Analisis Hasis Asesmen Sumatif Akhir Jenjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Jenjang SMP
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v15i4.2842Keywords:
Asesmen Sumatif, Kualitas Pembelajaran, Pendidikan JasmaniAbstract
Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) merupakan sebuah asesmen kognitif yang diperuntukkan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dalam memetakan kualitas pembelajaran yang berada pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kabupaten Malang baik yang berstatus sekolah negeri maupun swasta yang dilaksanakan secara serentak. Dengan hasil asesmen ini baik dari siswa, guru, sekolah hingga dinas pendidikan akan dapat mengidentifikasi capaian kompentensi rata-rata siswa disetiap mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto yang bertujuan untuk menganalisis hasil asesmen sumatif akhir jenjang pada pembelajaran Pendidikan Jasmani. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yakni para peserta didik kelas 9 SMP Plus Al-Firdaus sejumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari siswa berupa angket/kuisioner dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi hasil belajar yang didapat dari guru serta dokumentasi penelitian. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti ini yakni deskriptif kuantitatif dengan mengunakan angket serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk hasil assesmen Pelajaran Pendidikan jasmani kelas 9 SMP Plus Al-Firdaus mendapatkan hasil dengan rata-rata 81,5. Proses pembelajaran serta hasil pembelajaran Pendidikan jasmani di SMP Plus Al-Firdaus berjalan dengan baik dibuktikan dengan hasil assesmen yang diselenggarakan secara serentak di kabupaten Malang pada tahun 2025.
References
Ainsworth, B., Cahalin, L., Buman, M., & Ross, R. (2015). The Current State of Physical Activity Assessment Tools. Progress in Cardiovascular Diseases. https://doi.org/10.1016/j.pcad.2014.10.005
Asyrifah Zaini Wahdah, & Putri Nur Malasari. (2022). Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa? Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 123–138. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4093
Barokah, N. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orang tua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 453–469. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31498
Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA: Jurnal Olahraga, 4(2), 131–139.
Burstiando, R., & Nurkholis, M. (2017). Permainan Invasi dan Permainan Netting untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Fundamental Siswa SD Negeri Se Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Sportif: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 3(2).
Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 120–125. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6457
da Costa, B. G. G., da Silva, K. S., George, A. M., & de Assis, M. A. A. (2017). Sedentary Behavior During School-Time: Sociodemographic, Weight Status, Physical Education Class, And School Performance Correlates In Brazilian Schoolchildren. Journal of Science and Medicine in Sport, 20(1), 70–74. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2016.06.004
Darnis, Asli., Ramayani, C. (2013). Pengaruh Perhatian dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Sijunjung. ECONOMICA: Journal of Economic and Economic Education, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v2.i1.212
Durroh, S. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar dan Minat melanjutkan Studi Program Megister Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 8(5), 440–447. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/15347
Fadoli, H. I., & Lufthansa, L. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Sporta Saintika, 132(2), 2579–5910. https://doi.org/10.24036/Sporta Saintika/vol7-iss2/237
Haapala, E. A., Väistö, J., Lintu, N., Westgate, K., Ekelund, U., Poikkeus, A. M., Brage, S., & L., & A, T. (2017). Physical activity and sedentary time in relation to academic achievement in children. Journal of Science and Medicine in Sport. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2016.11.003
Hadiyanto, H. (2014). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa SMA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 171–185. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p171-185
Komalasari, Elis., Fitriani, Wahidah., Desmita., Nisa, F. (2022). Perilaku Pengasuhan Orang Tua Di Era Digital (Penelitian Ex-Post Facto pada Orang Tua di Provinsi Sumatera Barat). Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 106–113. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Lang, J. J., Phillips, E. W., Orpana, H. M., Tremblay, M. S., Ross, R., Ortega, F. B., Silva, D. A. S., & & Tomkinson, G. R. (2018). Field-based measurement of cardiorespiratory fitness to evaluate physical activity interventions. In Bulletin of the World Health Organization. https://doi.org/10.2471/BLT.18.213728
Lin, W., Leider, J., Shang, C., Hennessy, E., Perna, F. M., & Chriqui, J. F. (2020). The association between state physical education laws and student physical activity. American Journal of Preventive Medicine, 58(3), 436–445. https://doi.org/10.1016/j.amepre.2019.09.018
Ljubojevi, M., Muratovi, A., & Bubanja, M. (2016). Effects of Various Physical Education Curriculum on Motor Skills in Students of Final Grades in Primary School. Sport Mont, 14(2), 25–28.
Lufthansa, L., Saputro, Y. D., & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan buku ajar psikologi olahraga berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 214–223.
Manung, Helena., Sari, Yuli Ifana., Jayanti, M. A. (2019). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malang. Prosiding Seminar Nasional : Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen, 3, 563–568. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/index
Matus, D. A. (2016). Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Serta Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Di Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(2), 136–148. https://doi.org/10.4135/9781412984683.n2
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi, S. (2019). Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(10), 1364–1379. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12845
Pamudi, S. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Negeri dengan Mempertimbangkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Gunung Labuhan Kabupaten Waykanan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3).
Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835
Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(1), 525–535. https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222
Putri, S. F. (2023). Penerapan Revolusi Teknologi Terhadap Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Seminar Nasional Unigha 2023 “Digitalisasi Akademik: Peluang Dan Tantangan Di Era Society 5.0,” 2774–2199. https://journal.unigha.ac.id/index.php/SemNas
Saint Albin, O. A., Fouquet, B., Doury-Panchout, F., & Nardoux, J. (2017). Obesity and physical education: What is the link? Annals of Physical and Rehabilitation Medicine, 60(e73). https://doi.org/10.1016/j.rehab.2017.07.187
Sandrawati, I. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa dan Kondisi Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 245–260. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Sappaile, B. I., & Makassar, U. N. (2020). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–16.
Setiawan, Hendra., Gani, I. (2021). Manajemen Alokasi Waktu Pendidikan Jasmani (PE) untuk Mempertahankan Kebugaran Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 339–345. http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/242
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (revisi). Rineka Cipta.
Sofiyanti, U. (2019). Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi: Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 2(8), 453–469. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31500
Subekti, N., Juhrodin, J., & Mulyadi, A. (2020). Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Kebugaran dan Motivasi Belajar. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 55–62. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.38560
Sugiarto, B. G. (2015). Pengaruh distribusi alokasi waktu pembelajaran pendidikan jasmani terhadap perilaku hidup aktif dan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Motion, 6(1), 93–108.
Sunarwan., Kristiyanto, Agus., Purnama, S. K. (2022). Sedentary Lifestyle Post-Covid-19 Pandemic State Primary School V Mojosongo Surakarta Gaya Hidup Sedentary Lifestyle Pasca Pandemi Covid-19 SD Negeri Mojosongo V Surakarta dipantau oleh anggota keluarga terdekatnya , terutama orang tua . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Keolahragaan, 361–369. https://doi.org/10.33503/prosiding_penjas_pjkribu.v1i1.2352
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395–400. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303
Winarno, M. E. (2014). Evaluasi Hasil Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Malang.
Wirawan, Y. R. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Dan Perilaku Konsumsi Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 147–157. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p147-167
Yange, N. A. P., & Prihanto, J. B. (2018). Hubungan Penggunaan Teknologi Informasi Dan Keaktifan Olahraga Terhadap Aktivitas Fisik Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 246–249.
Yudasmara, Dona Sandy., Taufik., Fadhli, N. R. (2020). Validasi Eurofit Test Pada Siswa Sekolah Dasar Indonesia. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(I), 18–27. http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.