Metode Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani: Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3053Keywords:
Pendidikan Jasmani, Minat Belajar, Metode Belajar InovatifAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMA. Minat belajar merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan efektivitas proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), Dalam PJOK, minat tidak hanya melibatkan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik, siswa yang berminat tinggi siswa cenderung terlibat dalam setiap aktivitas gerak yang akan dicapai. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara sistematis berbagai metode pembelajaran yang telah terbukti meningkatkan minat belajar siswa, baik dalam konteks pembelajaran PJOK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PICO (Population, Intervention, Comparison, Outcome) dan penyaringan menggunakan diagram alir PRISMA. Artikel dikumpulkan melalui mesin pencari data Google Scholar, menggunakan kata kunci seperti minat belajar siswa dan metode pembelajaran inovatif. Dari 150 artikel awal, sebanyak enam artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran seperti Model pembelajaran yang digunakan antara lain: Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw (Jointly Investigating Strategies Guiding Our Success), Video Interaktif, Project Based Learning, Media Pembelajaran Interaktif, Personalized System for Instruction (PSI) secara signifikan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi interaktif dan pendekatan yang mengutamakan partisipasi aktif siswa berkontribusi signifikan pada peningkatan kualitas pembelajaran PJOK di era digital.
References
BRUNER, J. S. (2019). The Process of Education. In The Process of Education. https://doi.org/10.2307/j.ctvk12qst
Frandsen, T. F., Bruun Nielsen, M. F., Lindhardt, C. L., & Eriksen, M. B. (2020). Using the full PICO model as a search tool for systematic reviews resulted in lower recall for some PICO elements. Journal of Clinical Epidemiology. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2020.07.005
Garnasih, I. S., Rahayu, E. T., & Aminudin, R. (2021). Pengaruh Model Personalized System For Intruction Dalam Pembelajaran Pencak SilatTerhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 87–91. https://doi.org/10.5281/zenodo.5483128
Hudah, M., & Fitriawan, C. F. (2020a). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievemen Division (STAD) dan Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 52–56. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.8
Hudah, M., & Fitriawan, C. F. (2020b). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievemen Division (STAD) dan Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Kualita Pendidikan. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.8
Indah Septiani, A. nisa N. S., Septiani, I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of interactive multimedia learning courseware to strengthen students’ character. European Journal of Educational Research. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267
Kuettel, A., Pedersen, A. K., & Larsen, C. H. (2021). To Flourish or Languish, that is the question: Exploring the mental health profiles of Danish elite athletes. Psychology of Sport and Exercise. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2020.101837
Lekahena, W. S., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Analisis Gaya Mengajar Guru SMA Terhadap Minat Belajar Siswa. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1068
Leutner, D., Leopold, C., & Sumfleth, E. (2009). Cognitive load and science text comprehension: Effects of drawing and mentally imagining text content. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2008.12.010
Mashud, M., Muhammad, R., Mu’arifin, M., Didik, P., Afri, T., & Wulandari, A. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaborasi Siswa di Indonesia: Article Review. Jendela Olahraga, 7(2), 78–94. https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11973
Mashud, M., Pebriyandi, P., Fadillah, M., & Ridha, S. (2024). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani: Article Review. Jendela Olahraga, 9(1), 179–193. https://doi.org/10.26877/jo.v9i1.17678
McKee, K. M., Dahl, A. J., & Peltier, J. W. (2024). Gen Z’s personalization paradoxes: A privacy calculus examination of digital personalization and brand behaviors. Journal of Consumer Behaviour. https://doi.org/10.1002/cb.2199
Mihailescu, L., Chiriac, P. B., Mihailescu, L. E., Manolachi, V., & Potop, V. (2023). Determining the capacity for effort and recovery of the elite soccer players specialized in different playing positions. PeerJ. https://doi.org/10.7717/peerj.15477
Nurul Aulia Silvianti, N. G. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Jasmani Dalam Permainan Bola Voli. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 326–331. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.844
Putra, G. N. K. W., Dharmadi, M. A., & Hidayat, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bola Voli. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 257–275. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.711
Safriansyah, M. R., Jasmani, P., & Surabaya, U. N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK Materi Passing Bola Basket. 9, 3602–3610.
Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249
Sitanggang, C. M., Setiawan, D., Simatupang, C. R. P., Manalu, B. O., Gulo, C. S. S., & Gulo, C. R. M. S. P. (2024). Investigasi Tingkat Minat Yang Ditunjukkan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Tahun 2024. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 357–370. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v4i2.2567
Subekti, N., Mulyadi, A., & Saputra, Y. (2022). Strategi Pembelajaran Melalui Video Interaktif Pada Masa Pandemi Terhadap Peningkatan Minat Belajar PJOK di SMA Negeri 1 Cineam Kab. Tasikmalaya. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 7(1), 80–86.
