Pengaruh Kelincahan, Kecepatan Gerak Dan Kelentukan Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Pada Permainan Tenis Meja Siswa Sma Negeri 3 Maros

  • Ewan Irawan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh langsung kelincahan terhadap kelentukan pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (2) Ada tidaknya pengaruh langsung kecepatan gerak terhadap kelentukan pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (3) Ada tidaknya pengaruh langsung kelincahan terhadap ketepatan pukulan forehand drive dalam permainan Tenis Meja pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (4) ada tidaknya pengaruh langsung kecepatan gerak terhadap ketepatan pukulan forehand drive dalam permainanTenis Meja pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (5) ada tidaknya pengaruh langsung kelentukan terhadap ketepatan pukulan forehand drive dalam permainanTenis Meja pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (6) ada tidaknya pengaruh kelincahan melalui kelentukan terhadap ketepatan pukulan forehand drive dalam permainan Tenis Meja pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (7) ada tidaknya pengaruh kecepatan gerak melalui kelentukan terhadap ketepatan pukulan forehand drive dalam permainan Tenis Meja pada siswa SMA Negeri 3 Maros. Penelitian ini adalah menggunakan metode survey dengan teknik analisis jalur dengan pengolahan secara statistik menggunakan aplikasi SPSS versi 16.00 dan tarafsignifikan 0,05 atau 95%. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas XI SMA Negeri 3 Maros. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa putra dengan teknik pengambilan sampel simpel random sampling. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Keywords: Kelincahan, Kecepatan Gerak, Kelentukan, Ketepatan Pukulan Forehand Drive Permainan Tenis Meja

References

Kertamanah, A. 2003a. Teknik & Taktik Dasar Permainan Tenis Meja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
____________. 2003b. Teknik & Taktik Mahir Permainan Tenis Meja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kertamanah, A. 2015. Teknik dan Taktik Permainan Tenis Meja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mahendra, I. R. 2014. Faktor Kondisi Fisik Dominan Penentu Prestasi Bermain Tenis Meja (Analisis Faktor Fleksibilitas Pergelangan Tangan, Fleksibilitas Pinggul, Waktu Reaksi, Koordinasi Mata Tangan, Kelincahan, Dan Power Otot Lengan Pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Tenis (PhD Thesis). UNS (Sebelas Maret University).
Marsah, O., Agust, K., & others. (2016). Hubungan Kelenturan Pergelangan Tangan dan Kelincahan dengan Kemampuan Pukulan Forehand Permainan Tenis Meja Siswa Ekstrakurikuler Putra SMPN 06 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–13.
Ramadhani, A., Saichudin, S., & others. 2014. Pengaruh Latihan Multiball Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Pada Siswa Ekstrakurikuler Tenis Meja SMP. Jurnal Sport Science, 4(1).
U. Erlan dkk. 2010. Peningkatan Pembelajaran Pukulan Forehan dalam Permainan Tenis Meja Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran. Penjaskesrek FKIP Universitas Tanjungpura.
Wahjoedi. 2001. Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wardani, p. D. (n.d.). 2015. Kontribusi Power Otot Tungkai dan Kelentukan Terhadap Tiger Sprong Siswa Kelas X SMA N 2 Metro Lampung.
Widiastuti. 2017. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yoga, I. M. A. M. 2013. Pengaruh Circuit Training Terhadap Peningkatan Kelincahan Dan Kapasitas Vital Paru-Paru. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 1(1).
Yulianto, Fajar R.P. 2015. Study Analisis Ketermpilan Teknik Bermain Cabang Olahraga Permainan Tenis Meja. Jurnal Kesehatan Olahraga, 3(2).
Published
2019-12-30
Abstract viewed = 1655 times
PDF downloaded = 2368 times