Pengembangan Alat Peraga Edukatif “Locomotion Leader” Gerak Dasar pada Siswa Kelas I SD

Authors

  • Feri Budi Setyawan Universitas Ahmad Dahlan
  • Novika Putri Romadhoni Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3274

Keywords:

Alat Peraga Edukatif, Gerak Dasar Lokomotor, Siswa SD

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang menarik bagi siswa kelas I SD sering menjadi permasalahan dalam penyampaian materi gerak dasar lokomotor dengan baik. Untuk mengatasi kendala tersebut, maka dikembangkan alat peraga edukatif “Locomotion Leader” sebagai alternatif dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan lebih interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tahapan dalam meningkatkan serta mengetahui kualitas alat peraga edukatif “Locomotion Leader” menurut para ahli, respon guru, dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari para ahli, seorang guru PJOK, dan 27 siswa kelas I SD Negeri 2 Sanden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Alat peraga edukatif “Locomotion Leader” berhasil dikembangkan berdasarkan model ADDIE; (2) Hasil penilaian kualitas media oleh para ahli mencakup nilai 92 dari ahli media “Sangat Baik”, 92 dari ahli materi “Sangat Baik”, dan 80 dari ahli pembelajaran “Baik”; (3) Penilaian dari guru memperoleh nilai 94 dengan kategori “Sangat Baik”; (4) Penilaian dari respon siswa memperoleh nilai 89,3 dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat peraga edukatif “Locomotion Leader” mempunyai kualitas yang sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran tentang materi gerak dasar lokomotor.

References

Azis, P. A., Trisna Rahayu, E., Kurniawan, F., Keguruan, F., Pendidikan, I., Singaperbangsa, U., & Abstract, K. (2022). Upaya Meningkatkan Gerak Lokomotor Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Pembelajaran Atletik Melalui Metode Bermain. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 464–471. https://doi.org/10.5281/zenodo.7052145

Nadianti, R. M., Ardiyanto, A., & Artharina, F. P. (2023). Analisis Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Siswa SD Negeri Sawah Besar 01. Wawasan Pendidikan, 3(2), 716–724.

Sa’diyah, H., Alfiyah, H. Y., AR, Z. T., & Nasaruddin, N. (2020). Model Research and Development dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 10(1), 42–73. https://doi.org/10.54180/elbanat.2020.10.1.42-73

Surya, S., Bachtiar, M. Y., Herlina, H., & Saodi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Edukatif Puzzle Dari Daur Ulang Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 43–53. https://doi.org/10.23960/jpa.v7n2.22750

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Downloads

Published

2025-08-22