Tricot, A., Vandenbroucke, G., & Sweller, J. (2020). Using Cognitive Load Theory to Improve Text Comprehension for Students with Dyslexia. In Handbook of Educational Psychology and Students with Special Needs. https://doi.org/10.4324/9781315100654-17
Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., Prasetyo, Z. K., & Istiyono, E. (2021). The development of the hots test of physics based on modern test theory: Question modeling through e-learning of moodle lms. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1444a
BRUNER, J. S. (2019). The Process of Education. In The Process of Education. https://doi.org/10.2307/j.ctvk12qst
Frandsen, T. F., Bruun Nielsen, M. F., Lindhardt, C. L., & Eriksen, M. B. (2020). Using the full PICO model as a search tool for systematic reviews resulted in lower recall for some PICO elements. Journal of Clinical Epidemiology. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2020.07.005
Garnasih, I. S., Rahayu, E. T., & Aminudin, R. (2021). Pengaruh Model Personalized System For Intruction Dalam Pembelajaran Pencak SilatTerhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 87–91. https://doi.org/10.5281/zenodo.5483128
Hudah, M., & Fitriawan, C. F. (2020a). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievemen Division (STAD) dan Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 52–56. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.8
Hudah, M., & Fitriawan, C. F. (2020b). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievemen Division (STAD) dan Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Kualita Pendidikan. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.8
Indah Septiani, A. nisa N. S., Septiani, I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of interactive multimedia learning courseware to strengthen students’ character. European Journal of Educational Research. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267
Kuettel, A., Pedersen, A. K., & Larsen, C. H. (2021). To Flourish or Languish, that is the question: Exploring the mental health profiles of Danish elite athletes. Psychology of Sport and Exercise. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2020.101837
Lekahena, W. S., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Analisis Gaya Mengajar Guru SMA Terhadap Minat Belajar Siswa. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1068
Leutner, D., Leopold, C., & Sumfleth, E. (2009). Cognitive load and science text comprehension: Effects of drawing and mentally imagining text content. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2008.12.010
Mashud, M., Muhammad, R., Mu’arifin, M., Didik, P., Afri, T., & Wulandari, A. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaborasi Siswa di Indonesia: Article Review. Jendela Olahraga, 7(2), 78–94. https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11973
Mashud, M., Pebriyandi, P., Fadillah, M., & Ridha, S. (2024). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani: Article Review. Jendela Olahraga, 9(1), 179–193. https://doi.org/10.26877/jo.v9i1.17678
McKee, K. M., Dahl, A. J., & Peltier, J. W. (2024). Gen Z’s personalization paradoxes: A privacy calculus examination of digital personalization and brand behaviors. Journal of Consumer Behaviour. https://doi.org/10.1002/cb.2199
Mihailescu, L., Chiriac, P. B., Mihailescu, L. E., Manolachi, V., & Potop, V. (2023). Determining the capacity for effort and recovery of the elite soccer players specialized in different playing positions. PeerJ. https://doi.org/10.7717/peerj.15477
Nurul Aulia Silvianti, N. G. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Jasmani Dalam Permainan Bola Voli. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 326–331. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.844
Putra, G. N. K. W., Dharmadi, M. A., & Hidayat, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bola Voli. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 257–275. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.711
Safriansyah, M. R., Jasmani, P., & Surabaya, U. N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK Materi Passing Bola Basket. 9, 3602–3610.
Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249
Sitanggang, C. M., Setiawan, D., Simatupang, C. R. P., Manalu, B. O., Gulo, C. S. S., & Gulo, C. R. M. S. P. (2024). Investigasi Tingkat Minat Yang Ditunjukkan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Tahun 2024. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 357–370. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v4i2.2567
Subekti, N., Mulyadi, A., & Saputra, Y. (2022). Strategi Pembelajaran Melalui Video Interaktif Pada Masa Pandemi Terhadap Peningkatan Minat Belajar PJOK di SMA Negeri 1 Cineam Kab. Tasikmalaya. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 7(1), 80–86.
Tricot, A., Vandenbroucke, G., & Sweller, J. (2020). Using Cognitive Load Theory to Improve Text Comprehension for Students with Dyslexia. In Handbook of Educational Psychology and Students with Special Needs. https://doi.org/10.4324/9781315100654-17
Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., Prasetyo, Z. K., & Istiyono, E. (2021). The development of the hots test of physics based on modern test theory: Question modeling through e-learning of moodle lms. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1444a
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.