Meningkatkan Kemampuan Passing Kaki Bagian Dalam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3327Keywords:
Meningkatkan Passing, Kaki Bagian Dalam, Kooperatif TGT, Siswa SMPAbstract
Penguasaan teknik passing dalam sepak bola menjadi keterampilan dasar yang penting dikuasai siswa SMP untuk membangun kerja sama tim dan efektivitas permainan. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan keterampilan passing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Hulu Sungai Tengah. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, melibatkan 22 siswa. Instrumen meliputi lembar observasi keterampilan dan tes pengetahuan yang diadaptasi dari Makmur (2020), divalidasi oleh ahli PJOK dan memiliki reliabilitas tinggi (r > 0,80). Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan persentase ketuntasan belajar (KKM ≥70, target ≥75%). Hasil menunjukkan peningkatan ketuntasan keterampilan dari 41% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II, serta pengetahuan dari 55% menjadi 82%. Temuan ini menegaskan bahwa model TGT mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kompetitif, dan menyenangkan sehingga mendorong penguasaan teknik sekaligus pemahaman konsep permainan. Secara praktis, hasil ini memberikan alternatif strategi pembelajaran PJOK yang dapat diimplementasikan guru untuk mengoptimalkan hasil belajar teknik dasar sepak bola. Penelitian lanjutan disarankan melibatkan sampel lebih luas dan menguji efektivitas TGT pada keterampilan olahraga lain.
References
Aldiansah, R., Fauzi, R. A., Ayudia, T., Kurnia, M. A., Suryani, K., Hamzah, R. M., & Fadhilah, M. Y. (2025). Pendidikan jasmani mengembangkan karakter dan keterampilan sosial siswa. Jurnal Performa Olahraga, 10(1), 44–50. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpo721019
Budi, D. R., Qohhar, W., Pazriansyah, D., Syafei, M., Kusnandar, K., Nurcahyo, P. J., Listiandi, A. D., Khan, M. A., & Estrella, E. O. (2025). The effect of Teams Games Tournament ( TGT ) cooperative learning model toward the improvement of football learning outcome. Retos, 67, 235–243. https://doi.org/https://doi.org/10.47197/retos.v67.108 232
Casey, A., & Goodyear, V. A. (2015). Can Cooperative Learning Achieve the Four Learning Outcomes of Physical Education? A Review of Literature. Quest, 67(1), 56–72. https://doi.org/10.1080/00336297.2014.984733
Gutawa Arda Wisnu, K. F. R. (2022). Analisis Teknik Dasar Sepak Bola Pada Anak Usia Dini Pada Siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Kecamtan Kunjang Kabupaten Kediri. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(1), 183–190. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/46420/39208
Hanafi, C. M., Kurniawan, W. P., Weda, & Putra, R. P. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola. In Journal of Physical Activity and Sports (JPAS) (Vol. 5, Issue 1, pp. 11–18). YLPK Mahardhika. https://doi.org/10.53869/jpas.v5i1.214
Hariatmoko, C. T., Komarudin, Alim, A., Wisnu, D., & Yulianto, W. D. (2023). The Effect of Playing Method and Cooperative Learning Method of Team Games Tournament Type on Learning Outcomes of Passing and Shooting Skills in Football Games. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 06(10), 4687–4693. https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i10-20
Makmur, I. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepakbola Melalui Variasi Bermain Pada Siswa kelas VIII MTs No 32 Lamasi. Universitas Muhammadiyah PALOPO.
Mashud. (2022). Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning Kelas Pendidikan Jasmani (PTK) & Kelas Olahraga (PTO). Zifatama Jawara.
Novion, Z. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menganalisis Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Sepak Bola. Journal Sport Area, 3(1), 87. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1412
Pahleviannur, R. S. M., Mudrikah, S., Mulyono, H., Vidriana, B., & Rizqi, M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.
Pokhrel, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Sepakbola Passing Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT Learning ICT. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1008–1020. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16670
Purwanto, E. S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara.
Putra, B. U., & Indahwati, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah dan Passing Atas Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(1), 15–18.
Putra, S. A., Budiana, D., & Rahmat, A. (2017). Application of Teams Games Tournament (TGT) Type Teaching Model in Efforts to Improve Playing Skills in Futsal Game Learning Activity. In Proceedings Ofthe 2nd International Conference on Sports Science, Health and Physical Education (ICSSHPE 2017), 2, 319–322. https://doi.org/10.5220/0007071708380841
Satriawan, K. B. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tps Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Sepakbola. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 40–48. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12621
Setyawan, H., & Sulistyo, Y. W. (2019). Pengaruh Modifikasi Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepakbola. Bravo’s Jurnal, 7(1), 38–49.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Eureka Media Aksara.
Utami, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa Sma. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 3(2), 81. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2597
UURI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yang, C., Chen, R., Chen, X., & Lu, K. H. (2021). The Efficiency of Cooperative Learning in Physical Education on the Learning of Action Skills and Learning Motivation. Frontiers in Psychology, 12(October), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.717528
Zuhroh, H. K., Sunanto, Hidayat, M. T., & Rulyansyah, A. (2024). Peran Guru PJOK dalam Mengatasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi yang Hiperaktif. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 524–245. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.10377
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.