Efektivitas Media Pembelajaran Alam Sekitar terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Fotosintesis
Abstract
Pembelajaran IPA di dalam kelas seringkali dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal ini menyebabkan siswa kurang berminat dalam belajar IPA dan memiliki hasil belajar yang rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya inovasi dalam proses belajar mengajar yaitu dengan memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran alam sekitar terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada materi fotosintesis yang dilakukan di SMP IT As Salam Ambon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain the static group pretest-posttest. Seluruh siswa kelas VII terlibat sebagai populasi dan sampel penelitian yang diambil menggunakan sampel populasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan penyebaran angket minat belajar. Teknik pengolahan data menggunakan uji t karena data yang didapatkan berdistribusi normal dan memiliki varians homogen. Hasil analisis data tes menggunakan software IBM SPSS Statistics 26 memperoleh nilai signifikansi uji-t sebesar 0,001 < 0,05 (α) yang menunjukkan bahwa penerapan media alam sekitar efektif dalam mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa pada materi fotosintesis. Hasil analisis angket minat belajar menunjukkan tingginya minat belajar siswa setelah belajar menggunakan media pembelajaran alam sekitar dengan memperoleh persentasi minat sebesar 88% yang berada pada kategori tinggi. Hasil analisis angket respon siswa diperoleh persentasi respon sebesar 93% menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penerapan media alam sekitar.
Downloads
References
Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868
Aprijal, Alfian, & Syarifuddin. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Mitra PGMI, 6(1), 76–91. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i2
Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103–112. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488
Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2021). Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual PhET Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Pada Materi Gerak Lurus. . . ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 271–277. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5514
Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2023). Effect of PhET Virtual Laboratory Implementation on Students’ Higher Order Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1922–1928. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.1979
Daud, M. H., & Lidi, M. W. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar IPA Siswa SMPK St Gabriel Ndona. OPTIKA: Jurnal Pendidikam Fisika, 4(2), 143–149. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.725
Fraenkel, & Wallen. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill.
Hayat, R. (2018). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 263 Rancaloa. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1), 94–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jee.v1i1.811
Kelana, N. S. (2018). Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran. https://siedoo.com/berita-4729-alam-sekitar-sebagai-media-pembelajaran. Diakses pada tanggal 20 Mei 2023.
Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 66–73. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.379
Lamasai, M. M., As, M. A., Ishak, R., Mahasiswa, P., & Jabatan, D. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung. In Jurnal Kreatif Tadulako Online (Vol. 5, Issue 3). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3841/2804
Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11–32. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/427
Salu, B., & Tadius. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 1 Rantepao Kab. Toraja Utara. 7(3), 36–53. https://doi.org/https://doi.org/10.47178/jkip.v7i3.475
Sutrisno, & Harjono, S. (2005). Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar anak Usia Dini. DepDik Nas Dirjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.