Metode Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani: Systematic Literature Review

Authors

  • Ayu Oktolita Pertiwi Universitas Lambung Mangkurat
  • Mashud Mashud Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3053

Keywords:

Pendidikan Jasmani, Minat Belajar, Metode Belajar Inovatif

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMA. Minat belajar merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan efektivitas proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), Dalam PJOK, minat tidak hanya melibatkan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik, siswa yang berminat tinggi siswa cenderung terlibat dalam setiap aktivitas gerak yang akan dicapai. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara sistematis berbagai metode pembelajaran yang telah terbukti meningkatkan minat belajar siswa, baik dalam konteks pembelajaran PJOK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PICO (Population, Intervention, Comparison, Outcome) dan penyaringan menggunakan diagram alir PRISMA. Artikel dikumpulkan melalui mesin pencari data Google Scholar, menggunakan kata kunci seperti minat belajar siswa dan metode pembelajaran inovatif. Dari 150 artikel awal, sebanyak enam artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran seperti Model pembelajaran yang digunakan antara lain: Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw (Jointly Investigating Strategies Guiding Our Success), Video Interaktif, Project Based Learning, Media Pembelajaran Interaktif, Personalized System for Instruction (PSI) secara signifikan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi interaktif dan pendekatan yang mengutamakan partisipasi aktif siswa berkontribusi signifikan pada peningkatan kualitas pembelajaran PJOK di era digital.

References

BRUNER, J. S. (2019). The Process of Education. In The Process of Education. https://doi.org/10.2307/j.ctvk12qst

Frandsen, T. F., Bruun Nielsen, M. F., Lindhardt, C. L., & Eriksen, M. B. (2020). Using the full PICO model as a search tool for systematic reviews resulted in lower recall for some PICO elements. Journal of Clinical Epidemiology. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2020.07.005

Garnasih, I. S., Rahayu, E. T., & Aminudin, R. (2021). Pengaruh Model Personalized System For Intruction Dalam Pembelajaran Pencak SilatTerhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 87–91. https://doi.org/10.5281/zenodo.5483128

Hudah, M., & Fitriawan, C. F. (2020a). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievemen Division (STAD) dan Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 52–56. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.8

Hudah, M., & Fitriawan, C. F. (2020b). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievemen Division (STAD) dan Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Kualita Pendidikan. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.8

Indah Septiani, A. nisa N. S., Septiani, I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of interactive multimedia learning courseware to strengthen students’ character. European Journal of Educational Research. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267

Kuettel, A., Pedersen, A. K., & Larsen, C. H. (2021). To Flourish or Languish, that is the question: Exploring the mental health profiles of Danish elite athletes. Psychology of Sport and Exercise. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2020.101837

Lekahena, W. S., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Analisis Gaya Mengajar Guru SMA Terhadap Minat Belajar Siswa. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1068

Leutner, D., Leopold, C., & Sumfleth, E. (2009). Cognitive load and science text comprehension: Effects of drawing and mentally imagining text content. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2008.12.010

Mashud, M., Muhammad, R., Mu’arifin, M., Didik, P., Afri, T., & Wulandari, A. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaborasi Siswa di Indonesia: Article Review. Jendela Olahraga, 7(2), 78–94. https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11973

Mashud, M., Pebriyandi, P., Fadillah, M., & Ridha, S. (2024). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani: Article Review. Jendela Olahraga, 9(1), 179–193. https://doi.org/10.26877/jo.v9i1.17678

McKee, K. M., Dahl, A. J., & Peltier, J. W. (2024). Gen Z’s personalization paradoxes: A privacy calculus examination of digital personalization and brand behaviors. Journal of Consumer Behaviour. https://doi.org/10.1002/cb.2199

Mihailescu, L., Chiriac, P. B., Mihailescu, L. E., Manolachi, V., & Potop, V. (2023). Determining the capacity for effort and recovery of the elite soccer players specialized in different playing positions. PeerJ. https://doi.org/10.7717/peerj.15477

Nurul Aulia Silvianti, N. G. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Jasmani Dalam Permainan Bola Voli. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 326–331. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.844

Putra, G. N. K. W., Dharmadi, M. A., & Hidayat, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bola Voli. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 257–275. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.711

Safriansyah, M. R., Jasmani, P., & Surabaya, U. N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK Materi Passing Bola Basket. 9, 3602–3610.

Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249

Sitanggang, C. M., Setiawan, D., Simatupang, C. R. P., Manalu, B. O., Gulo, C. S. S., & Gulo, C. R. M. S. P. (2024). Investigasi Tingkat Minat Yang Ditunjukkan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Tahun 2024. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 357–370. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v4i2.2567

Subekti, N., Mulyadi, A., & Saputra, Y. (2022). Strategi Pembelajaran Melalui Video Interaktif Pada Masa Pandemi Terhadap Peningkatan Minat Belajar PJOK di SMA Negeri 1 Cineam Kab. Tasikmalaya. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 7(1), 80–86.

