Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Berbasis Lesson Study terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas X di SMAN 3 Bone
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v15i4.3510Keywords:
Inquiry learning, Leson Study, Keterampilan komunikasi, Siswa kelas X, SMAN 3 BoneAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan komunikasi siswa dalam memahami konsep biologi akibat penggunaan model atau metode konversional yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inquiry Learning berbasisLesson Study terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas X di SMAN 3 Bone. Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dan tipe One Group Pretest-Posttest Design digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian adalah kelas X.9 dengan jumlah responden sebanyak 34 partisipan dilibatkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang terapkan yaitu pemberian Pra dan Pasca angket keterampilan komunikasi siswa bersama dengan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil penelitian, data memiliki distribusi normal dan bersifat homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan memperlihatkan sig (0,000) < 0,05, maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Ini berarti bahwa dampak penggunaan model pembelajaran Inquiry Learning berbasis Lesson Study berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi oleh para pendidik dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968
Fahmi, M., Wiguna, S., & Hasbullah, H. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 02(04), 134–140.
Febrianti, N., Wahyuni, S., & Muliana, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Metakognitif Dan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 13 Bone. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 483–493.
Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 2288–2294.
Istiqomah, I. (2024). Model Virtual Laboratory Science Investigation untuk Meningkatkan Kompetensi Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 266–277. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1905
Laili, N., & Asari, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4956–4960. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4471
NUR, H. M., SUNDARI, S., & NUR, T. D. (2023). Pengaruh Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Smpn 3 Kota Ternate Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(4), 407–412. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i4.1918
Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis serta Habits Of Mind Menggunakan Model Inquiry Learning dan Model Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.861
Nurhaliza, Fitri, & Guna, U. E. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. 8(1), 92–105.
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120
Rukmini, R. D., Sari, D. P., Nasution, A. R., & Curup, I. (2024). Model Pembelajaran PAI Berbasis Neurosains : Inquiry Learning Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri. 2, 35–43.
Sadewo, D. S., Rosmalah, & Makmur, N. (2021). Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak dalam Mengerjakan Perkerjaan Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 59–66.
Setiawan, T. A., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio, 9(4), 2043–2051. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5751
Suharyadi, D. T. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Pada Kurikulum 2013 Melalui Lesson Study Di Sdn Sumbersari 3 Maesan Bondowoso. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 203–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i2.147
Yofamella, D., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Inquiry Learning Dalam Di Kelas Iii Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8, 159–172.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Swellmy Swellmy, Sri Wahyuni, Sitti Asmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.









