Peningkatan Gerak Lokomotor, Non-Lokomotor dan Manipulatif melalui Metode Play and Games pada Siswa Kelas MI
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3298Keywords:
Lokomotor, Non-Lokomotor, Manipulatif, Metode Play and GamesAbstract
Hasil observasi pembelajaran PJOK pada gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulaitf siswa cenderung rendah dan masih kategori sangat kurang sekali hingga kurang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dengan menerapkan permainan Play and Game pada siswa kelas IV MI Kalipare. Metode yang diunakan pada penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Studi ini melibatkan 42 siswa kelas IV di MI Kalipare, yang terdiri dari 18 laki-laki dan 24 perempuan. Hasil pembelajaran dari aspek keterampilan dengan menerapkan metode Play and Games dengan permainan Dodgeball dan permainan Tag pada siklus I menunjukkan siswa-siswi mengalami peningkatan dengan 55,8% siswa tuntas (cukup-baik sekali) dan 45,2% masih belum tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan tes keterampilan tuntas dengan 37 siswa sudah lulus KKM atau tuntas dengan persentase 88%. Kesimpulan penelitian ini dengan menerapkan metode Play and Games dapat meningkatkan gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif.
References
As Sidiq, U. A., & Sumantri, R. J. (2025). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 15(1), 22–26. https://doi.org/10.37630/jpo.v15i1.2542
Chaput, J. P., Willumsen, J., Bull, F., Chou, R., Ekelund, U., Firth, J., Jago, R., Ortega, F. B., & Katzmarzyk, P. T. (2020). 2020 WHO guidelines on physical activity and sedentary behaviour for children and adolescents aged 5–17 years: summary of the evidence. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 17(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12966-020-01037-z
de Bruijn, A. G. M., Mombarg, R., & Timmermans, A. C. (2022). The importance of satisfying children’s basic psychological needs in primary school physical education for PE-motivation, and its relations with fundamental motor and PE-related skills. Physical Education and Sport Pedagogy, 27(4), 422–439. https://doi.org/10.1080/17408989.2021.1906217
Diana Puspitasari, Sasminta Christina Yuli Hartati, & Nasikin. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Motorik Melalui Penerapan Pendekatan Bermain. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 100–106. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.307
DiPietro, L., Al-Ansari, S. S., Biddle, S. J. H., Borodulin, K., Bull, F. C., Buman, M. P., Cardon, G., Carty, C., Chaput, J. P., Chastin, S., Chou, R., Dempsey, P. C., Ekelund, U., Firth, J., Friedenreich, C. M., Garcia, L., Gichu, M., Jago, R., Katzmarzyk, P. T., … Willumsen, J. F. (2020). Advancing the global physical activity agenda: recommendations for future research by the 2020 WHO physical activity and sedentary behavior guidelines development group. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 17(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12966-020-01042-2
Fadlan, M. N., Dwi, D. F., Anshor, A. S., & Landong, A. (2023). Improving Basic Locomotor Movement Skills in Elementary School Students Through an Active Learning Approach Based on Traditional Games. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 6(2), 229–238. https://doi.org/10.24256/pijies.v6i2.4319
Hidayat, L., Nidomuddin, M., Mushofi, Y., & Agyanur, S. (2024). Penerapan Permainan Tradisional Bola Kasti terhadap Gerak Manipulatif Siswa Kelas IV SD. 12(3), 262–272.
