Argumentasi Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning dengan Video Presentasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peningkatan pembelajaran fisika berbasis mobile learning menggunakan video presentasi terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Latar belakang penelitian ini adalah perubahan sistem pembelajaran akibat pandemi Covid-19 yang memaksa penggunaan teknologi dalam pendidikan. Systematic Literature Review (SLR) digunakan untuk metodenya serta mengadopsi desain diargram PRISMA dengan langkah-langkah meliputi, perumusan pertanyaan penelitian, pencarian literatur pada tanggal 5 Juli 2024 yang bersumber dari Database Smantic Shcolar yang menggunakan 3 kata kunci yaitu argumentasi ilmiah, pembelajaran fisika, dan video persentasi. Kemudian tahap selanjutnya melakukan screening awal berdasarkan tahun terbit dan screening kedua berdasarkan kriteria yang akan diteliti. Selanjutnya, melakukan analisis pada tahun yang sama yaitu 2024 dan melaporkan data dari hasil studi literatur. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa: (1) kemampuan argumentasi ilmiah siswa merupakan keterampilan penting pada pembelajaran pendidikan fisika yang dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran seperti Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) dan Argument Driven Inquiry (ADI) karena membantu siswa memahami struktur argumentasi yang baik dan berlatih mengembangkan argumen ilmiah secara efektif; (2) Penggunaan teknologi dalam pembelajaran seperti media pembelajaran mobile learning berupa video persentasi terbukti mendukung pembelajaran dan meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah karena memungkinkan siswa dapat memahami lebih baik tentang konsep-konsep fisika melalui visualisasi dan simulasi interaktif. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi cara-cara baru dalam meningkatkan keterampilan ini dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas metode pembelajaran yang berbeda.
Downloads
References
Aini, I., & Suprapto, N. (2022). Penerapan Online Performance Assessment guna Mengukur Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Materi Fluida Dinamis. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(3), 13–20. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n3.p13-20
Alammary, A. S. (2022). How to Decide the Proportion of Online to Face-to-Face Components of a Blended Course? A Delphi Study. SAGE Open, 12(4), 1–25. https://doi.org/10.1177/21582440221138448
Amini, N. A. (2020). Impact of the Covid-19 pandemic on the education sector especially. Jurnal Pendidikan Psikologi, 4(1), 86–87.
Baharsyah, A. I., & Admoko, S. (2020). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Berbasis Pola Toulmins Argument Pattern (TAP) Menggunakan Model Argument Driven Inquiry dan Diskusi pada Pembelajaran Fisika SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 318–324. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p318-324
Dulim, A. Y., & . M. (2022). Penerapan Model Argumentasi Driven Inquiry ( ADI) Dengan Bantuan PhET Simulation Untuk Melatih Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Kelas XI SMA Pada Topik Gas Ideal. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 11(1), 20–28. https://doi.org/10.26740/ipf.v11n1.p20-28
Erwanto, D. (2018). Guided- Inquiry Laboratory Activities : Pemahaman Konseptual dan Keterampilan Sains Inkuiri Pebelajar di Sekolah Menegah Atas. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2019, 134–140.
Fakhriyah, F., Rusilowati, A., Nugroho, S. E., & Saptono, S. (2021). Mengembangkan kemampuan argumentasi ilmiah calon guru sekolah dasar sebagai bentuk penguatan keterampilan abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 4(1), 190–195.
Fuadi, M., & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Pembeljaran Situated Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4073
Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare [Problems of Teachers and Students in the Online Learning Process during the Covid-19 Pandemic at UPTD SMP Negeri 1 Parepare]. AL Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110.
Kukulska-Hulme, A. (2009). Will mobile learning change language learning? ReCALL, 21(2), 157–165. https://doi.org/10.1017/S0958344009000202
Lai, I. K. W., & Liu, Y. (2020). The effects of content likeability, content credibility, and social media engagement on users’ acceptance of product placement in mobile social networks. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 15(3), 1–19. https://doi.org/10.4067/S0718-18762020000300102
Muslim, M. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Argumentasi Dialogis dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 13–18. https://doi.org/10.21009/1.01203
Nisak, F. N. F., & Suprapto, N. (2022). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Dengan Penggunaan Media Photovoice Pada Materi Pembiasan Cahaya. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 11(1), 35–45. https://doi.org/10.26740/ipf.v11n1.p35-45
Nur Huda, D., & Handayani, S. (2021). Navigation Physics Analisis Persiapan dan Kemampuan Guru Fisika dalam Menghadapi Pembelajaran Online. Navigation Physics, 3(2).
Pangga, D., Ahzan, S., & Pratama, L. (2020). Efektifitas Penerapan Video Pembelajaran. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6, 155–158.
Putri, R., & Yefterson, R. B. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Komik Digital. Jurnal Kronologi, 4(4), 140–151. https://doi.org/10.24036/jk.v4i4.542
Rahman Adetya, Diantoro Markus, Y. L. (2018). Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Hukum Newton di SMA Negeri Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3, 903–911.
Rahman, S. M. H. (2010). STUDENTS ’ PERCEPTIONS OF LEARNING SCIENCE IN SMALL GROUPS : A CASE STUDY IN HIGHER EDUCATION. 2(1), 32–47.
Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem-based learning berbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548
Santoso, F. K. R., & Jatmiko, B. (2022). Pembelajaran Fisika Dengan Model Pbl-Online Untuk Meningkatkan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 48. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i1.34622
Septiani, D. A., Irmayani, I., & Muksin, Y. D. (2021). Penerapan Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Youtube Terintegrasi 5M untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Kelas X pada Materi Ajar Ekosistem di SMAN 1 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 1–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.669
Sugandi, S. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Pola Argumentasi Toulmin Pada Pembelajaran Fisika Melalui Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kualitas Argumentasi Sains Siswa Sma. Perpustakaan.Upi.Edu.
Traxler, J. (2007). International Review of Research in Open and Distance Learning. International Review of Research in Open and Distance Learning, 8(2), 1492–3831.
Wahyunan Widhi, M. T., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.79-91
Yuanata, B. E., Artanti, K. P., Saregar, A., & Deta, U. A. (2022). Profil Keterampilan Ilmiah Peserta Didik pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) dalam Memahami Konsep Fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p1-6
Yulianci, S., Asriyadin, A., Kaniawati, I., Liliawati, W., & Muliana, M. (2021). Preliminary analysis of module development by setting arguments through the application of scientific inquiry models to improve students’ scientific attitudes. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012021. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012021
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.