Meningkatkan Keterampilan Teknik Renang Gaya Dada melalui Metode Resiprokal Berbasis Drill pada Perenang Pemula

Authors

  • Tri Anggara Atmaja Ning Tyas Program Magister Pendidikan Jasmani, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat
  • Mashud Program Magister Pendidikan Jasmani, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3328

Keywords:

Keterampilan Renang, Gaya Dada, Metode Resiprokal, Latihan Drill, Perenang Pemula

Abstract

Penguasaan teknik renang gaya dada sering menjadi tantangan bagi perenang pemula karena memerlukan koordinasi kompleks antara gerakan tangan, kaki, dan pernapasan. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas metode resiprokal berbasis drill dalam meningkatkan keterampilan tersebut. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Olahraga model Kemmis dan McTaggart, dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing tiga pertemuan latihan dan satu evaluasi. Subjek penelitian adalah 8 perenang pemula Murakata Swimming Club Barabai yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterampilan teknik renang gaya dada dengan tujuh indikator, mengacu pada Tantri & Mashud (2023), telah diuji validitas isi oleh ahli renang dan reliabilitasnya memenuhi kriteria (>0,80). Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar (KKM ≥75, target ≥80% tuntas). Hasil menunjukkan peningkatan ketuntasan dari 37,5% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II, dengan rata-rata nilai meningkat dari 69,25 menjadi 80,62. Temuan ini menegaskan bahwa kombinasi drill repetitif dan umpan balik sejawat dalam metode resiprokal efektif mempercepat penguasaan teknik gaya dada. Penelitian selanjutnya disarankan melibatkan sampel lebih besar, desain eksperimen dengan kelompok kontrol, serta pengujian pada gaya renang lain untuk menguji konsistensi efektivitas metode resiprokal berbasis drill.

References

Agus, A. A. M., Kusuma, D. A., & Yulianto, P. F. (2023). Meningkatkan Ketepatan Passing Kaki Bagian Dalam Menggunakan Pembelajaran Drill Sepakbola Siswa SMA Negeri Colomadu. Jurnal Kreatif Olahraga, 1(1), 1–14.

Amana, A. I., Wahyudi, U., & Fitriady, G. (2023). Survei Kondisi Fisik Atlet Renang Kabupaten Tulungagung dan Kota Batu Tahun 2023. Sport-Mu Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(3), 13–27. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/sport-mu.v4i1.18798

Damarjati, M., & Saputra, S. A. (2024). Upaya Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Dada Menggunakan Metode Drill Bervariasi Pada Atlet Beginner Tirta Sani Gemilang Swimming Club. Jayabama: Jurnal Peminat Olahraga, 3(2), 70–82. https://doi.org/https://doi.org/10.6732/jayabama.v3i2.5251

Febriant, D., Rahmat, A., & Carsiwan. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Pada Pendidikan Jasmani (Systematic Literature Review). EDU RESEARCH, 5(2), 108–120. https://doi.org/https://doi.org/10.47827/jer.v5i2.180

Febrianti, A. T., Indah, E. P., & Rachman, A. (2024). Analisis Teknik Renang Gaya Dada Pada Atlet Pemula Tibra Banua Aquatik Club Kabupaten Banjar. Jurnal Educatio, 10(2), 560–567. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8869

Fontana, F. E., Mazzardo, O., Jr, ovande F., & Gallagher, J. D. (2009). Whole and part practice: a meta-analysis. Perceptual and Motor Skills, 109(2), 517–530. https://doi.org/10.2466/PMS.109.2.517-530

Hasanah, I., Rodi, S., & Tulungagung, I. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education : Journal of Science and Research, 2(2), 23–35. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225

Irwanto, E. (2017). Pengaruh Metode Resiprokal dan Latihan Drill Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 10–20. http://www.journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/570

Mashud. (2022). Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning Kelas Pendidikan Jasmani (PTK) & Kelas Olahraga (PTO). Zifatama Jawara.

Maulana, P. R., Rahmadi, R., & Syaripah, N. R. (2023). Gaya mengajar resiprokal dalam pembelajaran variasi lari pada siswa kelas IV-A SDN sungai jingah 5 banjarmasin. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 91. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16346

Musa, A., Pomatahu, A. R., Tumalota, E. H., Amri, M. F. L., & Ikhsan, H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Resirokal. Jambura Arena of Physical Education and Sports, 2(2), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/japes.v2i2.23990

Nughroho, F. A., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 137–142. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Pahleviannur, R. S. M., Mudrikah, S., Mulyono, H., Vidriana, B., & Rizqi, M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.

Purwanto, E. S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara.

Santana, I. (2022). Peningkatan Skills Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Reciprokal Teaching Pada Peserta Didik Kelas x Tav-1 SMK Negeri 2 Garut Tahun Pelajaran 2021/2022. VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(2), 194–203. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/vocational.v2i2.1253

Santoso, J. A., Wiranto, W., & Jusuf, J. B. K. (2024). Pengaruh Metode Part and Whole (PnW) terhadap Hasil Latihan Renang Gaya Bebas. In JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA (Vol. 14, Issue 2, pp. 93–104). STKIP Taman Siswa Bima. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i2.1682

Saputra, A., & Suryandi, L. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 198–206. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582

Shava, I., Kusuma, D. W. Y., & Rustiadi, T. (2017). Latihan Plyometrics dan Panjang Tungkai terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada Atlet Renang Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(3), 266–271. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes

Sistiasih, V. S. (2020). Peningkatan penguasaan teknik renang gaya dada dengan metode pembelajaran resiprokal. Jurnal Porkes, 3(1), 63–70. https://scholar.archive.org/work/6tk6vbdzfvbo7fdnrq7m5as2xe/access/wayback/http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/porkes/article/download/2201/pdf_33

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung Alfabeta.

Tantri, A., & Mashud. (2023). Tes dan Pengukuran Cabang Olahraga. Media Publikasi Kita.

Yahya, A. A., & Sufitriono, S. (2020). Pembelajaran Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa SMPN 2 Mare Kabupaten Bone. Jendela Olahraga, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4179

Downloads

Published

2025-08-28