Penerapan E-Ensiklopedia Berbasis Education For Sustainable Development untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v15i4.3567Keywords:
e-Ensiklopedia, Education For Sustainable Development, Keterampilan Berpikir KritisAbstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan fondasi yang esensial dalam menunjang keberhasilan pendidikan pada abad 21. Kemampuan ini, memungkinkan siswa memiliki pemikiran yang logis, mengambil keputusan yang tepat, berargumen dan kemampuan pemecahan masalah dari berbagai tantangan yang dihadapi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan E-ensiklopedia berbasis ESD pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian melibatkan 23 siswa kelas VII-G pada salah satu SMPN di Kabupaten Garut. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan E-ensiklopedia berbasis ESD pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya memperoleh peningkatan dengan selisih peningkatan sebesar 7,22 pada aspek memberikan penjelasan sederhana, selisih peningkatan sebesar 6,69 pada aspek menyimpulkan, selisih peningkatan sebesar 3,3 pada aspek memberikan penjelasan lebih lanjut dan selisih peningkatan sebesar 2,87 pada aspek strategi dan taktik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan E-ensiklopedia berbasis ESD pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, memiliki efektivitas dengan nilai N-gain 0,52.
Downloads
References
Adzim, S. A. (2024). Pengembangan Media Ensiklopedia Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas X DKV SMK Negeri 6 Jember. Jurnal Sandhyakala, 5(1), 14–29.
Agusti, K. A., Wijaya, A. F. C., & Tarigan, D. E. (2019). Problem Based Learning Dengan Konteks ESD Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sustainability Awareness Siswa SMA Pada Materi Pemanasan Global. Seminar Nasional Fisika (SNF), 175–182. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.22
Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan e-book dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Seminar Nasional Fisika (SNF) 2017: “Menghilirkan Penelitian-Penelitian Fisika Dan Pembelajarannya.”
Arifah, Santoso, H., & Rasuane, N. (2017). Indeks keanekaragaman echinodermata di pantai Tanjung Setia Kabupaten Pesisir Barat sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 117–124.
Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ayu Lestari, D. M., & Joventus Adu, M. A. (2024). Pengaruh pembelajaran online terhadap interaksi sosial dalam konteks pendidikan. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(12), 81–88.
Azizah, Y. N., Lathifah, S. S., & Hidayat, N. (2021). Pengembangan E-Ensiklopedia Keanekaragaman Talas untuk Pembelajaran Kontekstual Berbasis ESD. Pedagogia: Jurnal Pendidikan.
Chu, S. K. W., Tse, S. K., & Chow, K. (2011). Using collaborative teaching and inquiry project-based learning to help primary school students develop information literacy and information skills. Library and Information Science Research, 33(2), 132–143. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2010.07.017
Erawati, Y., Raharjo, R., & Azizah, U. (2020). Developing encyclopaedia media on form and function of plant to train elementary students’ critical thinking skill. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(6), 401–406. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i6.2514
Fitriani, I. N., & Setiawan, B. (2017). Efektifitas modul IPA berbasis etnosains terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. JPPIPA, 2(2), 71–76.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). McGraw Hill.
Gass, R. H., & Seiter, J. S. (2019). Arguing, reasoning, and thinking well. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781351242493
Hanifah, A. N., Purnamasari, S., & Latip, A. (2023). Pengembangan E-Ensiklopedia Berbasis Education for Sustainable Development pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Kelas VII. Jurnal Universitas Sebelas Maret.
Hizqiyah, I. Y. N., Widodo, A., & Sriyati, S. (2022). Pembelajaran abad 21 dengan menggunakan Wikipedia sebagai sumber informasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5607
Ismail, Suryani, A. I., & Nurfadilla, K. (2022). Pengembangan media e-ensiklopedia sistem gerak sebagai sumber belajar untuk kelas XI. Biogenerasi, 7(1), 50–59.
Jaakkola, T., & Veermans, K. (2015). Effects of abstract and concrete simulation elements on science learning. Journal of Computer Assisted Learning, 31(4), 300–313. https://doi.org/10.1111/jcal.12089
Lathifah, S. S., & Hidayat, N. (2023). Pengembangan e-ensiklopedia keanekaragaman talas di Kabupaten Bogor berbasis ESD untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap keberlanjutan siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2023–2032.
Lozano, R., Merrill, M. Y., Sammalisto, K., Ceulemans, K., & Lozano, F. J. (2017). Connecting competences and pedagogical approaches for sustainable development in higher education: A literature review and framework proposal. Sustainability, 9(10). https://doi.org/10.3390/su9101889
Masrurah, E., Kaspul, 1, & Zaini, M. (2023). KEPRAKTISAN ENSIKLOPEDIA FAMILI RUTACEAE DI KEBUN RAYA BANUA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA.
Mijaya, N. P. A. P., Agung, A. A. I., Sudiatmika, R., & Selamet, K. (2019). Profil literasi sains siswa SMP melalui model pembelajaran Levels of Inquiry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2), 161–171. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19385
Murdani, N. F. (2022). Pengaruh modul digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor.
Norrizqa, H. (2021). Berpikir kritis dalam pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA: Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA, 147–154.
Nugroho, T., Santoso, B., & Sawiji, H. (2018). The effectiveness of eBook versus printed books in the rural schools in Indonesia at the modern learning era. 3(4), 77–84.
Pangestuti, A. M. (2023). Pengembangan E-Book Kalor Dan Perpindahan Berbasis Multirepresentasi Dinamis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas VII.
Ramadina, N. M., Kaspul, & Zaini, M. (2023). Kepraktisan ensiklopedia Famili Anacardiaceae koleksi Kebun Raya Banua untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Bio Educatio: The Journal of Science and Biology Education, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.31949/be.v8i1.4597
Reizal, H., Agustiningsih, A., & Hutama, F. S. (2020). Pengembangan buku ajar berbasis infografis pada tema ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 54–65. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2879
Rizky, I. (2014). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media pembelajaran (video) pada materi minyak bumi.
Rosmawati, W. (2023). Efektifitas penggunaan e-book untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 7(3), 979–1002. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1172
Utami, S., Nuryatman, P., & Dewi, N. K. (2023). Development of SMART E-Encyclopedia Based on Lepidoptera Diversity in Ndodang Forest as Biology Learning Resource. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(4), 1323. https://doi.org/10.33394/jk.v9i4.8842
Yulianti, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dudung Abdurrahman, Ikna Nurma’ripat, Wiwit Yuli Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.