Masrun, Khairuddin, Umar, & Yauma, V. (2023). Implementation of fun game training model toward improving kids locomotor movement and concentration. Journal of Physical Education and Sport, 23(12), 3364–3370. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.12385
Moghaddaszadeh, A., & Belcastr, A. N. (2021). Guided active play promotes physical activity and improves fundamental motor skills for school-aged children. Journal of Sports Science and Medicine, 20(1), 86–93. https://doi.org/10.52082/jssm.2021.86
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133
Nurhayati, F., Tuasikal, A. R. S., Nurhasan, Muhammad, H. N., Kartiko, D. C., Agyanur, S., & Pranoto, A. (2025). Analysis of TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) ability Physical Education teacher’s. Retos, 66, 976–985. https://doi.org/10.47197/retos.v66.113010
Opstoel, K., Chapelle, L., Prins, F. J., De Meester, A., Haerens, L., van Tartwijk, J., & De Martelaer, K. (2020). Personal and social development in physical education and sports: A review study. European Physical Education Review, 26(4), 797–813. https://doi.org/10.1177/1356336X19882054
Pratama, Y., Triari, I., Wardana, K., Raka, T., Amirunni, N., Fahmi, R. A., Kirana, S. H., & Bekti, R. A. (2025). Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor , Non Lokomotor , dan Manipulatif Melalui Permainan Kasti pada Siswa Kelas V SDN Banjaran 1 Kota Kediri Improving Locomotor , Non-Locomotor , and Manipulative Movement Skills Through Rounders Game in Fifth-Grade S. 3(01), 55–64.
Purohman, S. P. (2011). Classroom Action Research Alternative Research Activity for Teachers. Research Gate, June, 1–9. https://www.researchgate.net/publication/326083037%0AClassroom
Ristamida, N., Mubarroh, A., Wibowo, S., & Zakaria, M. R. I. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbeasis Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Lokomotor Application of Game-Based Learning to Improve Student Learning Outcomes on Locomotor Movement. September, 5708–5718.
Sari, E. Fi. N., Siregar, N. M., Aini, I. N., & Mitsalina, D. (2023). Permainan Bilangan untuk Peningkatan 8 Gerak Dasar Lokomotor Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3437–3448. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4553
Schmutz, E. A., Leeger-Aschmann, C. S., Kakebeeke, T. H., Zysset, A. E., Messerli-Bürgy, N., Stülb, K., Arhab, A., Meyer, A. H., Munsch, S., Puder, J. J., Jenni, O. G., & Kriemler, S. (2020). Motor Competence and Physical Activity in Early Childhood: Stability and Relationship. Frontiers in Public Health, 8(February), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpubh.2020.00039
Selfina Maharani, R. A., Susanti, S., Novianti Ramadhani, P., & Damariswara, R. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Guru PJOK Sebelum dan Sesudah Pandemi di SD Negeri 5 Besole, Besuki, Tulungagung. Wahana, 74(1), 95–104. https://doi.org/10.36456/wahana.v74i1.5890
Setiawan, M. F. M., Carsiwan, C., Al Ghazala, M. D. A., & Rahmadayanti, R. S. (2025). Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga, 15(2), 81–91. https://doi.org/10.37630/jpo.v15i2.2616
Shandi, S. A. (2019). Analisis Gerak Motorik Kasar Pada Permainan Lompat Tali Terhadap Prestasi Siswa Putra Dalam Lompat Jauh Pada Kelas Viii Smp Negeri 2 Palibelo. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 46–53. https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12301
Shi, P., & Feng, X. (2022). Motor skills and cognitive benefits in children and adolescents: Relationship, mechanism and perspectives. Frontiers in Psychology, 13(November), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1017825
Shiver, B. V. N., Richards, K. A. R., Hemphill, M. A., Richards, R., & Preservice, M. A. (2020). Physical Education and Sport Pedagogy, 25 (3), 303-315.
Suryadi, D., Nasrulloh, A., Yanti, N., Ramli, Fauzan, L. A., Kushartanti, B. M. W., Sumaryanti, Suhartini, B., Budayati, E. S., Arovah, N. I., Mashud, Suganda, M. A., Sumaryanto, Sutapa, P., bin Abdullah, N. M., & Fauziah, E. (2024). Stimulation of motor skills through game models in early childhood and elementary school students: systematic review in Indonesia. Retos, 51, 1255–1261. https://doi.org/10.47197/RETOS.V51.101743
Tahir, S. Z. bin. (2020). Early childhood learning. 148(2), 148–162.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.