Strategi Bermain dalam Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lompat
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v9i2.255Keywords:
Gerak Dasar Lompat, Strategi Bermain, Penelitian TindakanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bermain dalam meningkatkan Gerak Dasar Lompat, metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan dengan pengambilan data Kuantitatif, dimana pelaksanaan penelitian ini melibatkan 2 orang guru pendidikan jasmani sebagai kolabolator dan peneliti ini juga dilakukan sebanyak 2 siklus. Penelitain dilaksanakan di SDN 19 Kota Bima pada siswa kelas IV. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan strategi bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat. Ini terlihat data kuantitatif yang didapat dari hasil pretes pembelajaran lompat pada tahap observasi didapat nilai rata-rata 52, disiklus I terdapat perolehan nilai rata-rata 63 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 84 sehingga terlihat selisih nilai rata-rata pada siklus I dan pada siklus II adalah sebesar 18. Hal ini menyebabkan pada tahapan siklus II peneliti berhasil memperbaiki pendekatan dalam mengajar dengan meningkatkan kualitas pembelajaran.
References
Mardiana Ade, (2008). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.UT
Suharsimi Arikunto. Dkk.,(2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Abdul Rahman. (2011). Peningkatan Kemampuan Servis Bawah Bola Voly Melalui Pendekatan Bermain. Skripsi. Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta.
Rusli Lutan. (1988). Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensiĀ Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.