Eksplorasi Nilai Etnokimia dalam Kearifan Lokal Suku Sasak Lombok Tradisi Merarik terhadap Relevansi Sains Modern Pembelajaran Kimia
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v15i4.3560Keywords:
Etnokimia, Kearifan Lokal, Merarik, Sasak, Pembelajaran KimiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara tradisi Merarik pada masyarakat Sasak di Lombok dengan konsep ikatan kimia melalui pendekatan etnokimia. Tradisi Merarik yang mengandung nilai sosial dan budaya memiliki keterkaitan dengan konsep serah terima elektron dalam pembentukan ikatan ionik. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui analisis berbagai buku dan jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesi sorong serah dalam tradisi Merarik menggambarkan adanya keseimbangan dan saling ketergantungan, serupa dengan proses perpindahan elektron antaratom untuk mencapai kestabilan. Analogi ini membantu memperkaya pembelajaran kimia sehingga lebih mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, hasil penelitian menegaskan bahwa pengintegrasian nilai-nilai budaya lokal dalam pembelajaran kimia tidak hanya meningkatkan pemahaman ilmiah, tetapi juga mendukung pelestarian budaya serta penanaman nilai karakter. Dengan demikian, etnokimia berperan penting dalam mewujudkan pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan berlandaskan kearifan lokal guna memperkuat pendidikan berkarakter serta menjaga keberlanjutan budaya.
Downloads
References
Ajayi, V. O., Achor, E., & Ogbu Agogo, P. 2017. Use Of Ethnochemistry Teaching Approach And Achievement And Retention Of Senior Secondary Students In Standard Mixture Separation Techniques. ICSHER Journal, 3(1), 21– 30. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/321832064
Aldiansyah, A., Pasa, J. I., Muttaqin, M. R., Awaliyah, N. N., & Erika, F. (2023). Literatur Review : Keterkaitan Pembelajaran Kimia Terhadap Pendekatan Etnokimia Di Indonesia. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 7(2), 238–246. https://doi.org/10.30743/cheds.v7i2.8416
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242
Efendi, M. H., & Muliadi, A. (2023). Ethnoscience-Based Science Learning in Sasak Ethnic Culture: Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 22–33. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3769
Hamdani, F., & Fauzia, A. (2022). Tradisi Merariq dalam Kacamata Hukum Adat dan Hukum Islam. Jurnal Hukum Lex Generalis, 3(6), 433–447. https://doi.org/10.56370/jhlg.v3i6.245
Haslan, M. M., & Dahlan, D. (2022). Dampak Merariq Terhadap Masyarakat Suku Sasak (Studi Pada Masyarakat Suku Sasak di Desa Rumak Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat). CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(1), 21. https://doi.org/10.31764/civicus.v10i1.9698
Jofrishal*, J., & Seprianto, S. (2020). Implementasi Modul Kimia Pangan Melalui Pendekatan Etnokimia di SMK Negeri Aceh Timur Program Keahlian Tata Boga. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 168–177. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17262
Juniar, N. (2024). Studi literatur: Pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa. Jendela: Jurnal Pendidikan Elaborasi Athirah, 1(1), 17–24.
Jupri, A. 2019. KEARIFAN LOKAL UNTUK KONSERVASI MATA AIR (STUDI KASUS DI LINGSAR LOMBOK BARAT-NTB). Mataram: Unram Press
Kurniawati, D., Hadi, F., & Lestari, S. (2022). Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Kimia Kontekstual. Jurnal Pendidikan Kimia dan Kearifan Lokal, 5(2), 70–80.
Kusuma, K. A., & Mareta, M. (2024). Tradisi Merariq: Eksplorasi Tentang Prosesi Dan Nilai-Nilai Konseling Perkawinan Pada Suku Sasak Lombok. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 6(1), 74–86. https://doi.org/10.32332/jbpi.v6i1.9029
Mashami, R. A., Suryati, S., Harisanti, B. M., & Khery, Y. (2023). Identification of Local Wisdom of The Sasak Tribe In Chemistry Learning as an Effort to Strengthen Student Character. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 337–345. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2434
Muzakir, M., & Suastra, W. (2024). Kearifan Lokal Suku Sasak sebagai Sumber Nilai Pendidikan di Persekolahan: Sebuah kajian Etnopedagogi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 84–95. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6067
Naqsyahbandi, F., Mulyatun, M., Drastisianti, A., & Muhariyansah, J. (2022). Analysis of The Use of Analogy of Chemical Education Students on The Concept of Chemical Bond. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 7(2), 58–72. https://doi.org/10.17977/um026v7i22022p058
Prasetyo, A., & Sulistyorini, N. (2021). Eksplorasi Etnosains dalam Tradisi Lokal untuk Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains Nusantara, 9(1), 83–92.
Rahmawati, Y. (2018). Peranan Transformative Learning dalam Pendidikan Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya, dan Kompetensi Abad ke-21. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21009/jrpk.081.01
Rummar, M. (2022). 655-Article Text-5184-2-10-20221214. Syntax Tranformation, 3(12).
Sasongko, I., Gai, A. M., Wijayaningtyas, M., Susanti, D., Sukowiyono, G., & Putra, D. (2025). Sasak Cultural Resilience: A Case for Lombok (Indonesia) Earthquake in 2018. Heritage, 8(5). https://doi.org/10.3390/heritage8050155
Solikha, A., Maulida, I. L., & Utami, R. S. (2025). Perkawinan Adat Merari ’ Su ku Sasak dalam Perspektif Hukum Adat Universitas Maarif Hasyim Latif , Sidoarjo Indonesia. 2(2), 234-245.
Sutrisno, H., Wahyudiati, D., & Louise, I. S. Y. (2020). Ethnochemistry in the Chemistry Curriculum in Higher Education: Exploring Chemistry Learning Resources in Sasak Local Wisdom. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7833–7842. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082572
Ultavia, A. B., Jannati, P., & Malahati, F. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi, Jurnal Pendidikan Dasar, 11 (2), Desember 2023, hlm 344. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 2023.
Wahidah, B. Y. K. (2019). Mitologi Putri Mandalika Pada Masyarakat Sasak Terkait Dengan Bau Nyale Pada Pesta Rakyat Sebagai Kearifan Lokal Tinjauan Etnolinguistik tahun 2018. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5). https://doi.org/10.58258/jupe.v4i5.1297
Wahyudiati*, D., & Qurniati, D. (2023). Ethnochemistry: Exploring the Potential of Sasak and Javanese Local Wisdom as a Source of Chemistry Learning to Improve the Learning Outcomes of Pre-Service Teachers. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(1), 12–24. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i1.26790
Wahyudiati, D. (2024). The Effect of the Ethnochemistry Approach on Students’ Problem-Solving Ability and Chemistry Learning Experiences Based on Gender. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(4), 306–314. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.04.27
Wahyudiati, D., & Fitriani, F. (2021). Etnokimia: Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak Sebagai Sumber Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 102. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i2.38537
Widodo, T. R., Setiawan, A., & Rostianingsih, S. (2016). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran “ Ikatan Kimia ” dengan Memanfaatkan Augmented Reality. Jurnal Infra, 4(2), 126–129.
Yasir, L. A., Andriany, M., & Dian V. S. K. (2023). The Traditional Value of the Sasak Lombok Community Regarding Handling COVID-19: A Literature Review. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.30994/sjik.v12i1.984
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dini Rahmawati, Neni Avisha Setya Utami, Neneng Elis Rohmayati, Naziroh Zulfa Aa, Kriswantoro Kriswantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.









