Pengaruh Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Atas Tim Bolavoli Putra MI Ma’arif NU Karangasem

Authors

  • Ahmad Musalim Rido Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Alfiah Rizqi Azizah Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Riyan Jaya Sumantri Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3297

Keywords:

Tutor Sebaya, Passing Atas, Bolavoli, AAHPER, Siswa sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan passing atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas V MI Ma’arif NU Karangasem, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan passing atas yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas V sebagai peserta dan enam siswa kelas VI sebagai tutor sebaya. Perlakuan diberikan selama 12 kali pertemuan dalam pembelajaran PJOK. Tes yang di gunakan untuk mengukur kemampuan passing atas bolavoli pada siswa adalah AAHPER face-wall volley test. Data dikumpulkan melalui tes praktik sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian di analisis menggunakan Microsoft Excel. Analisis data mencakup perhitungan nilai rata-rata, gain score, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata meningkat dari 4,08 (pretest) menjadi 6,75 (posttest), dengan gain score rata-rata sebesar 2,67 poin dan persentase peningkatan sebesar 85%. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar p = 0,0246, yang menandakan bahwa pendekatan yang digunakan memberikan efek signifikan terhadap peningkatan kemampuan passing atas siswa. Kesimpulannya adalah metode tutor sebaya terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan passing atas bolavoli pada siswa di MI Ma’arif NU Karangasem.

References

Azzahra, Vania Aurellia, Dinda Ayu Lestari, Syahwa Ananda Aulia, Maulida Aldora, Burhan Hambali, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2024. “Jenis Jenis Aktivitas Dalam Pendidikan Jasmani.” 24(2):56–65.

Bola, Bawah, Situasi Covid, Ervan Kastrena, Edi Setiawan, Ihsan Abdul Patah, and Lutfi Nur. 2024. “Indonesian Journal of Primary Education Pembelajaran Peer Teaching Indonesian Journal of Primary Education Pembelajaran Peer Teaching Berbasis Zoom Video Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Saat Situasi Covid 19.” (July 2020). doi: 10.17509/ijpe.v4i1.

Bumburo, Bandung, Saharuddin Ita, Tery Wanena, Yos Wandik, and Miftah Fariz Prima. 2023. “Permainan Bolavoli : Sebuah Tinjauan Konseptual Volleyball Game : A Conceptual Overview.” 22(4):38–44.

Dogho, Stefanus, Bernabas Wani, and Robertus Lili Bile. 2021. “PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN PASSING ATAS PERMAINAN BOLAVOLI.”

Etikan, Ilker, Sulaiman Abubakar Musa, and Rukayya Sunusi Alkassim. 2016. “Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling.” 5(1):1–4. doi: 10.11648/j.ajtas.20160501.11.

Hermawan, Deden. 2025. “Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Atas Permainan Bolavoli Melalui Tutor Sebaya.” 2(4):485–91.

Indonesia, Kebudayaan Republik. 2021. “PEMBELAJARAN GERAK DALAM PENDIDIKAN JASMANI.” 2:219–28. doi: 10.5281/zenodo.5233331.

Irwanto, Edi. 2021. “Buku Ajar Bolavoli; Sejarah,Teknik Dasar, Strategi, Peraturan Dan Perwasitan.” K-Media 1–117.

Jumlah, Perbedaan, Jam Terapi, and Applied Behaviour. 2022. “Jurnal Jendela Pendidikan.” 2(03):379–87.

Metode, Pengaruh, Pembelajaran Tutor, Fakultas Ilmu Olahraga, and Universitas Negeri Surabaya. n.d. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI Ade Tony Hendriawan *, Nanik Indahwati.” 143–46.

Najib, Ahmad, and Andi Umar Abadi. 2022. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL TERHADAP PENGOLAHAN DATA PENELITIAN MAHASISWA UIN ALAUDDIN MAKASSAR.” 1:191–99.

Pembelajaran, Model, Problem Based, Learning Terhadap, Kemampuan Berpikir, and Kritis Dalam. 2022. “DESAIN KUASI EKSPERIMEN DALAM PENDIDIKAN : LITERATUR.” 8(3):2476–82. doi: 10.36312/jime.v8i3.3800/http.

Pendidikan, Jurnal Pemikiran, and Pinton Setya Mustafa. 2022. “Statistika Inferensial Meliputi Uji Beda Dalam Pendidikan Jasmani : Sebuah Tinjauan.” 28(2):71–85. doi: 10.30587/didaktika.v28i2(1).4166.

Penelitian, Jurnal, and Ilmu Pendidikan. 2025. “Uji T-Student Dua Sampel Saling Berpasangan/Dependend ( Paired Sample t – Test ).” 4:568–76.

Perpustakaan, Prodi Ilmu, Fakultas Adab, U. I. N. Sunan, and Kalijaga Yogyakarta. 2021. “STATISTIKA DESKRIPTIF SEBAGAI KUMPULAN INFORMASI.” 16(1):40–59.

Psikologi, Fakultas, and Universitas Gadjah Mada. 2019. “Rancangan Eksperimen-Kuasi Quasi-Experimental Design.” 27(2):187–203. doi: 10.22146/buletinpsikologi.38619.

Rahman, Abdul, and Said Fachry. 2021. “Analisis Data Penelitian Menggunakan Perangkat Lunak Excel.” 1(2).

Rosmaini, Elly. 2016. “BELAJAR OLAH DATA Dengan SPSS, MINITAB, R, MICROSOFT EXCEL, EVIEWS, LISREL, AMOS, dan SMARTPLS.”

Sari, Yayang Yulia, Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, Fakultas Ilmu, Keolahragaan Universitas, and Negeri Padang. 2024. “PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR.” 6(2):478–88.

Waruwu, Marinu, Siti Natijatul, Patrisia Rahayu Utami, and Elli Yanti. 2025. “Metode Penelitian Kuantitatif : Konsep , Jenis , Tahapan Dan Kelebihan.” 10:917–32.

Downloads

Published

2025-08-02