Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Penggerak
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v15i4.3615Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah PenggerakAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya variasi hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN 005 Samarinda Seberang yang masih cukup lebar, meskipun pembelajaran berdiferensiasi telah diterapkan sejak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek proses terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu two-group pretest–posttest yang melibatkan 57 siswa, terdiri atas kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan VB sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, angket diagnostik non-kognitif, serta observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi proses memberikan peningkatan signifikan pada hasil belajar, ditunjukkan oleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 80,95 yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 66,23, dengan N-Gain sebesar 0,63 yang berada pada kategori sedang dan cukup efektif. Uji independent samples t-test menghasilkan nilai Sig. 0,013 dan effect size 0,80 yang menunjukkan pengaruh kuat. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa diferensiasi proses mampu meningkatkan capaian akademik siswa serta meningkatkan keterlibatan belajar. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Penggerak.
Downloads
References
Agustin, S., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA Bermuatan Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 125–137. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.19606
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Arman, & Iksam. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Aku Patuh Aturan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Peserta Didik Kelas Iii Sdn 018 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2024/2025. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24988
Asri, A., Sukriadi, Arafah, A. A., Muhlis, Septika, H. D., & Haerani, R. P. R. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7, 579–591. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/assabiqun.v7i4.5717
Dista, D. X., Hermita, N., & Triani, R. A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 994–999. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.964
Hader, A. E., Darniyanti, Y., & Wirdana, W. A. K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Materi Kelipatan dan Faktor di SD Negeri 04 Sungai Rumbai. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(2), 373. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.675
Masdin, & Hafiz, A. (2024). Implementasi Program Sekolah Penggerak Dalam Kebijakan Merdeka Belajar di Kabupaten Pandeglang. Schemata, 13(1), 43–56. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/schemata.v13i1.9696187
Mayasari, A., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2023). The Effect Size Pengaruh Pembelajaran Berbasis Sets Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 67–76. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.301
Nawati, A., Kurniastuti, D., Dyah Kumalasari, I., Wulandari, D., & Ana Fitrotun Nisa. (2023). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 215–234. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1174/637?utm_source=chatgpt.com
Purba, M., Purnamasari, N., AM, S. S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Naskah Akademik: Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) (M. Purba, M. Y. Saad, & M. Falah, Eds.; 1st ed.). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Naskah. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/arsip/Buku-Nasmik-ISBN.pdf
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 2, 34–54. https://doi.org/https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.152
Rahman, R., & Fuad, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743
Sitorus, P., Sitinjak, E. K., & Lafau, B. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan …, 13(2), 179–189. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpepi.v13i2.2717
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Januar Ashar Pratama, Erna Suhartini, Rosita Putri Rahmi Haerani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.









