Meningkatkan Keterampilan Teknik Renang Gaya Dada melalui Metode Resiprokal Berbasis Drill pada Perenang Pemula
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3328Keywords:
Keterampilan Renang, Gaya Dada, Metode Resiprokal, Latihan Drill, Perenang PemulaAbstract
Penguasaan teknik renang gaya dada sering menjadi tantangan bagi perenang pemula karena memerlukan koordinasi kompleks antara gerakan tangan, kaki, dan pernapasan. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas metode resiprokal berbasis drill dalam meningkatkan keterampilan tersebut. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Olahraga model Kemmis dan McTaggart, dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing tiga pertemuan latihan dan satu evaluasi. Subjek penelitian adalah 8 perenang pemula Murakata Swimming Club Barabai yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterampilan teknik renang gaya dada dengan tujuh indikator, mengacu pada Tantri & Mashud (2023), telah diuji validitas isi oleh ahli renang dan reliabilitasnya memenuhi kriteria (>0,80). Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar (KKM ≥75, target ≥80% tuntas). Hasil menunjukkan peningkatan ketuntasan dari 37,5% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II, dengan rata-rata nilai meningkat dari 69,25 menjadi 80,62. Temuan ini menegaskan bahwa kombinasi drill repetitif dan umpan balik sejawat dalam metode resiprokal efektif mempercepat penguasaan teknik gaya dada. Penelitian selanjutnya disarankan melibatkan sampel lebih besar, desain eksperimen dengan kelompok kontrol, serta pengujian pada gaya renang lain untuk menguji konsistensi efektivitas metode resiprokal berbasis drill.
References
Agus, A. A. M., Kusuma, D. A., & Yulianto, P. F. (2023). Meningkatkan Ketepatan Passing Kaki Bagian Dalam Menggunakan Pembelajaran Drill Sepakbola Siswa SMA Negeri Colomadu. Jurnal Kreatif Olahraga, 1(1), 1–14.
Amana, A. I., Wahyudi, U., & Fitriady, G. (2023). Survei Kondisi Fisik Atlet Renang Kabupaten Tulungagung dan Kota Batu Tahun 2023. Sport-Mu Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(3), 13–27. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/sport-mu.v4i1.18798
Damarjati, M., & Saputra, S. A. (2024). Upaya Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Dada Menggunakan Metode Drill Bervariasi Pada Atlet Beginner Tirta Sani Gemilang Swimming Club. Jayabama: Jurnal Peminat Olahraga, 3(2), 70–82. https://doi.org/https://doi.org/10.6732/jayabama.v3i2.5251
Febriant, D., Rahmat, A., & Carsiwan. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Pada Pendidikan Jasmani (Systematic Literature Review). EDU RESEARCH, 5(2), 108–120. https://doi.org/https://doi.org/10.47827/jer.v5i2.180
Febrianti, A. T., Indah, E. P., & Rachman, A. (2024). Analisis Teknik Renang Gaya Dada Pada Atlet Pemula Tibra Banua Aquatik Club Kabupaten Banjar. Jurnal Educatio, 10(2), 560–567. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8869
Fontana, F. E., Mazzardo, O., Jr, ovande F., & Gallagher, J. D. (2009). Whole and part practice: a meta-analysis. Perceptual and Motor Skills, 109(2), 517–530. https://doi.org/10.2466/PMS.109.2.517-530
Hasanah, I., Rodi, S., & Tulungagung, I. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education : Journal of Science and Research, 2(2), 23–35. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225
Irwanto, E. (2017). Pengaruh Metode Resiprokal dan Latihan Drill Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 10–20. http://www.journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/570
Mashud. (2022). Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning Kelas Pendidikan Jasmani (PTK) & Kelas Olahraga (PTO). Zifatama Jawara.
Maulana, P. R., Rahmadi, R., & Syaripah, N. R. (2023). Gaya mengajar resiprokal dalam pembelajaran variasi lari pada siswa kelas IV-A SDN sungai jingah 5 banjarmasin. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 91. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16346
Musa, A., Pomatahu, A. R., Tumalota, E. H., Amri, M. F. L., & Ikhsan, H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Resirokal. Jambura Arena of Physical Education and Sports, 2(2), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/japes.v2i2.23990
Nughroho, F. A., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 137–142. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Pahleviannur, R. S. M., Mudrikah, S., Mulyono, H., Vidriana, B., & Rizqi, M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.
Purwanto, E. S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara.
Santana, I. (2022). Peningkatan Skills Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Reciprokal Teaching Pada Peserta Didik Kelas x Tav-1 SMK Negeri 2 Garut Tahun Pelajaran 2021/2022. VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(2), 194–203. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/vocational.v2i2.1253
Santoso, J. A., Wiranto, W., & Jusuf, J. B. K. (2024). Pengaruh Metode Part and Whole (PnW) terhadap Hasil Latihan Renang Gaya Bebas. In JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA (Vol. 14, Issue 2, pp. 93–104). STKIP Taman Siswa Bima. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i2.1682
Saputra, A., & Suryandi, L. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 198–206. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582
Shava, I., Kusuma, D. W. Y., & Rustiadi, T. (2017). Latihan Plyometrics dan Panjang Tungkai terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada Atlet Renang Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(3), 266–271. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes
Sistiasih, V. S. (2020). Peningkatan penguasaan teknik renang gaya dada dengan metode pembelajaran resiprokal. Jurnal Porkes, 3(1), 63–70. https://scholar.archive.org/work/6tk6vbdzfvbo7fdnrq7m5as2xe/access/wayback/http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/porkes/article/download/2201/pdf_33
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung Alfabeta.
Tantri, A., & Mashud. (2023). Tes dan Pengukuran Cabang Olahraga. Media Publikasi Kita.
Yahya, A. A., & Sufitriono, S. (2020). Pembelajaran Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa SMPN 2 Mare Kabupaten Bone. Jendela Olahraga, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4179
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.