Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Virtual Laboratory Tema Bagaimana Tumbuhanku Bisa Hidup terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII

  • Muhammad Ridwan Pendidikan IPA, FKIP, Untirta, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117
  • Liska Berlian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Adi Nestiadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Dalam pembelajaran IPA, sangat diperlukan kegiatan penunjang berupa praktikum maupun eksperimen di laboratorium. Pandemi Covid-19 menyebabkan berubahnya sistem pembelajaran yang membuat minat belajar siswa menurun. Pembelajaran dilakukan secara Hybrid yang mengakkibatkan tidak terlaksananya praktikum dikarenakan keterbatasan waktu dan alat penunjang praktikum yang sult didapatkan, terutama pada materi tema bagaimana tumbuhanku bisa hidup. Praktikum IPA sangat penting untuk dilaksanakan, karena dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi IPA. Maka dari itu, perlu diadakannya pengembangan praktikum IPA berbasis virtual laboratory yang bertujuan untuk mengembangkan, memvalidasi, dan mendeskripsikan tingkat efisiensi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan modifikasi model pengembangan 4D. Praktikum IPA berbasis virtual laboratory tema bagaimana tumbuhanku bisa hidup terhadap minat belajar siswa kelas VIII mencapai kategori “sangat valid” dengan rata – rata persentase nilai keseluruhan adalah 89,31% yang didapat dari seluruh validator, validasi ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 77,28% dengan kategori “Valid’, validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 93,27% dengan kategori “Sangat Valid” dan validasi guru IPA SMP memperoleh nilai sebesar 97,39% dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil tingkat efisiensi dari praktikum ipa berbasis virtual laboratory memperoleh nilai persentase sebesar 89,14% dengan kategori “Sangat Efisien”.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Praktikum IPA, Virtual Laboratory, Minat Belajar

References

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: referensi Jakarta.

Bobrowsky. (2007). The Process of Science : And its interaction with Non-Scientific ideas. Washington: American Astronomical Society.

Chao, L. (2012). Deployment of mobile learning course materials to android powered mobile devices. International Journal of Distance Education Technologies, 1-16.

Dimodifikasi dari akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimodifikasi dari Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Dimodifikasi dari Widyoko, E. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ertinawati, d. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kesalahan Penggunaan Kaidah Kebahasaan Pada Papan Reklame di Jalan K.H. Zaenal Musthafa. Jurnal Siliwangi Seri pendidikan, 7-18.

Hamalik. (1994). Media Pendidikan . Bandung: Citra Aditya Bakti.

Harmer, J. (1998). How to teach English: an introduction to the practice of English language teaching. NewYork: Logman.

Hawkens, I. &. (2013). Virtual laboratory vs. traditional laboratory: which is more effective for teaching electrochemistry? . Chemistry Education Research and Practice, 516-523.

Herga, N. R. (2016). Virtual laboratory in the roleof dynamic visualisation for better understanding of chemistry inprimary school. International Journal of Mathematics. Science & Technology education, 593-608.

Isdisusilo. (2012). Panduan Lengkap Menyusun Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Joni, R. (1983). Pengembangan Paket Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.

Kusumah. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Marlinda, H. &. (2016). Perbandingan Penggunaan Media Virtual Lab Simulasi PhET (Physics Education Tekhnology) dengan Metode Eksperimen Terhadap Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 69-82.

Martinez, e. a. (2003). stated that many research results show the advantages of virtual labs as a tool for students in independent learning to prepare for activities in a real laboratory. Departement of Organic Chemistry , 1.

Muladi, .. F. (2011). Virtual Biology Laboratory (Vlab-Bio) : Scenario Based Learni. ng Approach. Procedia social and behavioral sciences. Procedia social and behavior sciences, 65.

Mutveia, A. &. (2014). Big Ideas in Science Education in Teacher Training Program. Procedia social and Behavioral Sciences , 190 - 197.

Ngumpriyatin, N. (2016). Penggunaan metode talking ball untuk meningkatkan keterampilan bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 929-930.

Nurdyansyah, N. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Jurnal TEKPEN, 929-930.

Nurrokhmah & Sunarto, W. (2013). Pengaruh Penerapan Virtual Labs Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry in Education, 200-107.

Purnanto WA & Mustadi, A. (2016). Analisis Kelayakan Bahasa dalam Buku Teks Tema 1 Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 102-111.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Samsudi. (2009). Disain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Smaldino, S. E. (2012). Instructional Technology& Media For Learning. Jakarta: Kencana.

Smaldino, S. E. (2012). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Sony, S. (2014). Survey paper on virtual lab for e-Learners. International: International.

Strielkowski, W. (2020). COVID-19 pandemic and the digital revolution in academia and higher education. Preprints, 1 - 6.

Suryani, L. d. (2022). Pengembangan E-modul IPA Berbasis Science Process Skills dengan Tema Transportasi si-Hijau untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP Kelas VIII. Journal of Science Education, 322-330.

Thiagarajan, S. S. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Source Book. Bloomingtoon: Center For Innovation On Teaching The Handicapped.

Published
2023-09-01
How to Cite
Ridwan, M., Liska Berlian, & Adi Nestiadi. (2023). Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Virtual Laboratory Tema Bagaimana Tumbuhanku Bisa Hidup terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 611-621. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1087
Abstract viewed = 163 times
PDF downloaded = 96 times