Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Keterampilan Roll Depan pada Siswa Kelas IV SDN Cibalagung

Authors

  • Sri Mulyani Universitas Suryakancana
  • Firdaus Hendry Prabowo Yudho Universitas Suryakancana
  • Muhamad Guntur Gaos Sungkawa Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3315

Keywords:

Notivasi Belajar, Kepercayaan Diri, Keterampilan Roll Depan

Abstract

Kemampuan siswa yang rendah dalam melakukan roll depan sering kali disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar dan kepercayaan diri, dua faktor psikologis penting yang memengaruhi penguasaan keterampilan motorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kepercayaan diri dengan kemampuan melakukan roll depan pada siswa Kelas 4 SDN Cibalagung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara acak sederhana. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tes keterampilan roll depan, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman's rho dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan keterampilan roll depan (ρ = 0,918; p < 0,001) dan antara kepercayaan diri dengan keterampilan roll depan (ρ = 0,921; p < 0,001). Namun, hanya motivasi belajar yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan roll depan (β = 0,514; p < 0,001), sedangkan kepercayaan diri tidak (p = 0,475). Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh dominan terhadap keterampilan roll depan, sementara kepercayaan diri memainkan peran pendukung.

References

Afifah, A., Hamidah, D., & Burhani, I. (2019). Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Antara Kelas Homogen dengan Kelas Heterogen di Sekolah Menengah Atas. 97.

Djoko Nugroho, Danang Eko Sutrisno, Iddo Christiana, Andi Karima, Andi Prasetyo, Dwi Wulansari, Rizki Raihan Syuhada, & Sri Utami Wulandari. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Senam Lantai Guling Depan Menggunakan Media Bantu matras Bidang Miring Pada Siswa Kelas XI AKL 2 SMK N 6 Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 2(3), 29–41. https://doi.org/10.59024/jipa.v2i3.720

Dzikri Muhammad Firdaus, Z. Arifin, & Azhar Ramadhana Sonjaya. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerakan Roll Depan. 26–34.

Fitria, S., Wihartati, W., & Rochmawati, N. (2023). Hubungan antara Kelekatan pada Orang Tua dan Kemandirian dengan Kepercayaan Diri Remaja Pendahuluan. 1, 13–28.

Hasni, H., Jusuf, J. B. K., & Santoso, J. A. (2024). Hubungan antara Percaya Diri dengan Hasil Belajar Guling Depan Siswa SD. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(3), 169–176. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i3.1670

Ishom, M., Muzakki1, K., Kusuma Prastiwi, B., & Hudah, D. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Senam Lantai Roll Depan Siswa Kelas Atas SD Sarirejo 03 Pati pada Pembelajaran PJOK Daring. Jurnal Spirit Edukasia, 02(01), 204–215.

Mahmudah, I., & Darmawan, A. (2023). Survei Tingkat Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Se-Dabin Talang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2021/2022. 4, 29–36.

Muthi’ah, H. R., & Isroah. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar, dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar.

Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Pradja, N. S., & Tresnawati, N. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 14(02), 54–59. https://doi.org/10.25134/equi.v14i02.1128

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2(1), 1–8.

Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) dan Perkembangannya pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935

Ramadani, A. P., Sumantri, M. S., & Zakiah, L. (2023). Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4478–4485. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1056

Rina Aristiani. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.4018/978-1-59140-588-7.ch009

Ruslan, M. S. H. (2021). Penerapan Metode Bermain dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan (Forward Roll). February. https://doi.org/10.31851/hon.v2i1.2461

Downloads

Published

2025-08-12