Pengaruh Pembelajaran Olahraga Tradisional terhadap Peningkatan Life Skill Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3219Keywords:
Olahraga Tradisional, Life Skill, Pembelajaran, MahasiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran olahraga tradisional berdampak pada kemampuan hidup yang lebih baik yang dimiliki siswa. Kegiatan olahraga tradisional seperti hadang, tarik tambang, dan tarompah panjang tidak hanya berfungsi sebagai latihan fisik, tetapi juga membantu Anda belajar keterampilan hidup seperti bekerja sama, berkomunikasi, mengambil keputusan, dan berkomunikasi dengan orang lain. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan desain eksperimen semu (quasi experiment) dengan satu grup pre-test dan post-test. Terdapat tiga puluh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Suryakancana yang berpartisipasi dalam sampel, yang dilatih dengan metode olahraga konvensional. Angket Life Skills Scale for Sport (LSSS) adalah alat yang digunakan. Nilai post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test, menurut hasil analisis. Nilai signifikansi (p) sebesar 0,001 < 0,05 dihasilkan dari uji sampel t-pair, yang menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Olahraga tradisional dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan hidup mahasiswa di perguruan tinggi, dengan nilai korelasi sebesar 0,592 pada penelitian ini menunjukan hubungan yang kuat antara pembelajaran olahraga tradisional dan peningkatan life skill.
References
Afryapollo, M. 2024. “Mengoptimalkan Bonus Demografi: Peluang Dan Tantangan Bagi Tenaga Kerja Indonesia.” Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia 13(2):35–43.
Bima Setia Indrajati, Gatot Darmawan. 2018. “PENERAPAN PENDEKATAN TAKTIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHOOTING DALAM SEPAK BOLA Bima Setia Indrajati *, Gatot Darmawan.” Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 1–4.
Falikhah, Nur. 2017. “Bonus Demografi Peluang Dan Tantangan Bagi Indonesia.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 16(32):123–28. doi: 10.18592/alhadharah.v16i32.1992.
Helvana, Nova, and Syarip Hidayat. 2020. “Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Karakter Anak.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(2):253–60. doi: 10.17509/pedadidaktika.v7i2.25623.
Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, and Novi Hendri Adi. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2):3011–24. doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.
Juhrodin. 2024. “Pembelajaran Olahraga Tradisional Berbasis Life Skills Dalam Rangka Positive Youth Development (PYD).” Jurnal of S.P.O.R.T 8(1):420–35.
Pratiwi, Ii Tiara, Zetra Hainul Putra, Agus Prima Aspa, and Siti Maesaroh. 2025. “Permainan Olahraga Tradisional Statak Sebagai Katalis Pembentukan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SDN 192 Pekanbaru.” Journal of Citizen Research and Development 2(1):754–59. doi: 10.57235/jcrd.v2i1.5042.
Retno Anisa Larasati. 2025. “Life Skills Sebagai Bekal Masa Depan.” Jurnal Penelitian Multidisipilin 19(1):1–22.
Syahputra, M. Afrillyan Dwi. 2022. “Pentingnya Pendekatan Interpersonal Skills Untuk Mengembangkan Hard Skill & Soft Skill Pada Mahasiswa.” JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah 1(2):82–90. doi: 10.22437/jejak.v1i2.16320.
Yuliawati. 2022. “PENGEMBANGAN LIFE SKILLS MELALUI OLAHRAGA TAEKWONDO.” UPI 19(1):1–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.