Efektifitas Penggunaan GeoGebra dalam Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v15i4.3504Keywords:
Geogebra, Media Pembelajaran, Pemecahan Masalah, MatematikaAbstract
Rendahnya kemampuan siswa memecahkan masalah matematis, terutama pada materi bangun ruang sisi lengkung membutuhkan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan kontekstual. Sebagai perangkat lunak geometri dinamis dalam pembelajaran matematika, GeoGebra bisa digunakan untuk memperkuat pemahaman siswa konseptual secara lebih baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas pengunaan GeoGebra dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode Quasi-eksperimen yang dilengkapi One Group Pretest–Posttest Design digunakan di dalam penelitian ini. Tempat penelitian dilakukan di Sekolah Swasta di Kota Bogor. Penelitian terjadi pada semester ganjil tahun ajaran 2025/2026, yakni pada bulan Agustus 2025, pada bahan ajar bangun ruang sisi lengkung. Sampel dipilih secara purposive, yaitu kelas IX A sejumlah 26 Siswa. Instrumen utama yang diaplikasikan di dalam penelitian ini berupa soal tes essay sebanyak lima butir, yang sudah dilakukan uji validitas, reliabilitas, level kesukaran, dan daya pembeda. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test, menunjukkan hasil sig=0,00<α=0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan GeoGebra secara signifikan efektif dalam meningkatkan rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Hasil penelitian dapat memberikan landasan bagi guru dan pendidik untuk mempertimbangkan penggunaan aplikasi interaktif seperti GeoGebra sebagai bagian dari strategi pembelajaran matematika modern yang adaptif terhadap kebutuhan siswa.
Downloads
References
Badaruddin, B., & Ahmad, Y. T. (2023). Analisis Penggunaan Geogebra Berbantuan Chromebook untuk Memudahkan Siswa Memahami Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 351–361. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1722
Baharullah, B., Wahyuddin, W., Usman, M. R., & Syam, N. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1039. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4766
Daniswara, R. A., & Faristiana, A. R. (2023). Tranformasi Peran Dan Dinamika Keluarga Di Era Digital Menjaga Keluarga Dalam Revolusi Industri 4.0 Tantangan Dalam Perubahan Sosial. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), 29–43. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.
Dung, T. M., & Bao, P. M. (2021). Vietnamese students’ problem-solving skills in learning about error of measurements. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 463–474. https://doi.org/10.29333/iejme/625
Gapari, M. Z. (2025). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII melalui Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan di MTs. NW Selebung Ketangga. As-Sabiqun, 7(2), 322–335. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v7i2.5646
Hanggara, Y., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 189–201. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4490
Hosnan, & Purnomo, A. S. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Alat Peraga Jaring-Jaring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah, 1(2), 353.
Jabnabillah, F., & Reza Fahlevi, M. (2023). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Efektivitas Penggunaan Aplikasi Geogebra Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 983–990. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.15262
Karna, S. D., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. Z. (2025). Efektivitas dan Tantangan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 319–325. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3840
Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada Masyarakat. Jurnal Multidisiplin Saintek, 01(12), 21–30. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.
