Penerapan E-Ensiklopedia Berbasis Education For Sustainable Development untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Authors

  • Dudung Abdurrahman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ikna Nurma’ripat Universitas Garut
  • Wiwit Yuli Lestari Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v15i4.3567

Keywords:

e-Ensiklopedia, Education For Sustainable Development, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan fondasi yang esensial dalam menunjang keberhasilan pendidikan pada abad 21. Kemampuan ini, memungkinkan siswa memiliki pemikiran yang logis, mengambil keputusan yang tepat, berargumen dan kemampuan pemecahan masalah dari berbagai tantangan yang dihadapi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan E-ensiklopedia berbasis ESD pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian melibatkan 23 siswa kelas VII-G pada salah satu SMPN di Kabupaten Garut. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan E-ensiklopedia berbasis ESD pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya memperoleh peningkatan dengan selisih peningkatan sebesar 7,22 pada aspek memberikan penjelasan sederhana, selisih peningkatan sebesar 6,69 pada aspek menyimpulkan, selisih peningkatan sebesar 3,3 pada aspek memberikan penjelasan lebih lanjut dan selisih peningkatan sebesar 2,87 pada aspek strategi dan taktik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan E-ensiklopedia berbasis ESD pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, memiliki efektivitas dengan nilai N-gain 0,52.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzim, S. A. (2024). Pengembangan Media Ensiklopedia Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas X DKV SMK Negeri 6 Jember. Jurnal Sandhyakala, 5(1), 14–29.

Agusti, K. A., Wijaya, A. F. C., & Tarigan, D. E. (2019). Problem Based Learning Dengan Konteks ESD Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sustainability Awareness Siswa SMA Pada Materi Pemanasan Global. Seminar Nasional Fisika (SNF), 175–182. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.22

Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan e-book dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Seminar Nasional Fisika (SNF) 2017: “Menghilirkan Penelitian-Penelitian Fisika Dan Pembelajarannya.”

Arifah, Santoso, H., & Rasuane, N. (2017). Indeks keanekaragaman echinodermata di pantai Tanjung Setia Kabupaten Pesisir Barat sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 117–124.

Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ayu Lestari, D. M., & Joventus Adu, M. A. (2024). Pengaruh pembelajaran online terhadap interaksi sosial dalam konteks pendidikan. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(12), 81–88.

Azizah, Y. N., Lathifah, S. S., & Hidayat, N. (2021). Pengembangan E-Ensiklopedia Keanekaragaman Talas untuk Pembelajaran Kontekstual Berbasis ESD. Pedagogia: Jurnal Pendidikan.

Chu, S. K. W., Tse, S. K., & Chow, K. (2011). Using collaborative teaching and inquiry project-based learning to help primary school students develop information literacy and information skills. Library and Information Science Research, 33(2), 132–143. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2010.07.017

Erawati, Y., Raharjo, R., & Azizah, U. (2020). Developing encyclopaedia media on form and function of plant to train elementary students’ critical thinking skill. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(6), 401–406. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i6.2514

Fitriani, I. N., & Setiawan, B. (2017). Efektifitas modul IPA berbasis etnosains terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. JPPIPA, 2(2), 71–76.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). McGraw Hill.

Gass, R. H., & Seiter, J. S. (2019). Arguing, reasoning, and thinking well. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781351242493

Hanifah, A. N., Purnamasari, S., & Latip, A. (2023). Pengembangan E-Ensiklopedia Berbasis Education for Sustainable Development pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Kelas VII. Jurnal Universitas Sebelas Maret.

Hizqiyah, I. Y. N., Widodo, A., & Sriyati, S. (2022). Pembelajaran abad 21 dengan menggunakan Wikipedia sebagai sumber informasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5607

Ismail, Suryani, A. I., & Nurfadilla, K. (2022). Pengembangan media e-ensiklopedia sistem gerak sebagai sumber belajar untuk kelas XI. Biogenerasi, 7(1), 50–59.

Jaakkola, T., & Veermans, K. (2015). Effects of abstract and concrete simulation elements on science learning. Journal of Computer Assisted Learning, 31(4), 300–313. https://doi.org/10.1111/jcal.12089

Lathifah, S. S., & Hidayat, N. (2023). Pengembangan e-ensiklopedia keanekaragaman talas di Kabupaten Bogor berbasis ESD untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap keberlanjutan siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2023–2032.

Lozano, R., Merrill, M. Y., Sammalisto, K., Ceulemans, K., & Lozano, F. J. (2017). Connecting competences and pedagogical approaches for sustainable development in higher education: A literature review and framework proposal. Sustainability, 9(10). https://doi.org/10.3390/su9101889

Masrurah, E., Kaspul, 1, & Zaini, M. (2023). KEPRAKTISAN ENSIKLOPEDIA FAMILI RUTACEAE DI KEBUN RAYA BANUA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA.

Mijaya, N. P. A. P., Agung, A. A. I., Sudiatmika, R., & Selamet, K. (2019). Profil literasi sains siswa SMP melalui model pembelajaran Levels of Inquiry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2), 161–171. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19385

Murdani, N. F. (2022). Pengaruh modul digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor.

Norrizqa, H. (2021). Berpikir kritis dalam pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA: Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA, 147–154.

Nugroho, T., Santoso, B., & Sawiji, H. (2018). The effectiveness of eBook versus printed books in the rural schools in Indonesia at the modern learning era. 3(4), 77–84.

Pangestuti, A. M. (2023). Pengembangan E-Book Kalor Dan Perpindahan Berbasis Multirepresentasi Dinamis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas VII.

Ramadina, N. M., Kaspul, & Zaini, M. (2023). Kepraktisan ensiklopedia Famili Anacardiaceae koleksi Kebun Raya Banua untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Bio Educatio: The Journal of Science and Biology Education, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.31949/be.v8i1.4597

Reizal, H., Agustiningsih, A., & Hutama, F. S. (2020). Pengembangan buku ajar berbasis infografis pada tema ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 54–65. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2879

Rizky, I. (2014). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media pembelajaran (video) pada materi minyak bumi.

Rosmawati, W. (2023). Efektifitas penggunaan e-book untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 7(3), 979–1002. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1172

Utami, S., Nuryatman, P., & Dewi, N. K. (2023). Development of SMART E-Encyclopedia Based on Lepidoptera Diversity in Ndodang Forest as Biology Learning Resource. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(4), 1323. https://doi.org/10.33394/jk.v9i4.8842

Yulianti, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Downloads

Published

2025-11-07