Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar

  • Adi Apriadi Adiansha
  • Husnul Khatimah STKIP Taman Siswa Bima
  • Asriyadin Asriyadin STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Pengembangan kreativitas menjadi hal yang terpenting dalam proses pembelajaran, agar siswa belajar bagaimana menemukan jawaban yang inovatif dan belajar bagaimana melihat suatu pemecahan masalah dari berbagai sudut pandang serta dapat menyelesaikan pemecahan masalah dengan kreativitas. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengembangan kreativitas dalam pembelajaran matematika melalui model Brain Based Learning pada siswa SD. Jenis penelitian yang digunakan metode ekperimen murni, dimana kelas Eksperimen yaitu SDN Nggembe dan Kelas Kontrol yaitu SDN Rada yang ada di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Instrumen yang digunakan menggunakan kreativitas matematika yang telah dikembangkan dari penelitian sebelumnya sesuai dengan indikator-indikator pada kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Pengumpulan data penelitian menggunakan soal essay dalam mengukur kreativitas matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Brain Based Learning mampu mengembangkan kreativitas yang dimilki siswa dan mendorong sisa untuk memiliki ide dan gagasan yang terbaru dalam menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. Sehingga penelitian ini layak untuk diteliti dan dikembangkan ke tahap penelitian berikutnya

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kreativitas, Pembelajaran Matematika, Brain Based Learning

References

Adiansha, A. A., & Sumantri, M. S. (2017a). The Effect of Brain Based Learning Model and Creative Thinking about the Ability of Mathematics Concept of Elementary Students. 5(12), 1195–1199. https://doi.org/10.12691/education-5-12-4
Adiansha, A. A., & Sumantri, M. S. (2017b). The Effect of Brain Based Learning Model and Creative Thinking on the Ability of Mathematics Concept of Elementary Students. American Journal of Educational Research, 5(12), 1195–1199. https://doi.org/10.12691/education-5-12-4
Adiansha, A. A., Sumantri, M. S., & Makmuri, M. (2018). Pengaruh model Brain Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kreativitas. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 127. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2905
Christou, C. (2017). Creativity And Imagination In Mathematics. Proceedings Mathematical Creativity and Giftedness: University of Cyprus, Nicosia, Cyprus.
Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas II SMP Nergeri 3 Rokan IV Koto. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 329–348.
Kupers, E., Lehmann-Wermser, A., McPherson, G., & Geert, P. van. (2019). Children’s Creativity: A Theoretical Framework and Systematic Review. Review of Educational Research, 89(1), 93–124. https://doi.org/10.3102/0034654318815707
Kusumawardani, R. (2015). Peningkatan Kreativitas melalui Pendekatan Brain Based Learning. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 143–162. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.09
Nana Syaodih Sukmadinanta. (2007). Metode Penelitian Pendididikan. Remaja Rosdakarya. (Cetakan ketiga).
National Education Association. (2012). An educators guide to the “fours cs. United State.
Ningsih, M. M. and Y. P. (2017). The Effects of Brain Based Learning Approach on Motivation and Students Achievement in Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12057. Retrieved from http://stacks.iop.org/1742-6596/895/i=1/a=012057
Oktavia, Y. (2014). Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 808–831. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.23036/bmp.v2i1.3828
Permendikbud. (2016). Permendikbud Th. 2016 No. 021 Ttg. Standar Isi Pend. Dasar _ Menengah.pdf.
Sukoco, H. & A. M. (2016). Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA. Pythagoras Jurnal Pendidikan Matematika.
Sunito, I. (2013). Metaphorming Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. Jakarta: Indeks.
Waree, C. (2017). An Increasing of Primary School Teachers? Competency in Brain-Based Learning. International Education Studies, 10(3), 176. https://doi.org/10.5539/ies.v10n3p176
Yulvinamaesari. (2014). Implementasi Brain Based Learning Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional, 01, 100–102.
Published
2020-06-30
How to Cite
Adi Apriadi Adiansha, Husnul Khatimah, & Asriyadin, A. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 45-52. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.327
Abstract viewed = 712 times
PDF downloaded = 776 times