Tricot, A., Vandenbroucke, G., & Sweller, J. (2020). Using Cognitive Load Theory to Improve Text Comprehension for Students with Dyslexia. In Handbook of Educational Psychology and Students with Special Needs. https://doi.org/10.4324/9781315100654-17

Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., Prasetyo, Z. K., & Istiyono, E. (2021). The development of the hots test of physics based on modern test theory: Question modeling through e-learning of moodle lms. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1444a

BRUNER, J. S. (2019). The Process of Education. In The Process of Education. https://doi.org/10.2307/j.ctvk12qst

Frandsen, T. F., Bruun Nielsen, M. F., Lindhardt, C. L., & Eriksen, M. B. (2020). Using the full PICO model as a search tool for systematic reviews resulted in lower recall for some PICO elements. Journal of Clinical Epidemiology. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2020.07.005

Garnasih, I. S., Rahayu, E. T., & Aminudin, R. (2021). Pengaruh Model Personalized System For Intruction Dalam Pembelajaran Pencak SilatTerhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 87–91. https://doi.org/10.5281/zenodo.5483128

Hudah, M., & Fitriawan, C. F. (2020a). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievemen Division (STAD) dan Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 52–56. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.8

Hudah, M., & Fitriawan, C. F. (2020b). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievemen Division (STAD) dan Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Kualita Pendidikan. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.8

Indah Septiani, A. nisa N. S., Septiani, I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of interactive multimedia learning courseware to strengthen students’ character. European Journal of Educational Research. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267

Kuettel, A., Pedersen, A. K., & Larsen, C. H. (2021). To Flourish or Languish, that is the question: Exploring the mental health profiles of Danish elite athletes. Psychology of Sport and Exercise. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2020.101837

Lekahena, W. S., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Analisis Gaya Mengajar Guru SMA Terhadap Minat Belajar Siswa. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1068

Leutner, D., Leopold, C., & Sumfleth, E. (2009). Cognitive load and science text comprehension: Effects of drawing and mentally imagining text content. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2008.12.010

Mashud, M., Muhammad, R., Mu’arifin, M., Didik, P., Afri, T., & Wulandari, A. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaborasi Siswa di Indonesia: Article Review. Jendela Olahraga, 7(2), 78–94. https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11973

Mashud, M., Pebriyandi, P., Fadillah, M., & Ridha, S. (2024). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani: Article Review. Jendela Olahraga, 9(1), 179–193. https://doi.org/10.26877/jo.v9i1.17678

McKee, K. M., Dahl, A. J., & Peltier, J. W. (2024). Gen Z’s personalization paradoxes: A privacy calculus examination of digital personalization and brand behaviors. Journal of Consumer Behaviour. https://doi.org/10.1002/cb.2199

Mihailescu, L., Chiriac, P. B., Mihailescu, L. E., Manolachi, V., & Potop, V. (2023). Determining the capacity for effort and recovery of the elite soccer players specialized in different playing positions. PeerJ. https://doi.org/10.7717/peerj.15477

Nurul Aulia Silvianti, N. G. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Jasmani Dalam Permainan Bola Voli. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 326–331. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.844

Putra, G. N. K. W., Dharmadi, M. A., & Hidayat, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bola Voli. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 257–275. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.711

Safriansyah, M. R., Jasmani, P., & Surabaya, U. N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK Materi Passing Bola Basket. 9, 3602–3610.

Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249

Sitanggang, C. M., Setiawan, D., Simatupang, C. R. P., Manalu, B. O., Gulo, C. S. S., & Gulo, C. R. M. S. P. (2024). Investigasi Tingkat Minat Yang Ditunjukkan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Tahun 2024. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 357–370. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v4i2.2567

Subekti, N., Mulyadi, A., & Saputra, Y. (2022). Strategi Pembelajaran Melalui Video Interaktif Pada Masa Pandemi Terhadap Peningkatan Minat Belajar PJOK di SMA Negeri 1 Cineam Kab. Tasikmalaya. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 7(1), 80–86.

Tricot, A., Vandenbroucke, G., & Sweller, J. (2020). Using Cognitive Load Theory to Improve Text Comprehension for Students with Dyslexia. In Handbook of Educational Psychology and Students with Special Needs. https://doi.org/10.4324/9781315100654-17

Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., Prasetyo, Z. K., & Istiyono, E. (2021). The development of the hots test of physics based on modern test theory: Question modeling through e-learning of moodle lms. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1444a

Downloads

Published

2025-08-06