Analisis Hasis Asesmen Sumatif Akhir Jenjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Jenjang SMP

Authors

  • Ade Elfinah Umasugi Universitas Insan Budi Utomo
  • Luthfie Lufthansa Universitas Insan Budi Utomo
  • Anangga Widya Pradipta Universitas Insan Budi Utomo
  • Shinta Masitho Universitas Insan Budi Utomo
  • Laila Nur Rohmah Universitas Insan Budi Utomo

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.2842

Keywords:

Asesmen Sumatif, Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Jasmani

Abstract

Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) merupakan sebuah asesmen kognitif yang diperuntukkan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dalam memetakan kualitas pembelajaran yang berada pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kabupaten Malang baik yang berstatus sekolah negeri maupun swasta yang dilaksanakan secara serentak. Dengan hasil asesmen ini baik dari siswa, guru, sekolah hingga dinas pendidikan akan dapat mengidentifikasi capaian kompentensi rata-rata siswa disetiap mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto yang bertujuan untuk menganalisis hasil asesmen sumatif akhir jenjang pada pembelajaran Pendidikan Jasmani. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yakni para peserta didik kelas 9 SMP Plus Al-Firdaus sejumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari siswa berupa angket/kuisioner dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi hasil belajar yang didapat dari guru serta dokumentasi penelitian. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti ini yakni deskriptif kuantitatif dengan mengunakan angket serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk hasil assesmen Pelajaran Pendidikan jasmani kelas 9 SMP Plus Al-Firdaus mendapatkan hasil dengan rata-rata 81,5. Proses pembelajaran serta hasil pembelajaran Pendidikan jasmani di SMP Plus Al-Firdaus berjalan dengan baik dibuktikan dengan hasil assesmen yang diselenggarakan secara serentak di kabupaten Malang pada tahun 2025.

References

Ainsworth, B., Cahalin, L., Buman, M., & Ross, R. (2015). The Current State of Physical Activity Assessment Tools. Progress in Cardiovascular Diseases. https://doi.org/10.1016/j.pcad.2014.10.005

Asyrifah Zaini Wahdah, & Putri Nur Malasari. (2022). Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa? Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 123–138. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4093

Barokah, N. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orang tua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 453–469. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31498

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA: Jurnal Olahraga, 4(2), 131–139.

Burstiando, R., & Nurkholis, M. (2017). Permainan Invasi dan Permainan Netting untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Fundamental Siswa SD Negeri Se Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Sportif: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 3(2).

Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 120–125. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6457

da Costa, B. G. G., da Silva, K. S., George, A. M., & de Assis, M. A. A. (2017). Sedentary Behavior During School-Time: Sociodemographic, Weight Status, Physical Education Class, And School Performance Correlates In Brazilian Schoolchildren. Journal of Science and Medicine in Sport, 20(1), 70–74. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2016.06.004

Darnis, Asli., Ramayani, C. (2013). Pengaruh Perhatian dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Sijunjung. ECONOMICA: Journal of Economic and Economic Education, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v2.i1.212

Durroh, S. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar dan Minat melanjutkan Studi Program Megister Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 8(5), 440–447. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/15347

Fadoli, H. I., & Lufthansa, L. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Sporta Saintika, 132(2), 2579–5910. https://doi.org/10.24036/Sporta Saintika/vol7-iss2/237

Haapala, E. A., Väistö, J., Lintu, N., Westgate, K., Ekelund, U., Poikkeus, A. M., Brage, S., & L., & A, T. (2017). Physical activity and sedentary time in relation to academic achievement in children. Journal of Science and Medicine in Sport. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2016.11.003

Hadiyanto, H. (2014). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa SMA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 171–185. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p171-185

