8.1.2020.27-31
Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Thisgaard, M., & Makransky, G. (2017). Virtual learning simulations in high school: Effects on cognitive and non-cognitive outcomes and implications on the development of STEM academic and career choice. Frontiers in Psychology, 8(MAY), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00805
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.