Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 7-8 Tahun

Authors

  • Kornelina Goma Lewuk Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Hironimus Bao Wolo Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Yeremias Mamu Sare Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3388

Keywords:

Permainan Tradisional, Egrang Batok Kelapa, Motorik Kasar, Anak Usia 7–8 Tahun

Abstract

Permainan tradisional egrang batok kelapa merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang memiliki nilai edukatif, khususnya dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar anak. Permainan ini menuntut keseimbangan dan kontrol tubuh yang baik, sehingga diyakini dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan motorik kasar anak usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional egrang batok kelapa terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar anak usia 7–8 tahun di SDK Riangwulu. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimen, tipe one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDK Riangwulu yang berjumlah 21 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan Balance Test, selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung = 4,544 lebih besar dari t tabel = 2,085 dengan derajat kebebasan (df) = 20, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test, yang mengindikasikan bahwa permainan tradisional egrang batok kelapa berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar anak. Implikasi dari temuan ini bahwa permainan tradisional dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran dalam pendidikan jasmani yang menyenangkan sekaligus mendukung pelestarian budaya lokal. Oleh karena itu, guru pendidikan dasar dapat menerapkan permainan tradisional dalam pembelajarannya.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Awalunisah, S., Suwika, I. P., & Rahmatia, S. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak di Kelompok B TK Al-Khairaat Kaleke. Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah, 2, 68–77.

Fitri, N. I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Engrang Batok di Taman Kanak-Kanak Kasih Ibu Desa Kembang Sari Baru Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batang Hari. In Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini FakultasTarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thatha Saifuddin Jambi.

Juliyanti, J., Tohir, A., Anggraini, H., & Qomario, Q. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Padma Mandiri Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Journal Of Dehasen Educational Review, 187.

Jumawan, Wulandari, R. S., & Lestari, E. (2024). Stimulasi Perkembangan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Egrang Batok. Jurnal Mentari, 4(1), 21–29. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=oFbzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengetahuan+tradisional&ots=yEh9VwmTmQ&sig=aB5e778H6ZjUXdwcqQ93COlYg7w.

Kaoci, W., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional “Jalan Tempurung.” Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini P-ISSN. 2407-1064, 11.

Khomaria. (2024). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa. In Journal of Education Research.

Khomaria, L., Dwi, R., Chadra, A., Dewi, E. O., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pgri, U., Jember, A., Kunci, K., Kemampuan, :, Motorik, F., Kelapa, E. B., & Dini, A. U. (2024). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa. In Journal of Education Research.

Kinansih, A. R. (2022). Efektivitas Permainan Egrang Batok Kelapa Dalam Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup. 21–22.

Pamela, R. S., Daulay, N., & Pulungan, E. N. (2024). Penggunaan Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Ayuni Tembung. Jurnal Tarbiyahislamiyah, 9(3), 713–723.

Pasaribu, A. M. N. (2020). Tes dan Pengukuran Olahraga. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.

Rinasari, E. (2013). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Egrang Bathok Kelapa Pada Anak Kelompok B di TK ABA Banjarharjo II Kalibawang Kulon Progo. In Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Salanindah, R. A., Muslihin, H. Y., & Sianturi, R. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2452–2458.

Septian, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas V SDN 1 Walay Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe.

Winarno, M. E. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani (Vol. 2). Universitas Negeri Malang (UM Press).

Downloads

Published

2025-08-27