Efektivitas Variasi Bermain terhadap Pengembangan Kemampuan Gerak Dasar Motorik Anak Usia 9–10 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.3024Keywords:
Efektivitas, Variasi Bermain, Gerak Dasar Motorik, Anak Usia 9–10 Tahun, PJOKAbstract
Pembelajaran PJOK memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan motorik dan kognitif anak usia sekolah dasar. Namun, siswa usia 9–10 tahun masih banyak yang mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan dasar seperti berlari, melompat, dan melempar karena kurangnya variasi aktivitas bermain yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas variasi bermain terhadap pengembangan kemampuan gerak dasar motorik serta mengevaluasi integrasi unsur numerasi dan bentuk geometri dalam permainan PJOK terhadap peningkatan pemahaman kognitif siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest–post-test, melibatkan 20 siswa kelas IV dan 25 siswa kelas III SDN 36 Pontianak Selatan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen meliputi tes motorik kasar dan tes kognitif numerasi serta bentuk geometri. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test melalui SPSS versi 25. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan motorik (dari 22,25 menjadi 39,80; p < 0,05) dan pemahaman kognitif (dari 59,4 menjadi 82,7; p = 0,001). Temuan ini menunjukkan bahwa variasi bermain efektif mendukung pengembangan motorik sekaligus kognitif siswa secara simultan. Strategi ini relevan diterapkan dalam pembelajaran PJOK yang kontekstual dan menyenangkan.
References
Akbari, R. (2020). The effect of traditional games on gross motor skill development in children. Journal of Physical Education and Sport, 10(2), 123–130.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Bangun, S. Y. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Alfabeta.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th Edisi). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, A. (2021). Pembelajaran PJOK Kreatif dan Interaktif di Sekolah Dasar. Deepublish.
Gunawan, A. (2021). Pendekatan holistik untuk perkembangan anak. In Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Remaja Rosdakarya.
Gunawan, A. (2021). Pengaruh Permainan terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 112–123.
Hasanah, U., D., R. ,. (2022). Pendekatan Interdisipliner dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Dasar. 13(2), 115–124.
Hurlock, E. B. (2022). Psikologi Perkembangan. Pustaka Pelajar.
Mahendra, P. (2019). Permainan Tradisional sebagai Media Pembelajaran PJOK. Jurnal Olahraga Dan Pendidikan, 8(1), 45–55.
Palmer, S. (2021). Structured motor activities and their impact on preschool children’s motor development. Early Childhood Research Quarterly, 36(4), 201–210.
Rachmadi, A., & Utami, S. (2021). Pengaruh Permainan Edukatif terhadap Kemampuan Matematika dan Motorik Siswa SD. Jurnal Pendidikan Interdisipliner, 6(1), 72–83.
Samsudin. (2020). PJOK Sebagai Media Pendidikan Holistik. Rosdakarya.
Saripudin, A. (2019). Bermain sebagai Media Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 45–52.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyanto. (2019). Pembelajaran PJOK untuk Sekolah Dasar. UNS Press.
Suherman, A. (2021). Analisis Kemampuan Motorik Kasar Siswa SD dan Implikasinya terhadap Strategi Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(3), 221–230.
Suprayitno, E. (2019). Model pembelajaran bermain dalam pendidikan jasmani sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53.
Susanto, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 10(1), 45–52.
Widiyanto, A., & Sujarwo. (2020). Inovasi Model Pembelajaran PJOK Integratif. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(2), 134–142.
Winarno, I. (2018). Teori Belajar Gerak dan Aplikasinya. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.