Komalasari, Elis., Fitriani, Wahidah., Desmita., Nisa, F. (2022). Perilaku Pengasuhan Orang Tua Di Era Digital (Penelitian Ex-Post Facto pada Orang Tua di Provinsi Sumatera Barat). Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 106–113. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Lang, J. J., Phillips, E. W., Orpana, H. M., Tremblay, M. S., Ross, R., Ortega, F. B., Silva, D. A. S., & & Tomkinson, G. R. (2018). Field-based measurement of cardiorespiratory fitness to evaluate physical activity interventions. In Bulletin of the World Health Organization. https://doi.org/10.2471/BLT.18.213728

Lin, W., Leider, J., Shang, C., Hennessy, E., Perna, F. M., & Chriqui, J. F. (2020). The association between state physical education laws and student physical activity. American Journal of Preventive Medicine, 58(3), 436–445. https://doi.org/10.1016/j.amepre.2019.09.018

Ljubojevi, M., Muratovi, A., & Bubanja, M. (2016). Effects of Various Physical Education Curriculum on Motor Skills in Students of Final Grades in Primary School. Sport Mont, 14(2), 25–28.

Lufthansa, L., Saputro, Y. D., & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan buku ajar psikologi olahraga berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 214–223.

Manung, Helena., Sari, Yuli Ifana., Jayanti, M. A. (2019). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malang. Prosiding Seminar Nasional : Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen, 3, 563–568. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/index

Matus, D. A. (2016). Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Serta Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Di Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(2), 136–148. https://doi.org/10.4135/9781412984683.n2

Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi, S. (2019). Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(10), 1364–1379. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12845

Pamudi, S. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Negeri dengan Mempertimbangkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Gunung Labuhan Kabupaten Waykanan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3).

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835

Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(1), 525–535. https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222

Putri, S. F. (2023). Penerapan Revolusi Teknologi Terhadap Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Seminar Nasional Unigha 2023 “Digitalisasi Akademik: Peluang Dan Tantangan Di Era Society 5.0,” 2774–2199. https://journal.unigha.ac.id/index.php/SemNas

Saint Albin, O. A., Fouquet, B., Doury-Panchout, F., & Nardoux, J. (2017). Obesity and physical education: What is the link? Annals of Physical and Rehabilitation Medicine, 60(e73). https://doi.org/10.1016/j.rehab.2017.07.187

Sandrawati, I. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa dan Kondisi Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 245–260. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Sappaile, B. I., & Makassar, U. N. (2020). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–16.

Setiawan, Hendra., Gani, I. (2021). Manajemen Alokasi Waktu Pendidikan Jasmani (PE) untuk Mempertahankan Kebugaran Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 339–345. http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/242

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (revisi). Rineka Cipta.

Sofiyanti, U. (2019). Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi: Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 2(8), 453–469. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31500

Subekti, N., Juhrodin, J., & Mulyadi, A. (2020). Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Kebugaran dan Motivasi Belajar. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 55–62. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.38560

Sugiarto, B. G. (2015). Pengaruh distribusi alokasi waktu pembelajaran pendidikan jasmani terhadap perilaku hidup aktif dan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Motion, 6(1), 93–108.

Sunarwan., Kristiyanto, Agus., Purnama, S. K. (2022). Sedentary Lifestyle Post-Covid-19 Pandemic State Primary School V Mojosongo Surakarta Gaya Hidup Sedentary Lifestyle Pasca Pandemi Covid-19 SD Negeri Mojosongo V Surakarta dipantau oleh anggota keluarga terdekatnya , terutama orang tua . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Keolahragaan, 361–369. https://doi.org/10.33503/prosiding_penjas_pjkribu.v1i1.2352

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395–400. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Winarno, M. E. (2014). Evaluasi Hasil Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Malang.

Wirawan, Y. R. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Dan Perilaku Konsumsi Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 147–157. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p147-167

Yange, N. A. P., & Prihanto, J. B. (2018). Hubungan Penggunaan Teknologi Informasi Dan Keaktifan Olahraga Terhadap Aktivitas Fisik Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 246–249.

Yudasmara, Dona Sandy., Taufik., Fadhli, N. R. (2020). Validasi Eurofit Test Pada Siswa Sekolah Dasar Indonesia. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(I), 18–27. http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji

Downloads

Published

2025-08-07