Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Keterampilan Roll Depan pada Siswa Kelas IV SDN Cibalagung
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3315Keywords:
Notivasi Belajar, Kepercayaan Diri, Keterampilan Roll DepanAbstract
Kemampuan siswa yang rendah dalam melakukan roll depan sering kali disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar dan kepercayaan diri, dua faktor psikologis penting yang memengaruhi penguasaan keterampilan motorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kepercayaan diri dengan kemampuan melakukan roll depan pada siswa Kelas 4 SDN Cibalagung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara acak sederhana. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tes keterampilan roll depan, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman's rho dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan keterampilan roll depan (ρ = 0,918; p < 0,001) dan antara kepercayaan diri dengan keterampilan roll depan (ρ = 0,921; p < 0,001). Namun, hanya motivasi belajar yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan roll depan (β = 0,514; p < 0,001), sedangkan kepercayaan diri tidak (p = 0,475). Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh dominan terhadap keterampilan roll depan, sementara kepercayaan diri memainkan peran pendukung.
References
Afifah, A., Hamidah, D., & Burhani, I. (2019). Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Antara Kelas Homogen dengan Kelas Heterogen di Sekolah Menengah Atas. 97.
Djoko Nugroho, Danang Eko Sutrisno, Iddo Christiana, Andi Karima, Andi Prasetyo, Dwi Wulansari, Rizki Raihan Syuhada, & Sri Utami Wulandari. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Senam Lantai Guling Depan Menggunakan Media Bantu matras Bidang Miring Pada Siswa Kelas XI AKL 2 SMK N 6 Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 2(3), 29–41. https://doi.org/10.59024/jipa.v2i3.720
Dzikri Muhammad Firdaus, Z. Arifin, & Azhar Ramadhana Sonjaya. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerakan Roll Depan. 26–34.
Fitria, S., Wihartati, W., & Rochmawati, N. (2023). Hubungan antara Kelekatan pada Orang Tua dan Kemandirian dengan Kepercayaan Diri Remaja Pendahuluan. 1, 13–28.
Hasni, H., Jusuf, J. B. K., & Santoso, J. A. (2024). Hubungan antara Percaya Diri dengan Hasil Belajar Guling Depan Siswa SD. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(3), 169–176. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i3.1670
Ishom, M., Muzakki1, K., Kusuma Prastiwi, B., & Hudah, D. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Senam Lantai Roll Depan Siswa Kelas Atas SD Sarirejo 03 Pati pada Pembelajaran PJOK Daring. Jurnal Spirit Edukasia, 02(01), 204–215.
Mahmudah, I., & Darmawan, A. (2023). Survei Tingkat Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Se-Dabin Talang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2021/2022. 4, 29–36.
Muthi’ah, H. R., & Isroah. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar, dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar.
Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Pradja, N. S., & Tresnawati, N. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 14(02), 54–59. https://doi.org/10.25134/equi.v14i02.1128
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2(1), 1–8.
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) dan Perkembangannya pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Ramadani, A. P., Sumantri, M. S., & Zakiah, L. (2023). Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4478–4485. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1056
Rina Aristiani. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.4018/978-1-59140-588-7.ch009
Ruslan, M. S. H. (2021). Penerapan Metode Bermain dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan (Forward Roll). February. https://doi.org/10.31851/hon.v2i1.2461
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.