Mailani, E., Setiawati, N. A., Surya, E., & Armanto, D. (2022). Implementasi Realistics Mathematic Education dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi/ HOTS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6813–6821. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2855
Muflihatusubriyah, U., Utomo, R. B., & Saputra, N. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 49. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.9936
Munifah, M., Septiyani, W., Rahayu, I. T., Ramadhani, R., & Tortop, H. S. (2020). Analysis of Mathematical Problem Solving Capabilities : Impact of Improve and OSBORN Learning Models on Management Education. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5335
Nugroho, H., Desti, D., Kismiantini, K., Setyaningrum, L., Laili, R. N., & Sugiman, S. (2025). Integrating GeoGebra into Project-Based Learning to Improve Students’ Problem-Solving Skill on Circle Topic (Issue Ismei 2024). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-434-1_4
Nurhikmah, N., Adiansha, A. A., Mariamah, M., & Syarifuddin, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Geogebra pada Materi Banguan Ruang terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(2), 99–106. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v3i2.302
Purnamasari, R. (2025). Penerapan Aplikasi Geogebra Terhadap Motivasi Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 3(3), 1–10. https://ejournal.zona-edu.org/index.php/ZEI/index
Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2668
Ratuanik, M., Urath, S., Jabar, P. D., Luturmas, A. S. A., Loiwatu, D. L., Kdise, V., Werluka, B., & Matruty, N. (2024). Implementasi Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru SMA. Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.51135/baktivol4iss2pp82-93
Rimbatmojo, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(04), 441–450. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.1058
Rosidin, R., Herpratiwi, H., Sutiarso, S., Nurwahidin, M., & Firdaus, R. (2024). Educational Transformation: Technology Axiology and Humanistic Values in Digital Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 9(1), 61. https://doi.org/10.33394/jtp.v9i1.9866
Rosyidi, A. H., Sari, Y. M., Fardah, D. K., & Masriyah, M. (2024). Designing mathematics problem-solving assessment with GeoGebra Classroom: proving the instrument validity. Journal of Education and Learning, 18(3), 1038–1046. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i3.21191
Rustini, T., & Sofian Hadi, M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MODEL TETRIS PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDIT BINA CENDEKIA. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.37150/perseda.v7i1.2143
Saputra, H., Utami, L. F., & Purwanti, R. D. (2023). Era Baru Pembelajaran Matematika: Menyongsong Society 5.0. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 146–157. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11155
Septianawati, D., Zulkarnain, & Rustanuarsi, R. (2025). Pemanfaatan Software GeoGebra dalam Materi Geometri Analitik untuk Siswa Kelas XI: Survey terhadap Respon Siswa. Absis: Mathematics Education Journal, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.32585/absis.v7i1.6319
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966
Simarmata, J. E., & Sirait, D. E. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Kalkulus I Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Timor. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 40–47.
Sinaga, D. Y., Hutagalung, N. A. Z., Purba, A. C. Y., Simatupang, N. A., Harianja, Z. G., Sinaga, M. V., & Gultom, E. (2025). Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar melalui Pendekatan Konkret dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 5(1), 324–331. https://doi.org/10.37481/pkmb.v5i1.1265
Siregar, A. R., Alfi, A., Sirait, K., Siahaan, A., Rahmah, D. P., Siregar, E. B., Nabilah, K. ’, Khadijah, M., Matondang, N. H., Hidayah, N., & Karo, B. (2024). Eksplorasi Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual : Studi Kasus Kelas X SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(1), 15–26.
Siregar, T. M., Rumapea, A. S., Indah, N., Agung, K., Jannah, R., Gukguk, R., Hadriana, S. D., & Hasy-Syifa, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis GeoGebra Pada Pembelajaran Materi Bangun Ruang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kreatif, 5(4), 371–378. https://ijurnal.com/1/index.php/jipk
Sugesti, I. J., Simamora, R., & Yarmayani, A. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Savi Dan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas Viii Smpn 2 Kuala Tungkal. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 14. https://doi.org/10.33087/phi.v2i1.22
Suparman, Marasabessy, R., & Helsa, Y. (2024). Fostering spatial visualization in GeoGebra-assisted geometry lesson: A systematic review and meta-analysis. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(9). https://doi.org/10.29333/ejmste/15170
Triet, L. V. M., Loc, N. P., & Ngan, N. N. T. (2024). Effect of GeoGebra - supported 5E learning model on students’ understanding of the area of a trapezium: A quasi-experimental study. Mathematics Teaching-Research Journal, 16(6), 190–213.
Trimahesri, I., & Hardini, A. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Tscj, 2(2), 111–120.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Thitra Padma Rani, Rian Antony

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.









